Wednesday, January 21, 2015

Pengertian Genetika Dan Substansi Genetika Manusia

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Apa itu genetika? Pengertian genetika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana kita mewarisi karakteristik fisik dan perilaku kita. Materi genetika yang menentukan karakteristik ini terletak dalam gen kita.

Apa itu gen?

Gen adalah unit ' materi genetika ' yang menentukan banyak karakteristik tubuh Anda, termasuk warna rambut dan mata.

Setiap sel dalam tubuh terdapat 23 pasang kromosom. Ini membawa gen yang diwarisi dari orang tua Anda. Juga dapat mewarisi kondisi dan penyakit, atau pra-disposisi (kemungkinan peningkatan) perkembangan kondisi ini.

Apa itu DNA?

Asam deoksiribonukleat atau Deoxyribonucleic acid (DNA) berisi molekul yang menyimpan informasi genetik. Gen terdiri dari untaian DNA melingkar, dengan masing-masing sel yang berisi materi genetik yang sama.

Proyek genom manusia

Proyek genom manusia (The Human Genome Project) adalah proyek ilmiah internasional yang melibatkan ribuan ilmuwan di seluruh dunia.

Proyek awal berjalan dari tahun 1990 hingga 2003, dan tujuannya adalah untuk memetakan sejumlah besar informasi genetik yang ditemukan di setiap sel manusia.

Serta mengidentifikasi gen manusia spesifik, Proyek Genom Manusia telah memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ilmu genetika, bagaimana ciri-ciri dan karakteristik tertentu yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya.

Hal ini juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dasar-dasar genetika atau substansi genetika dalam kondisi yang diwariskan, seperti distrofi otot, sindrom down dan fibrosis kistik.

Pengertian Genetika Dan Substansi Genetika Manusia


Fakta-fakta tentang substansi genetika manusia

Satu kromosom dari masing-masing pasangan diwariskan dari ibu Anda, dan satu dari ayah Anda. Dalam beberapa kasus, seorang anak diwarisi penyakit karena kesalahan dalam satu pasang gen ini.

Warisan resesif

Dalam warisan resesif, seorang anak harus diwarisi kedua salinan dari gen tertentu dalam rangka untuk mengembangkan kondisi genetik. Dengan kata lain, kedua orang tua harus memiliki gen yang rusak dalam rangka untuk diteruskan. Jika anak hanya diwarisi satu salinan gen yang rusak, mereka akan menjadi pembawa kondisi.

Warisan dominan

Dalam warisan dominan, hanya satu salinan gen tertentu perlu diteruskan dari satu orangtua agar anak yang akan lahir dengan kondisi genetik.

Oleh karena itu, ada kemungkinan 50% anak yang lahir dengan kondisi genetik jika salah satu orang tua memiliki kondisi dan yang lainnya tidak.

Mutasi gen

Kadang-kadang, mutasi gen baru dapat menyebabkan kelainan genetik. Mutasi gen terjadi ketika perubahan DNA, sering tanpa alasan yang jelas, mengubah instruksi genetik. Hal ini menyebabkan kelainan genetik, atau perubahan karakteristik. Dalam kasus tersebut, tidak ada riwayat gangguan dalam keluarga.

Kondisi multi-faktorial

Beberapa kondisi yang lebih rumit (multi-faktorial) dan disebabkan oleh kombinasi gen, gaya hidup, dan faktor lingkungan.

Dalam kasus tersebut, gen Anda mungkin membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan penyakit tertentu - misalnya, penyakit jantung koroner, yang dapat berjalan dalam keluarga, tetapi juga terkait erat dengan faktor gaya hidup, seperti makanan dan olahraga. 
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.