Kamis, 22 Januari 2015

Cara Mengatasi Kejang Demam Pada Anak Dan Bayi

Demam adalah suhu tinggi. Sebagai aturan umum pada anak-anak, suhu lebih dari 37,5 ° C adalah demam. Sebagai orang tua itu bisa sangat mengkhawatirkan jika anak mereka mengalami suhu tinggi. Cara cepat dan mudah untuk mengetahui apakah anak demam tinggi yaitu dengan mengukur suhu dengan menggunakan termometer.

Penyebab Demam Pada Anak Atau Bayi

Kebanyakan penyebab demam karena disebabkan oleh infeksi atau penyakit lainnya. Demam membantu tubuh untuk melawan infeksi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh (pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit). Dengan meningkatkan suhu tubuh, demam membuat bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi lebih sulit untuk bertahan hidup. Kondisi umum yang dapat menyebabkan demam antara lain:
  • Flu
  • Infeksi telinga
  • Roseola (virus yang menyebabkan suhu dan ruam)
  • Radang amandel
  • Infeksi ginjal atau saluran kemih
  • Penyakit anak yang umum, seperti campak, gondok, cacar air dan batuk rejan
Suhu bayi atau suhu anak Anda juga dapat meningkat selama tumbuh gigi (ketika gigi mulai berkembang), juga setelah vaksinasi atau jika mereka terlalu panas karena terlalu banyak tidur atau pakaian mereka terlalu tebal.

Anda harus menghubungi dokter atau petugas kesehatan segera jika anak Anda:
  • Usia berada di bawah tiga bulan dan memiliki suhu 38 ° C atau di atas
  • Antara usia tiga sampai enam bulan dan memiliki suhu 39 ° C atau di atas
  • Usia lebih dari enam bulan dengan suhu yang tinggi dan menunjukkan tanda-tanda tidak sehat - misalnya, mereka kaku dan mengantuk atau Anda khawatir tentang mereka.

Cara Mengatasi Kejang Demam Pada Anak Dan Bayi

Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dan Bayi

Jika anak Anda atau bayi Anda mengalami demam tinggi, penting untuk menjaga mereka dengan baik dengan memberi mereka minum banyak air. Bahkan jika anak Anda tidak haus. Cara mengatasi demam pada anak dan bayi serta untuk membantu mengurangi suhu tinggi pada anak Anda, diantaranya:
  • Menjaga mereka agar tetap sejuk - dengan membuka baju mereka atau pakaian mereka jika panas.
  • Kamar tetap tenang dan suhu - 18 ° C (65 ° F), buka jendela jika Anda perlu.
  • Jika kejang demam pada anak atau anak Anda tidak enak badan, pertimbangkan untuk memberi mereka obat demam anak.

Askep Kejang Demam Pada Anak Atau Bayi


Patofisiologi kejang demam

Kejang demam kadang-kadang dapat terjadi pada anak atau pada bayi yang memiliki suhu tinggi. Ini adalah yang paling umum pada anak di bawah tiga tahun dan jarang terjadi setelah usia enam tahun. Kejang demam dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit yang menyebabkan suhu tinggi. Hal ini bisa menakutkan bagi orang tua karena terlihat jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya. Kejang demam jarang menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Jenis kejang demam pada anak atau bayi

Ada dua jenis kejang demam yang akan dijelaskan di bawah ini.
  • Kejang demam sederhana : kejang tidak berlangsung selama lebih dari 15 menit, dan tidak terulang kembali selama infeksi anak Anda.
  • Kejang demam kompleks : kejang-kejang berlangsung selama lebih dari 15 menit, dan / atau anak mengalami beberapa kejang berlanjut selama infeksi mereka.
Kejang demam sederhana adalah jenis yang lebih umum terjadi.

Apa yang terjadi akibat kejang demam pada anak ?

Selama kejang demam, tubuh anak Anda akan menjadi kaku, mereka akan kehilangan kesadaran, serta lengan dan kaki mereka akan mengalami kejang. Kejang demam biasanya akan berlangsung tidak lebih dari tiga sampai enam menit. Setelah berhenti, anak Anda mungkin tampak bingung. Ini bisa memakan waktu hingga satu jam bagi mereka untuk pulih. Sebagian besar anak-anak hanya akan mengalami satu kali kejang demam, meskipun 30% akan mengalami kejang demam berulang selama infeksi di masa yang akan datang.

Penyebab kejang demam pada anak yang tidak diketahui

Jika anak anda mengalami kejang demam, sumber infeksi harus diobati. Menurunkan suhu anak Anda dengan memberikan mereka parasetamol sesuai petunjuk dokter dan melepaskan setiap pakaian mereka yang berlebihan dan tempat tidur yang sejuk akan membuat mereka merasa lebih nyaman. Anak di bawah 16 tahun tidak boleh diberikan aspirin.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.