Senin, 12 Januari 2015

Penyebab, Gejala Dan Obat Penyakit Prostat

Pembesaran prostat jinak adalah suatu kondisi yang mempengaruhi banyak orang ketika mereka semakin tua. Pada beberapa pria, peningkatan pertumbuhan jaringan di kelenjar prostat (dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia atau BPH) dapat menyebabkan kelenjar prostat menjadi membesar, yang dapat membuat sulit untuk buang air kecil.

Tentang Pembesaran Prostat Jinak


Jinak berarti non-kanker. Banyak hal, termasuk kanker prostat dan prostatitis, dapat menyebabkan prostat membesar. Informasi ini hanya tentang pembesaran prostat yang disebabkan oleh BPH.

Prostat adalah kelenjar yang menghasilkan bagian cair dari air mani (cairan yang dihasilkan ketika Anda ejakulasi). Ini seukuran kenari dan terletak di dasar kandung kemih. Bagian depan prostat mengelilingi uretra Anda - tabung yang membawa urin dari kandung kemih dan keluar melalui penis Anda.

Jika Anda memiliki BPH, pertumbuhan yang cepat dalam sel-sel pada prostat Anda dapat menyebabkan bagian tengah prostat secara bertahap tumbuh lebih besar. Ketika ini terjadi, kelenjar prostat menekan uretra Anda sehingga menjadi menyempit dan membuat lebih sulit untuk buang air kecil.

BPH adalah masalah umum pada pria ketika mereka semakin tua. Sekitar setengah dari semua orang mengalami pembesaran prostat pada usia 50 tahun dan sekitar 9 dari 10 pria mengalami pembesaran prostat pada usia 90 tahun.

Gejala Prostat Jinak Yang Membesar

Jika Anda mengalami pembesaran prostat, Anda mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Jika Anda mengalami gejala, seberapa parah gejala itu tidak terkait dengan ukuran prostat Anda. Misalnya, jika prostat Anda sangat besar itu tidak berarti gejala Anda akan parah. Gejala BPH dapat mencakup:
  • Kesulitan buang air kecil
  • Aliran urin lemah
  • Mencucurkan urin sebelum dan sesudah buang air kecil
  • Merasa bahwa Anda belum benar-benar mengosongkan kandung kemih Anda setelah buang air kecil
  • Mendesak untuk buang air kecil
  • Lebih sering ke toilet, terutama pada malam hari
Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, temui dokter segera.

Komplikasi Penyakit Prostat Jinak Membesar

Pada beberapa pria, pembesaran prostat dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Komplikasi utama dari pembesaran prostat jinak tercantum di bawah ini.
  • Retensi urin. Ini berarti Anda tidak dapat buang air kecil sama sekali. Jika ini berkembang secara tiba-tiba (retensi urin akut) dan Anda mengalami rasa sakit di perut bagian bawah, langsung temui dokter. Jika perkembangannya secara bertahap (retensi urin kronis), Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti perut bengkak dan buang air tanpa sadar, misalnya saat Anda sedang tidur. Retensi urin dapat diobati dengan memasukkan tabung tipis (kateter) ke dalam kandung kemih Anda untuk mengalirkan urin.
  • Infeksi saluran kemih berulang. Anda dapat terus mengalami infeksi saluran kemih, karena Anda tidak bisa mengosongkan kandung kemih Anda dengan benar. Temui dokter jika Anda memiliki gejala seperti nyeri saat buang air kecil, buang air kecil yang mendesak atau lebih sering dari biasanya, nyeri di perut bagian bawah, air seni bau atau terdapat darah dalam urin.
  • Batu kandung kemih. Batu kandung kemih dapat terbentuk jika Anda tidak dapat mengosongkan kandung kemih Anda. Anda mungkin mengalami nyeri di perut bagian bawah atau merasa sakit untuk buang air kecil.
Penyebab, Gejala Dan Obat Penyakit Prostat


Penyebab Prostat Jinak Membesar

Alasan yang tepat mengapa beberapa orang mengalami BPH dan pembesaran prostat tidak sepenuhnya dapat dipahami saat ini. Namun, ada dua faktor yang mempengaruhi kemungkinan Anda terkena BPH; usia dan tingkat hormon dalam tubuh Anda. Ketika anda beranjak tua, tingkat hormon dalam perubahan tubuh Anda dan ini dapat mempengaruhi kelenjar prostat Anda.

Diagnosis Penyakit Prostat Jinak Membesar

Dokter mungkin meminta sampel urin Anda dan menyarankan Anda untuk menjalani tes darah. Pemeriksaan ini untuk infeksi saluran kemih dan memeriksa seberapa baik ginjal Anda berfungsi.

Anda mungkin akan melakukan tes darah untuk memeriksa prostate-specific antigen (PSA). Ini adalah protein yang diproduksi oleh prostat. Tingginya kadar PSA kadang-kadang bisa menjadi tanda kanker, tetapi juga dapat merupakan hasil dari BPH, infeksi dan lainnya. Bahkan, sekitar setengah dari laki-laki dengan BPH akan memiliki tingkat PSA yang tinggi. Dokter akan membahas kelebihan dan kekurangan dari tes ini dengan Anda untuk membantu Anda memutuskan apakah akan menjalaninya.

Dokter mungkin akan mengarahkan Anda kepada seorang ahli urologi jika ada keraguan tentang diagnosis Anda, atau jika Anda memerlukan pembedahan. Ahli urologi adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mempengaruhi sistem kemih. Ahli urologi mungkin menyarankan Anda tes berikut:
  • USG. Ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar dari bagian dalam perut Anda. Ini dapat digunakan untuk memeriksa ukuran prostat dan kandung kemih Anda. USG juga dapat membantu untuk menunjukkan apakah kandung kemih Anda kosong benar.
  • Tes aliran urin. Ini mengukur kecepatan pengeluaran urin Anda (seberapa cepat mengalir).

Pilihan Pengobatan Prostat Jinak

Ada sejumlah pilihan pengobatan untuk BPH, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Pengobatan Anda yang akan ditawarkan tergantung pada keadaan pribadi Anda, termasuk seberapa parah gejala Anda dan berapa banyak mengganggu Anda. Pengobatan mungkin tidak dapat menyingkirkan gejala Anda sepenuhnya tetapi dapat meringankannya secara efektif. Dokter Anda akan mendiskusikan ini dengan Anda untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk Anda. Keputusan Anda akan didasarkan pada pendapat ahli dokter Anda dan nilai-nilai pribadi Anda sendiri dan preferensi.

Waspada

Jika Anda memiliki gejala ringan sampai sedang yang tidak banyak mengganggu Anda, dokter mungkin menyarankan Anda tidak menjalani perawatan medis segera, tetapi hanya memantau kondisi Anda dengan rutin check-up. Dokter dapat memberikan beberapa saran tentang gaya hidup sederhana, perubahan Anda dapat membuat untuk meringankan gejala Anda, seperti mengurangi minum alkohol dan lain-lain.

Obat Prostat Jinak

Jika gejala mengganggu Anda, dokter mungkin menyarankan pengobatan dengan obat-obatan.

Obat Alpha blocker
Ini termasuk alfuzosin, doksazosin dan tamsulosin. Alpha-blocker bekerja dengan relaksasi otot-otot di leher kandung kemih, mengurangi tekanan pada uretra dan meningkatkan aliran urin. Ia tidak menyembuhkan BPH tetapi dapat membantu untuk meringankan beberapa gejala Anda. Alpha blocker dapat dikaitkan dengan efek samping seperti pusing, sebagai akibat dari tekanan darah rendah. Dokter dapat meresepkan alpha blocker. Anda juga dapat membeli tamsulosin dari di apotik.

Operasi Prostat

Dokter mungkin menyarankan Anda untuk operasi jika pengobatan lainnya tidak bekerja, atau jika gejala yang parah. Jika Anda mengalami komplikasi sebagai akibat dari pembesaran prostat Anda, dokter juga mungkin menyarankan operasi.

Terapi Komplementer

Ada pernyataan bahwa ekstrak tanaman saw palmetto adalah pengobatan yang efektif untuk gejala prostat yang membesar. Namun, tidak ada bukti kualitas yang baik untuk mendukung klaim ini. Jika Anda memilih untuk mencoba obat-obatan herbal, berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.