Saturday, January 10, 2015

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Pada Payudara

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Payudara Anda terdiri dari lemak, jaringan ikat, kelenjar jaringan (kelenjar) dan saluran. Jaringan kelenjar ini dalam bentuk lobus yang terhubung ke puting Anda oleh saluran untuk memproduksi dan mengirimkan air susu jika Anda memiliki bayi.

Ekor dari jaringan payudara meluas ke ketiak Anda. Ketiak Anda juga terdapat kelenjar getah bening - ini adalah kelenjar yang ditemukan di seluruh tubuh Anda dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Tentang Benjolan Jinak Pada Payudara

Ada berbagai jenis benjolan jinak pada payudara. Yang umumnya meliputi:
  • Kista (kantung cairan yang menumpuk di jaringan payudara Anda)
  • Fibroadenoma (pertumbuhan yang solid terdiri dari jaringan fibrosa dan kelenjar)
Kadang-kadang bagian yang normal dari payudara Anda dapat terasa seperti benjolan - ini berbeda-beda di semua siklus menstruasi Anda, payudara Anda merasa kental sebelum atau selama periode menstruasi.

Gejala Benjolan Jinak Pada Payudara

Kebanyakan benjolan pada payudara tidak bersifat kanker, tetapi temui dokter jika Anda merasakan benjolan di payudara Anda, atau memiliki gejala termasuk:
  • Perubahan pada ukuran, bentuk atau rasa payudara Anda (Setelah Anda melewati masa pubertas)
  • Kerutan atau kemerahan pada kulit di payudara Anda
  • Bengkak pada area payudara Anda
  • Ruam di sekitar daerah puting Anda
  • Bengkak dari salah satu atau kedua puting
  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak Anda
  • Nyeri yang tidak hilang di salah satu bagian payudara atau ketiak Anda

Penyebab Benjolan Jinak Pada Payudara

Benjolan di payudara Anda dapat terjadi karena beberapa alasan yang berbeda, beberapa di antaranya dijelaskan di sini.
  • Fibroadenoma - ini adalah ketika jaringan dan saluran sekitar lobus penghasil air susu tumbuh di atasnya dan menebal. Fibroadenoma sangat umum, terutama pada remaja dan wanita muda.
  • Hiperplasia - ini adalah pertumbuhan berlebihan baik dalam sel-sel di lobus payudara Anda atau di dalam sel yang melapisi saluran. Hiperplasia biasanya ringan, yang berarti bahwa sel-sel sangat mirip dengan yang sehat.
  • Beberapa benjolan yang disebabkan oleh jenis hiperplasia di mana sel-sel abnormal - ini disebut hiperplasia atipikal dan meningkatkan resiko kanker payudara. Jika Anda didiagnosis dengan kondisi ini, Anda mungkin disarankan untuk menjalani operasi untuk menghilangkan jaringan abnormal. Anda mungkin perlu menjalani skrining secara rutin, seperti mamografi, selain itu untuk memeriksa bahwa tidak ada sel-sel yang abnormal berkembang.
  • Phyllodes tumor - ini adalah tipe yang jarang tumbuh pada payudara Anda yang biasanya terjadi pada wanita berusia antara 40 sampai 50 tahun. Meskipun biasanya jinak, sekitar 20 sampai 25 dari 100 phyllodes tumor adalah ganas (kanker), tapi biasanya dapat diobati.
  • Perubahan fibrokistik (juga dikenal sebagai penyakit fibrokistik) - ini mengacu pada sejumlah perubahan dalam jaringan payudara yang dapat mengarah pada pengembangan benjolan. Ini mungkin penebalan (fibrosis) dari jaringan atau kista dan sangat umum. Payudara Anda juga dapat merasa nyeri atau terasa lembut dan gejala sering lebih parah sebelum periode menstruasi. Anda mungkin hanya mengalami satu atau beberapa benjolan.
  • Lipoma - ini adalah benjolan lemak. Lipoma terasa lembut dan halus dan cenderung tumbuh tepat di bawah permukaan kulit Anda.
  • Abses - ini adalah kumpulan nanah dan jaringan yang terinfeksi. Abses biasanya disebabkan oleh infeksi yang disebut mastitis yang dapat berkembang pada wanita yang sedang menyusui, meskipun ada penyebab lain.
  • Mastitis Periductal - ini adalah suatu kondisi di mana ada peradangan dan infeksi pada saluran sekitar puting Anda. Anda mungkin lebih beresiko kondisi ini jika Anda merokok.
  • Nekrosis lemak - ini adalah benjolan keras yang berkembang ketika suatu area dari jaringan lemak payudara menjadi meradang dan suplai darah terganggu. Ini mungkin hasil dari memar atau cedera pada payudara Anda. Ini kadang-kadang bisa sulit untuk mendiagnosa tetapi mereka jinak dan biasanya Anda tidak membutuhkan pengobatan.

Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Penyakit Pada Payudara

Jika Anda Sedang Hamil

Jika Anda sedang hamil, salah satu perubahan pertama yang Anda mungkin perhatikan adalah bahwa payudara Anda terasa berbeda. Hal ini disebabkan oleh peningkatan progesteron (salah satu hormon wanita) dan pertumbuhan saluran susu Anda.

Ada kemungkinan bahwa payudara akan terasa sakit atau lembut, dan mereka mungkin bertambah besar. Kadang-kadang benjolan payudara jinak dapat berkembang atau membesar selama kehamilan, dan ini mungkin termasuk:
  • Kista
  • Fibroadenoma
  • Susu berisi kista (galactocoele)
Kanker payudara jarang terjadi selama kehamilan tetapi jika Anda merasakan pasti benjolan atau memiliki gejala yang mengkhawatirkan, kunjungi dokter segera.

Diagnosis Benjolan Jinak Pada Payudara

Dokter akan bertanya tentang gejala Anda dan memeriksa Anda. Ada kemungkinan bahwa dokter akan meminta Anda untuk datang kembali setelah beberapa minggu - ini adalah karena beberapa benjolan dapat menghilang saat siklus menstruasi Anda berlangsung.

Jika Anda memiliki benjolan payudara, biasanya Anda perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Dokter dapat merujuk Anda ke dokter di rumah sakit atau klinik spesialis payudara untuk menjalani ini. Tes yang Anda butuhkan akan tergantung pada gejala dan usia. Tes yang umum digunakan tercantum di bawah ini.
  • Mammogram - ini adalah sinar-X payudara Anda.
  • USG - ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar dari bagian dalam payudara Anda.
  • Aspirasi jarum halus atau biopsi inti - dokter akan menggunakan jarum untuk mengambil sampel sel dari payudara Anda, yang kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji.

Pengobatan Benjolan Jinak Pada Payudara

Anda biasanya tidak memerlukan pengobatan untuk fibroadenoma, hiperplasia atau lipoma yang masih kecil kecuali mereka menyebabkan gejala. Benjolan nekrosis lemak cenderung dapat menghilang tanpa pengobatan. Namun, Anda mungkin perlu pengobatan untuk jenis benjolan payudara jinak lain.

Jika Anda memiliki kista, itu dapat dikeringkan (disedot) dengan jarum dan biasanya Anda tidak memerlukan pengobatan lebih lanjut.

Benjolan payudara yang lebih besar biasanya akan diangkat untuk mencegah mereka tumbuh lebih besar, seperti tumor phyllodes.

Jika Anda memiliki abses atau infeksi lainnya, Anda mungkin akan diberi obat antibiotik. Anda juga mungkin perlu untuk menghilangkannya melalui sayatan kecil (dipotong).

Pencegahan Benjolan Jinak Pada Payudara

Tidak banyak bukti yang dapat diandalkan tentang apakah perubahan gaya hidup dan makanan akan meningkatkan atau menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan benjolan payudara jinak. Namun, dalam jangka panjang, Anda dapat mengurangi risiko penyakit tertentu, termasuk beberapa jenis kanker, dengan:
  • Makan, diet seimbang yang sehat
  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur
  • Tidak minum alkohol berlebihan
  • Tidak merokok
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Menyusui jika Anda memiliki bayi
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.