Rabu, 28 Januari 2015

Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang Yang Efektif

Kerusakan gigi permanen di permukaan yang keras pada gigi Anda dapat berkembang menjadi gigi berlubang. Gigi berlubang, juga disebut kerusakan gigi atau karies gigi, disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk bakteri di mulut Anda, tidak membersihkan gigi Anda dengan baik, sering ngemil dan minum minuman manis.

Gigi berlubang adalah masalah kesehatan yang paling umum di dunia. Gigi berlubang terutama sering terjadi pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua. Tapi siapa pun yang memiliki gigi bisa berlubang, termasuk bayi. Jika gigi berlubang tidak dirawat, maka dapat menjadi gigi berlubang parah dan mempengaruhi lapisan lebih dalam gigi Anda. Hal ini dapat menyebabkan sakit gigi berlubang yang parah, infeksi dan kehilangan gigi. Kunjungi dokter gigi secara rutin dan menyikat gigi setiap hari adalah cara mengatasi gigi berlubang atau cara menghilangkan sakit gigi berlubang yang paling baik.

Gejala Gigi Berlubang Dan Kerusakan Gigi

Tanda-tanda dan gejala gigi berlubang dan kerusakan gigi bervariasi tergantung pada luas dan letaknya. Bila gigi berlubang baru saja dimulai, Anda mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Tapi dokter gigi Anda mungkin dapat melihat pembusukan yang baru mulai dan merekomendasikan langkah-langkah mencegah gigi berlubang terjadi agar tidak semakin parah.

Jika pembusukan semakin besar akibat gigi berlubang, dapat menyebabkan tanda dan gejala seperti:
  • Sakit gigi
  • Gigi sensitif
  • Nyeri ringan sampai nyeri yang menusuk ketika makan atau minum sesuatu yang manis, panas atau dingin
  • Nyeri ketika Anda menggigit
  • Timbul nanah sekitar gigi, terutama ketika Anda menekan pada gusi Anda
Penyebab Gigi Berlubang Dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang


Waktu Ke Dokter Gigi

Anda mungkin tidak menyadari bahwa gigi berlubang terbentuk, sehingga pengunjungan ke dokter gigi secara rutin adalah cara mengobati gigi berlubang dan kerusakan gigi yang paling tepat. Jika Anda mengalami sakit gigi atau sakit gusi yang merupakan tanda-tanda dan gejala umum dari gigi berlubang, temui dokter gigi Anda sesegera mungkin. Dokter akan memeriksa apa penyebabnya dan jika karena pembusukan atau berlubang, dokter akan memberikan obat sakit gigi berlubang untuk Anda.

Jika perawatan gigi berlubang diperlakukan sebelum mulai menyebabkan rasa sakit, Anda mungkin tidak akan perlu untuk mengatasi sakit gigi berlubang yang rumit. Itulah mengapa penting untuk menjalani pemeriksaan gigi secara teratur dan pembersihan bahkan ketika gigi Anda baik-baik saja. Pada saat Anda merasakan gejala, jika dibiarkan, maka akan menyebabkan gigi berlubang besar yang parah.

Penyebab Gigi Berlubang Dan Kerusakan Gigi

Penyakit gigi berlubang disebabkan oleh kerusakan gigi, sebuah proses yang terjadi dari waktu ke waktu. Ini terjadi karena bakteri merusak permukaan yang keras (enamel) gigi Anda, sebuah proses yang dapat terjadi tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman yang nyata. Kerusakan gigi kemudian dapat berkembang pada lapisan lebih dalam dari gigi Anda dalam langkah-langkah berikut: 
  • Bentuk plak. Mulut Anda, seperti pada bagian lain dari tubuh Anda, secara alami terdapat berbagai jenis bakteri. Beberapa bakteri ini berkembang pada makanan dan minuman yang mengandung beberapa bentuk gula, juga dikenal sebagai fermentasi karbohidrat. Ketika gula ini tidak dibersihkan dari gigi akan dimakan oleh bakteri dan memproduksi asam. Bakteri, asam, partikel makanan dan air liur kemudian membentuk menjadi plak gigi, seperti selaput lengket yang melapisi gigi. Jika Anda menggerakan lidah pada gigi, Anda mungkin dapat merasakan plak ini terbentuk dalam beberapa jam setelah gigi Anda disikat. Plak ini terasa sedikit kasar dan lebih terlihat pada gigi belakang atau gigi geraham Anda, terutama dekat dengan gusi Anda.
  • Serangan plak. Asam dalam plak menghapus mineral pada gigi Anda yang keras, enamel luar. Pengikisan ini menyebabkan bukaan yang kecil atau lubang dalam enamel, tahap pertama efek gigi berlubang. Setelah enamel menghilang, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan berikutnya dalam gigi Anda, disebut dentin gigi. Lapisan ini lebih lembut dan kurang tahan terhadap asam daripada enamel.
  • Kerusakan berlanjut. Bakteri dan asam melanjutkan perjalanan mereka melalui gigi Anda, bergerak di gigi bagian dalam (pulpa) yang berisi saraf dan pembuluh darah. Pulpa menjadi bengkak dan menyakitkan. Tulang pendukung gigi Anda juga mungkin akan terpengaruh. Ketika pembusukan sampai sejauh ini, Anda dapat mengalami sakit gigi berlubang yang parah, gigi sensitif, nyeri saat menggigit atau gejala lainnya. Tubuh Anda juga dapat menanggapi serangan bakteri gigi ini dengan mengirim sel-sel darah putih untuk melawan infeksi. Hal ini dapat mengakibatkan abses gigi.

Dokter gigi Anda biasanya dapat mendeteksi kerusakan gigi dengan mudah. Dokter akan bertanya tentang sakit gigi dan gigi sensitif. Dokter gigi akan memeriksa mulut dan kesehatan gigi Anda dan dapat menggali dengan instrumen gigi untuk memeriksa area yang lembut. Anda juga mungkin menjalani sinar-X gigi yang dapat menunjukkan tingkat bahaya gigi berlubang dan pembusukan gigi Anda.

Cara Merawat Gigi Berlubang

Tambal gigi berlubang. Menambal gigi berlubang adalah pengisian materi yang menggantikan gigi Anda pada area yang berlubang setelah kerusakan menjadi permanen. Tambalan gigi, kadang-kadang disebut restorasi, adalah pilihan pengobatan gigi berlubang yang utama saat pembusukan telah melampaui tahap enamel, kerusakan awal. Dokter gigi Anda mempelajari bagian yang membusuk pada gigi Anda, kemudian mengisi pada celah untuk mengembalikan bentuk gigi Anda. Tambalan terbuat dari berbagai macam bahan, resin komposit, porselen, atau kombinasi dari beberapa bahan. Tambalan amalgam perak mengandung berbagai bahan, termasuk sejumlah kecil merkuri. Beberapa orang tidak suka menggunakan tambalan amalgam karena mereka takut kemungkinan efek kesehatan yang merugikan dari merkuri. Sementara penelitian medis telah menunjukkan tambalan ini aman dan tahan lama, tapi hal ini tetap kontroversial.

Mahkota gigi. Jika Anda mengalami kerusakan gigi yang luas atau melemah, Anda mungkin perlu sebuah mahkota gigi, daripada mengisi gigi bolong untuk mengobati dan mengembalikan gigi Anda. Sebuah mahkota gigi adalah penutup kustom dipasang yang menggantikan seluruh mahkota gigi alami Anda.

Mencabut gigi berlubang. Beberapa gigi dapat menjadi busuk begitu parah dan tidak dapat dikembalikan dengan pengobatan apapun, gigi ini harus dihilangkan. Anda bisa pasang gigi palsu jika Anda mau.

Cara mencegah gigi berlubang yaitu dengan menyikat gigi Anda secara rutin setiap hari setelah makan atau minum-minuman manis. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan idealnya setiap setelah makan, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk merawat gigi berlubang. Untuk membersihkan sela-sela gigi, gunakan benang atau menggunakan pembersih interdental. Jika Anda tidak dapat menggosok gigi setelah makan, setidaknya cobalah untuk membilas mulut Anda dengan air, ini juga merupakan salah satu solusi gigi berlubang.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.