Rabu, 28 Januari 2015

Penyebab Kanker Tulang Dan Pengobatan Gejala Kanker Tulang

Pengertian kanker tulang adalah kanker yang terjadi di tulang. Kanker tulang dapat terjadi pada tulang manapun dalam tubuh, misalnya kanker tulang belakang dll, tetapi paling sering mempengaruhi tulang lengan dan kaki. Ada beberapa jenis kanker tulang. Beberapa jenis kanker tulang terjadi terutama pada anak-anak, sementara yang lain mempengaruhi sebagian besar orang dewasa.

Istilah "kanker tulang" tidak termasuk kanker yang dimulai di tempat lain dalam tubuh dan menyebar (bermetastasis) ke tulang. Sebaliknya, kanker tersebut dinamai dari mana kanker itu dimulai, misalnya kanker payudara yang telah menyebar ke tulang. Kanker tulang juga tidak termasuk kanker darah, seperti multiple myeloma dan leukemia, yang dimulai di sumsum tulang.

Gejala Kanker Tulang

Ciri ciri kanker tulang atau gejala kanker tulang meliputi:
  • Nyeri tulang
  • Pembengkakan dan nyeri di dekat area yang terkena
  • Patah tulang
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan

Penyebab Kanker Tulang


Tidak jelas apa yang penyebab sebagian besar penyakit kanker tulang. Dokter tahu kanker tulang dimulai karena kesalahan dalam sel DNA. Kesalahan memberitahu sel untuk tumbuh dan membelah secara tidak terkendali. Sel-sel ini terus hidup, bukan mati pada waktu yang ditetapkan. Sel-sel bermutasi berkumpul membentuk suatu massa (tumor) yang dapat menyerang struktur di dekatnya atau menyebar ke area lain dari tubuh.

Penyebab Kanker Tulang Dan Gejala Kanker Tulang

Jenis Kanker Tulang

Kanker tulang terpecah menjadi jenis yang terpisah berdasarkan jenis sel di mana kanker dimulai. Jenis yang paling umum dari kanker tulang meliputi:
  • Osteosarcoma. Osteosarcoma dimulai pada sel-sel tulang. Osteosarcoma terjadi paling sering pada anak-anak dan orang dewasa yang muda.
  • Chondrosarcoma. Chondrosarcoma dimulai di sel tulang rawan yang biasanya ditemukan pada ujung tulang. Chondrosarcoma paling sering mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.
  • Sarcoma ewing. Tidak jelas di mana sarcoma ewing dimulai. Diyakini bahwa sarkoma ewing dapat dimulai pada jaringan saraf dalam tulang. Sarcoma ewing terjadi paling sering pada anak-anak dan orang dewasa yang muda.

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker tulang, tetapi dokter telah menemukan faktor-faktor tertentu yang berhubungan dengan peningkatan risiko terkena kanker tulang, termasuk:
  • Warisan sindrom genetik. Sindrom genetik tertentu yang dialami oleh keluarga dapat meningkatkan risiko terjkadi kanker tulang, termasuk sindrom Li-Fraumeni dan retinoblastoma secara turun-temurun.
  • Penyakit Paget tulang. Kondisi prakanker ini mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua dapat meningkatkan risiko terkena kanker tulang.
  • Terapi radiasi untuk mengobati kanker. Paparan radiasi jumlah besar, seperti yang diberikan selama terapi kanker, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker tulang di kemudian hari.

Tes Dan Diagnosis

Tes untuk menentukan tingkatan (tahapan) dari kanker tulang. Setelah dokter mendiagnosis kanker tulang Anda, ia akan menentukan tingkatan (tahapan) kanker Anda. Stadium kanker memandu pilihan pengobatan Anda.

Tahapan kanker tulang meliputi:
  • Stadium I. Pada tahap ini, kanker tulang terbatas pada tulang dan belum menyebar ke area lain dari tubuh. Setelah pengujian biopsi, kanker pada tahap ini dianggap kelas rendah dan tidak agresif.
  • Stadium 2. Tahap ini kanker tulang terbatas pada tulang dan belum menyebar ke area lain dari tubuh. Tapi pengujian biopsi mengungkapkan kanker tulang kelas tinggi dan dianggap agresif.
  • Stadium 3. Pada tahap ini, kanker tulang terjadi pada dua atau lebih tempat pada tulang yang sama. Pengujian biopsi menunjukkan kanker tulang ini adalah salah satu kelas rendah atau kelas tinggi.
  • Stadium 4. Tahap ini kanker tulang menunjukkan bahwa telah menyebar di luar tulang ke area lain dari tubuh, seperti otak, hati atau paru-paru.

Cara Mengobati Kanker Tulang

Pilihan pengobatan kanker tulang Anda didasarkan pada jenis kanker tulang yang Anda alami, stadium kanker, kesehatan Anda secara keseluruhan dan preferensi Anda. Penyembuhan kanker tulang biasanya melibatkan operasi kanker tulang, kemoterapi kanker, radiasi atau kombinasi dari perawatan ini.

Operasi

Tujuan dari operasi adalah untuk menghapus seluruh kanker tulang. Untuk mencapai hal ini, dokter menghilangkan tumor dan sebagian kecil dari jaringan sehat yang mengelilinginya. Jenis operasi yang digunakan sebagai obat kanker tulang atau untuk mengobati kanker tulang meliputi:
  • Pembedahan untuk mengangkat bagian tubuh. Kanker tulang yang besar atau terletak di titik yang rumit pada tulang mungkin memerlukan operasi untuk mengangkat sebagian dari anggota tubuh (amputasi). Seperti pengobatan lain yang telah dikembangkan, prosedur ini menjadi kurang umum. Anda mungkin akan dilengkapi dengan anggota badan buatan setelah operasi.
  • Pembedahan untuk menghilangkan kanker. Jika kanker tulang dapat dipisahkan dari saraf dan jaringan lain, ahli bedah mungkin dapat menghapus kanker tulang dan sebagian anggota tubuh. Karena beberapa dari tulang diangkat yang terkena kanker, ahli bedah menggantikan tulang yang hilang dengan beberapa tulang dari area lain dari tubuh Anda atau dengan prostesis logam khusus.
  • Pembedahan untuk kanker yang tidak mempengaruhi anggota badan. Jika kanker tulang terjadi pada tulang selain dari kanker tulang tangan dan kanker tulang kaki, ahli bedah dapat mengangkat tulang dan beberapa jaringan di sekitarnya, seperti pada kanker tulang rusuk, atau dapat menghilangkan kanker sambil menjaga tulang yang layak, seperti pada kanker sumsum tulang belakang. Tulang dihilangkan selama operasi bisa diganti dengan sepotong tulang dari daerah lain dari tubuh atau dengan prostesis logam khusus.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi menggunakan energi sinar bertenaga tinggi, seperti sinar X, untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi, biasanya dilakukan bersama dengan kemoterapi, sering digunakan sebelum operasi kanker. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa amputasi tidak akan diperlukan. Terapi radiasi juga dapat digunakan pada orang dengan penyakit kanker tulang yang tidak dapat dihilangkan dengan operasi. Setelah operasi, terapi radiasi dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tersisa. Untuk orang dengan bahaya kanker tulang lanjutan, terapi radiasi dapat membantu mengontrol tanda tanda kanker tulang dan gejalanya, seperti nyeri.

Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi adalah obat yang menggunakan bahan kimia yang dimasukan ke tubuh untuk membunuh sel sel kanker. Kemoterapi yang paling sering dimasukan melalui vena (intravena). Obat-obat kemoterapi menyebar ke seluruh tubuh Anda. Kemoterapi saja atau dikombinasikan dengan terapi radiasi sering digunakan sebelum operasi kanker tulang untuk pencegahan kanker tulang atau mengecilkan kanker ke ukuran yang lebih mudah dikelola yang memungkinkan ahli bedah melakukan operasi dengan mudah. Kemoterapi juga dapat digunakan pada orang akibat kanker tulang yang telah menyebar di luar tulang ke area lain dari tubuh.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.