Selasa, 20 Januari 2015

Penyebab Sering Kembung Cara Mengatasi Perut Kembung Terus

Perut kembung adalah istilah medis untuk penumpukan gas dari sistem pencernaan. Gejala perut kembung sering disertai dengan buang angin ' kentut '. Perut kembung dapat terjadi pada siapa saja atau pada kondisi tertentu, misalnya perut kembung pada bayi atau perut kermbung saat hamil. Gas dalam perut dapat berkumpul dalam sistem pencernaan dalam dua cara, yaitu:
  • Ketika seseorang menelan makanan atau air juga menelan sejumlah kecil udara yang sebagian besar terdiri dari oksigen dan nitrogen.
  • Ketika seseorang mencerna makanan, gas dilepaskan selama proses pencernaan, sebagian besar dalam bentuk hidrogen, metana, dan karbon dioksida.
Tubuh perlu untuk menyingkirkan penumpukan gas yang berlebih dan melakukannya dengan dua cara, yaitu:
  1. Buang angin (kentut), dan
  2. Bersendawa.

Bagaimana terjadi perut kembung?

Perut kembung adalah kondisi sangat umum dan setiap manusia memiliki pengalaman itu. Ini adalah proses biologis normal, seperti bernapas, atau berkeringat di hari yang panas. Kebanyakan pria akan buang angin antara 14-25 kali sehari dan kebanyakan wanita antara 7-12 kali sehari. Kadang-kadang, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah buang angin karena gas yang keluar biasanya tidak berbau dan sering keluar dalam jumlah kecil. Bau busuk yang umumnya terkait dengan perut kembung disebabkan oleh elemen gas yang dapat berkembang jika makanan belum dicerna dengan baik dan mulai membusuk.

Pandangan

Jika Anda mengalami perut sering kembung, masalah biasanya dapat dikontrol dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala perut kembung, seperti sembelit, dan sindrom iritasi usus yang merupakan kondisi yang umum, tetapi kurang dipahami, yang menyebabkan gejala gangguan pencernaan dan kembung. Dalam situasi ini, pengobatan mungkin diperlukan untuk membantu mengontrol gejala perut kembung terus juga merawat kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Gejala Perut Kembung

Gejala-gejala perut kembung dan keras biasanya hanya dianggap mengganggu jika:
  1. Anda sering mengalami perut kembung,
  2. Anda mengeluarkan angin berlebihan selama perut kembung, dan / atau
  3. Anda secara konsisten menghasilkan angin yang berbau busuk.


Penyebab Kembung Cara Mengatasi Perut Kembung

Kebanyakan kasus perut sering kembung berlebihan tidak serius dan dapat diobati dengan menggunakan beberapa teknik perawatan diri. Kunjungan ke dokter biasanya akan dianjurkan jika Anda mengalami gejala tambahan yang mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki kondisi pencernaan yang mendasarinya. Gejala ini termasuk:
  1. Nyeri perut dan dan perut kembung terus menerus,
  2. Diare atau sembelit berulang,
  3. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,
  4. Inkontinensia usus,
  5. Darah dalam kotoran Anda (tinja), dan / atau
  6. Gejala-gejala yang mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami infeksi, seperti suhu tinggi, muntah, menggigil, dan nyeri sendi dan otot.

Penyebab Perut Kembung

Ada tiga penyebab perut sering kembung, yaitu:
  1. Menelan lebih banyak udara daripada biasanya,
  2. Makan makanan yang sulit untuk dicerna, dan
  3. Memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya yang mempengaruhi sistem pencernaan Anda.

Menelan udara

Ini adalah normal jika menelan udara saat bernafas dan saat makan, sangat mudah untuk menelan lebih banyak udara daripada biasanya tanpa Anda menyadarinya. Hal ini dapat menyebabkan gejala perut kembung berlebihan.

Udara yang berlebihan dapat tertelan, yaitu meliputi:
  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Tidak mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh (menelan makanan dalam jumlah banyak sekaligus dapat menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara)
Minuman panas dan soda juga akan meningkatkan jumlah karbon dioksida dalam perut Anda, meskipun hal ini lebih cenderung mengarah ke gejala sendawa dari perut kembung.

Makanan

Sebagian besar makanan yang Anda makan mengandung karbohidrat  Beberapa karbohidrat tidak dapat dicerna dan diserap dalam usus dan melewati usus Anda. Jenis karbohidrat yang dikenal sebagai karbohidrat unabsorbable. Usus Anda adalah rumah bagi lebih dari 500 jenis bakteri. Bakteri mulai memecah karbohidrat dan dalam proses, menghasilkan gas yang dilepaskan sebagai gas dalam perut kembung Anda. Produk pelangsing yang mengandung pengganti gula, sorbitol, atau fruktosa (sejenis gula) juga dapat menyebabkan perut kembung karena sorbitol dan fruktosa adalah karbohidrat unabsorbable. Banyak jus buah juga mengandung tingkat tinggi fruktosa. Banyak dari makanan yang mengandung karbohidrat unabsorbable dapat dicerna dalam jangka waktu yang lama, makanan tidak tercerna akhirnya dapat mulai membusuk. Ini melepaskan sejumlah kecil gas yang menyebabkan bau busuk yang berhubungan dengan perut kembung.

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan gejala perut kembung meliputi:
  1. Sembelit,
  2. Sindrom iritasi usus,
  3. Penyakit celiac - suatu kondisi yang disebabkan oleh intoleransi makanan dengan protein yang disebut gluten, dan
  4. Intoleransi laktosa - laktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam susu.

Mendiagnosis Perut Kembung

Perut kembung biasanya tidak memerlukan diagnosis medis, kecuali jika Anda juga mengalami gejala tambahan, seperti sakit perut terus-menerus, atau terdapat darah dalam kotoran Anda, yang mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki kondisi pencernaan yang mendasarinya. Dalam situasi ini, tes darah dapat digunakan untuk memeriksa adanya infeksi, dan untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi yang terkait dengan intoleransi makanan, seperti penyakit celiac, atau intoleransi laktosa. Dokter Anda juga dapat mengajukan pertanyaan rinci tentang gejala-gejala dan pergerakan usus Anda, seperti apakah Anda susah untuk buang air besar, atau jika Anda mengalami sakit perut setelah makan. Ini informasi yang berguna dalam mengkonfirmasikan diagnosis sindrom iritasi usus. Jika gejala tambahan Anda sangat parah, dokter mungkin akan mengarahkan Anda untuk endoskopi. Endoskopi adalah prosedur di mana seorang profesional kesehatan memeriksa bagian dalam perut Anda dengan menggunakan alat.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara mengobati perut kembung berlebihan biasanya dapat dilakukan dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Anda harus menghindari makan makanan yang tinggi karbohidrat unabsorbable. Hal ini penting bagi Anda untuk makan makanan sehat dan seimbang yang mencakup setidaknya lima jenis buah dan sayuran sehari. Anda harus memilih makanan yang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna. Sebagai contoh:
  1. Kentang,
  2. Beras,
  3. Selada,
  4. Pisang,
  5. Anggur,
  6. Buah jeruk, dan
  7. Susu.
Namun, penting untuk dicatat bahwa orang yang berbeda akan bereaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga beberapa makanan yang tercantum di atas masih dapat menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mencatat makanan Anda di buku untuk melihat apakah makanan tertentu membuat gejala lebih baik atau lebih buruk. Pastikan bahwa Anda mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh untuk mengurangi jumlah udara yang Anda telan. Melakukan banyak olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan dalam usus, dan menghilangkan perut kembung. Anda jangan merokok. Merokok menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara dari biasanya, dan asap tembakau dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Permen karet juga harus dihindari karena ini juga menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara. Ada sejumlah obat perut kembung yang dapat digunakan untuk membantu mengobati perut kembung yang di jual di toko obat atau apotek.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.