Sunday, January 25, 2015

Tumor Di Bagian-Bagian Otak

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Penyakit tumor otak sedikit lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Tapi satu jenis yaitu meningioma, lebih umum pada wanita. Ada lebih dari 100 jenis tumor otak dan dapat terjadi pada setiap usia. Umumnya penyakit tumor otak lebih sering di alami oleh orang tua, tetapi ada beberapa jenis tumor otak yang lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih muda.

Cara kerja otak

Otak adalah pusat kendali tubuh. Segala sesuatu yang kita lakukan, pikirkan atau rasakan melibatkan otak. Otak terdiri dari banyak jenis sel termasuk sel-sel saraf (neuron), sel pendukung (sel glial) dan serabut saraf. Ada berbagai jenis sel glial termasuk astrosit, oligodendrocytes dan sel ependymal.

Pesan elektris dari neuron melewati sepanjang saraf ke dasar otak di mana saraf bergabung bersama untuk membuat sumsum tulang belakang. Tali serabut saraf berjalan di tengah tulang belakang. Dari sumsum tulang belakang serabut saraf menyebar ke seluruh bagian tubuh. Bersama-sama, otak dan sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat. Sebuah cairan bening yang disebut cairan serebrospinal beredar di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Tumor Di Bagian-Bagian Otak


Bagian-bagian otak

Berikut ini adalah bagian bagian otak yang dijelaskan lebih rinci di bawah ini.
  • Meninges
  • Otak depan
  • Tentorium
  • Otak belakang ( cerebellum )
  • Batang otak
  • Sumsum tulang belakang
  • Kelenjar pituitari
  • Ventrikel
  • Meninges
Tengkorak melindungi otak. Di dalam tengkorak dan penutup otak, terdapat 3 lapisan tipis dari jaringan tubuh yang disebut meninges. Mereka membantu melindungi otak.

Otak depan

Otak depan terbagi menjadi dua bagian, disebut belahan otak kanan dan kiri. Belahan otak ini mengontrol gerakan Anda, pikiran, memori, emosi, indra dan bicara. Seperti serabut saraf yang meninggalkan otak, mereka melewati dari satu sisi ke sisi lain. Ini berarti saraf yang datang dari sisi kanan otak Anda mengontrol sisi kiri tubuh Anda. Jadi jika Anda memiliki gejala tumor otak yang menyebabkan kelemahan pada sisi kiri tubuh Anda, tumor ini berada di sisi kanan otak Anda.

Tentorium

Tentorium adalah penutup jaringan yang merupakan bagian dari meninges. Ini memisahkan otak belakang dan batang otak dari seluruh otak. Dokter menggunakan kata supratentorial berarti di atas tentorium atau di mana saja selain dari otak belakang ( otak kecil ) atau batang otak. Infratentorial berarti di bawah tentorium, di otak belakang ( otak kecil ) atau batang otak.

Otak belakang ( cerebellum )

Otak belakang ini juga disebut otak kecil dan mengontrol keseimbangan dan koordinasi. Ini berarti bahwa tumor cerebellar dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan atau kesulitan mengkoordinasikan gerakan Anda. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti berjalan kaki membutuhkan banyak koordinasi. tangan dan kaki Anda harus melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat.

Batang otak

Dua bagian utama dari batang otak yang disebut pons dan medula oblongata. Batang otak juga mencakup area kecil di atas pons yang disebut otak tengah. Batang otak juga merupakan bagian dari otak yang menghubungkan otak depan (belahan otak) dan otak kecil dengan sumsum tulang belakang. Semua serabut saraf meninggalkan otak ke tungkai dan batang tubuh melewati sini.

Sumsum tulang belakang

Sumsum tulang belakang terbuat dari semua serabut saraf yang melintas turun dari otak. Ada ruang di tengah-tengah sumsum tulang belakang yang diisi dengan cairan yang disebut cairan serebrospinal. Hal ini dimungkinkan kanker memulai di sumsum tulang belakang, tetapi hal ini jarang terjadi. Dengan beberapa jenis tumor otak, kanker dapat menyebar ke sumsum tulang belakang kecuali jika diobati dengan radioterapi. Tumor yang tumbuh di sumsum tulang belakang akan menekan saraf dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda tergantung di mana itu.

Kelenjar pituitari

Ini adalah kelenjar kecil di tengah-tengah otak yang membuat banyak hormon yang berbeda dan mengontrol banyak fungsi tubuh yang berbeda seperti:
  • Pertumbuhan
  • Kecepatan proses tubuh (metabolisme)
  • Produksi steroid alami dalam tubuh
  • Periode dan produksi telur pada wanita
  • Produksi sperma pada pria
  • Produksi ASI setelah kelahiran bayi.

Ventrikel

Ventrikel adalah ruang dalam otak diisi dengan cairan yang disebut cairan serebrospinal. Ventrikel terhubung dengan ruang di pusat sumsum tulang belakang dan dengan selaput yang menutupi otak (meninges) sehingga cairan dapat beredar di sekitar dan melalui otak dan sekitar saraf tulang belakang. Fluida, terutama merupakan air dengan sedikit protein, gula (glukosa), beberapa sel darah putih dan beberapa hormon. Tumor otak yang berkembang dapat memblokir sirkulasi cairan. Mengakibatkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak dari cairan disebut hidrosefalus dan dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, muntah dan mual. Dengan beberapa jenis tumor otak, sel-sel kanker dapat menyebar dalam serebrospinal. Ini menyebabkan gejala yang mirip dengan meningitis seperti sakit kepala, penyakit, dan masalah dengan penglihatan dan gerakan.

Bagaimana kanker dimulai?

Kanker terjadi ketika sel-sel di area tertentu dari tubuh dan berkembang biak terlalu cepat. Ini menghasilkan benjolan jaringan yang dikenal sebagai tumor. Tumor otak timbul dari sel-sel individual dari otak, terutama sel-sel glial.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.