Sabtu, 24 Januari 2015

Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul Dengan Obat Obatan

Bisul adalah sebuah benjolan yang menyakitkan, kemerahan pada kulit yang biasanya disebabkan oleh folikel rambut yang terinfeksi (kantung kecil di kulit yang tumbuh rambut). Karena sel darah putih melawan infeksi, nanah dalam bisul menjadi semakin banyak dan bisul menjadi semakin besar. Akhirnya, bisul pecah dan nanah akan keluar. Bisul dapat terjadi di seluruh bagian tubuh Anda, seperti bisul di ketiak Anda, bisul di kepala Anda, bisul di wajah Anda, bisul di telinga Anda, bisul di selangkangan Anda, di kemaluan Anda, di kaki Anda dan sebagainya. Penyakit bisul umumnya terjadi pada anak dan remaja. Orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah juga lebih akan mengalami bisul.

Waktu Untuk Ke Dokter

Sebagian besar bisul bisa sembuh tanpa memerlukan pengobatan medis, direkomendasikan bahwa Anda sebaiknya mengunjungi dokter jika:
  • Bisul sangat besar dan menyakitkan,
  • Bisul tidak sembuh setelah dua minggu,
  • Anda mengalami suhu tinggi (demam) dari 38 ° C (100 ° F) atau di atas,
  • Anda sering mengalami bisul,
  • Bisul pada wajah Anda (bisul di wajah membawa risiko komplikasi sedikit lebih tinggi),
  • Anda mengalami bisul dan Anda memiliki kondisi kesehatan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti diabetes, HIV atau AIDS,
  • Anda mengalami bisul dan Anda sedang menjalani pengobatan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti kemoterapi.

Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul Dengan Obat Obatan


Penyebab Bisul

Kebanyakan penyebab bisul yaitu ketika satu atau lebih folikel rambut di kulit terinfeksi oleh bakteri yang disebut staphylococcus aureus atau bakteri Staph. Bakteri Staph biasanya hidup pada kulit dan di dalam tenggorokan atau hidung. Biasanya, kulit melindungi tubuh terhadap bakteri. Namun, terkadang ada kemungkinan bagi bakteri Staph memasuki kulit melalui luka. Ketika bakteri menginfeksi kulit Anda, sistem kekebalan tubuh Anda merespon dengan mengirimkan sel darah putih untuk melawan sumber infeksi dan membunuh bakteri. Kombinasi bakteri mati, sel darah putih mati dan sel-sel kulit mati mengumpul di dalam bisul. Hal ini dikenal sebagai nanah.

Faktor Risiko

Faktor risiko yang diketahui (hal-hal yang membuat Anda lebih rentan terhadap bisul) meliputi:
  • Diabetes: tingginya tingkat gula dalam darah, yang terkait dengan diabetes, membuatnya lebih sulit bagi sistem kekebalan tubuh untuk melindungi Anda terhadap infeksi kulit.
  • Kondisi kesehatan lain yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV.
  • Obat yang dikenal dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti steroid atau kemoterapi.
  • Sudah ada kondisi kulit yang lainnya, seperti jerawat atau eksim.
Dokter akan mendiagnosa bisul dengan melihatnya. Pemeriksaan lebih lanjut hanya diperlukan jika:
  • Anda menggunakan antibiotik untuk bisul karena Anda memiliki risiko terkena komplikasi, tetapi bisul tidak merespon terhadap obat antibiotik.
  • Anda memiliki riwayat sering bisul berulang.

Dalam situasi ini, dokter mungkin akan menggunakan kapas untuk mengambil sampel jaringan dari bisul sehingga dapat diperiksa di bawah mikroskop. Anda juga dapat menjalani tes darah untuk melihat apakah Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari, seperti diabetes, yang bisa membuat Anda lebih rentan terhadap bisul.

Perawatan Diri

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mengobati bisul dengan mudah di rumah dengan obat bisul tradisional atau dengan menggunakan obat bisul alami. Salah satu cara menghilangkan bisul atau cara menyembuhkan bisul terbaik yang dapat mempercepat proses penyembuhan adalah untuk menggunakan kain hangat dan menempelkan ke bisul selama 10 menit, tiga atau empat kali sehari. Panas meningkatkan jumlah darah yang beredar di sekitar bisul, yang berarti lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi yang dikirim ke sana. Setelah menyentuh bisul, cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan air hangat dan sabun, karena ini akan membantu untuk mencegah menyebarkan bakteri ke bagian lain dari tubuh Anda atau ke orang lain. Jangan pernah mencoba untuk memencet atau menembus kepala mendidih, karena hal ini dapat menyebarkan infeksi. Obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen, dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh bisul.

Cara Mengobati Bisul

Sebagian besar bisul akan sembuh tanpa perlu pengobatan dalam waktu dua minggu. Pengobatan bisul dengan obat antibiotik biasanya hanya diperlukan jika ada komplikasi, seperti infeksi menyebar ke lapisan lebih dalam dari kulit (selulitis). Jika gejala atau riwayat medis menunjukkan bahwa Anda berisiko terkena komplikasi, dokter mungkin akan meresepkan obat salep untuk bisul atau obat antibiotik. Jika ada nanah dalam bisul, dokter dapat mencoba menyingkirkan nanah menggunakan jarum steril.

Langkah-langkah berikut merupakan cara mencegah bisul yang cukup efektif:
  • Cuci kulit Anda secara teratur, menggunakan sabun anti-bakteri.
  • Selalu membersihkan luka dengan hati-hati, bahkan jika terlihat masih sangat kecil.
  • Menjaga setiap luka atau luka gores dengan ditutupi perban steril sampai sembuh.
  • Makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda. Ini akan membuat Anda lebih kecil kemungkinan untuk terkena infeksi kulit seperti bisul.

Penyebaran Infeksi

Jika Anda memiliki bisul, bakteri bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda dan menyebabkan infeksi sekunder. Selulitis adalah infeksi sekunder umum yang terkait dengan bisul. Hal ini terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam dan dapat diobati dengan obat salep bisul atau antibiotik.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.