Sabtu, 28 Februari 2015

Antara Fungsi Hormon Estrogen Dan Penyakit Kanker Payudara


Antara Fungsi Hormon Estrogen Dan Penyakit Kanker PayudaraSebagian dari pengobatan kanker payudara, biasanya akan mengurangi hormon estrogen. Fungsi hormon estrogen selain dalam pengembangan dan reproduksi wanita, hormon estrogen juga meningkatkan kepadatan tulang (ukuran dan kekuatan), mencegah tulang keropos, dan menurunkan risiko patah tulang. Dengan kurangnya hormon estrogen, tulang Anda akan  menjadi lebih lemah dan mudah patah.

Pengobatan yang dapat menurunkan hormon estrogen di antaranya termasuk:

  • Beberapa jenis terapi hormonal, yang mempengaruhi tingkat estrogen
  • Kemoterapi, yang dapat merusak indung telur dan menyebabkan menopause dini
  • Operasi pengangkatan indung telur, yang di mana sebagian besar estrogen dibuat

Bagaimana hormon estrogen berhubungan dengan kanker payudara?

Banyak jenis tumor kanker payudara sensitif terhadap hormon estrogen, yang berarti bahwa tumor dapat tumbuh dan menyebar ketika estrogen ada.  jenis tumor ini disebut reseptor estrogen. Sebuah reseptor estrogen adalah bagian dari sel di mana estrogen menempel. Sebuah uji laboratorium menunjukkan apakah tumor memiliki reseptor estrogen. Jika tumor reseptor estrogen positif, maka pengobatan untuk memblokir reseptor estrogen atau menghentikan tubuh dari pembuatan estrogen dapat membantu mencegah kembalinya kanker atau memperlambat pertumbuhan tumor.

Bagaimana cara mengobati kanker payudara?

Pilihan pengobatan didasarkan pada jenis kanker payudara dan faktor lainnya. Operasi tujuannya untuk mengangkat jaringan kanker di payudara atau bagian lain dari tubuh. Kadang-kadang satu atau kedua indung telur diangkat untuk menghilangkan sumber utama estrogen. Radiasi dan obat kemoterapi dapat menghancurkan sel-sel kanker atau menghentikan pertumbuhannya. Terapi hormonal menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara dengan menghentikan produksi hormon atau menghalangi aksinya.

Mengapa khawatir tentang tulang keropos?

Tulang yang rapuh dapat menyebabkan tulang keropos dan patah tulang , suatu kondisi yang disebut osteoporosis. Ketika seseorang menderita  osteoporosis, risiko patah tulang menjadi besar. Tulang keropos dapat menyebabkan rasa nyeri dan bahkan menjadi cacat. Sebagai contoh, banyak orang tua yang kehilangan kemampuan mereka untuk berfungsi secara independen.

Sebuah sinar X akan menguji kepadatan tulang dan memeriksa kekuatan tulang. Tes ini dapat menunjukkan awal dari kehilangan tulang sebelum kondisi  osteoporosis berkembang.

Apa yang bisa di lakukan untuk mencegah tulang keropos dari gejala kanker payudara ?

Pilihan pengobatan untuk mencegah tulang keropos didasarkan pada apakah pasien berada pada risiko patah tulang. Selain pengobatan kanker, faktor lain yang menyebabkan risiko patah tulang termasuk riwayat pribadi seperti  kurus, merokok,  sering minuman alkohol setiap hari, penyakit tertentu seperti rheumatoid arthritis, dan kepadatan mineral tulang yang rendah .

Dokter akan menyarankan langkah-langkah berikut untuk mencegah tulang keropos dan menghindari patah tulang.

Menggunakan obat-obatan yang diperlukan. Ada beberapa jenis obat yang dapat mencegah atau mengobati osteoporosis. Beberapa diantaranya banyak di jual di apotek atau di toko-toko dekat rumah anda, yang dapat digunakan seperlunaya, atau mintalah resep dokter sebelum menggunakannya.

Mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup. Anda harus mendapatkan 1.000 sampai 1.500 mg kalsium dan 1.000 sampai 2.000 IU vitamin D setiap hari. Sumber kalsium tinggi diantaranya termasuk susu, yogurt, keju, collard hijau dll. Vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium, dibuat di kulit ketika orang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari di pagi hari. Vitamin D juga ditemukan pada ikan salmon, udang, dll. Selain memilih makanan yang mengandung kalsium tinggi dan vitamin D, banyak orang membutuhkan suplemen diet untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Berolahraga secara teratur. Latihan beban, seperti berjalan, berlari, menari, dan memanjat tangga, akan membantu memperkuat tulang. Jadi, lakukanlah latihan yang memperkuat tulang dan otot.

Langkah-langkah lain untuk menjalani pola hidup sehat. Hindari merokok dan batasi minum alkohol tidak lebih dari satu gelas sehari.

Inilah hubungannya antara hormon estrogen dengan penyakit kanker payudara.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.