Sabtu, 28 Februari 2015

Gejala Kolesterol Tinggi Dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Gejala Kolesterol Tinggi Dan Cara Menurunkan Kolesterol TinggiKolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid dan sangat penting untuk fungsi normal bagi tubuh.  Ini terutama di buat oleh hati, tetapi juga dapat ditemukan di beberapa makanan yang kita makan.
Memiliki tingkat kolesterol  yang terlalu tinggi dalam darah (hiperlipidemia) dapat mempengaruhi  kesehatan Anda. Kolesterol tinggi itu sendiri tidak menimbulkan gejala apapun, namun hal itu dapat meningkatkan risiko pada kondisi kesehatan yang serius.

Fungsi kolesterol

Kolesterol dibawa dalam darah Anda bersama protein, dan ketika keduanya digabungkan disebut lipoprotein. Ada lipoprotein berbahaya dan dikenal sebagai pelindung LDL dan HDL, atau kolesterol jahat dan baik.

LDL (Low density lipoprotein): LDL membawa kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika terdapat terlalu banyak kolesterol di sel untuk digunakan, dapat membangun di dinding arteri dan akan menyebabkan penyakit pembuluh darah. Karena alasan ini, kolesterol LDL dikenal sebagai "kolesterol jahat".

HDL (High-density lipoprotein): HDL adalah jenis kolesterol yang membawa kolesterol jahat (LDL kolesterol), dari sel kembali ke hati. Karena alasan ini, HDL kolesterol disebut sebagai "kolesterol baik" .

Jumlah kolesterol dalam darah (baik LDL dan HDL) dapat diukur dengan tes darah. Tingkat kolesterol yang direkomendasikan dalam darah bervariasi antara orang dewasa yang sehat dan mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap suatu penyakit.

Mengapa saya harus menurunkan kolesterol tinggi?

Bukti kuat menunjukkan bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan gejala seperti:
  • penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis)
  • serangan jantung
  • stroke
Hal ini karena kolesterol dapat berkembang di dinding arteri, membatasi aliran darah ke jantung, otak dan di seluruh tubuh Anda. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan terjadi gumpalan darah berkembang di suatu tempat di dalam tubuh.
Dapat menimbulkan penyakit jantung koroner (saat pasokan darah di hati Anda diblokir atau terganggu) juga meningkatkan kadar kolesterol darah Anda dan ini dapat menyebabkan angina selama kegiatan fisik.

Apa penyebab kolesterol tinggi?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi  Anda memiliki masalah jantung atau stroke jika Anda tidak memiliki kadar kolesterol normal, termasuk hal berikut ini:

  • Konsumsi makanan yang tidak sehat: Beberapa makanan sudah mengandung kolesterol (dikenal sebagai makanan berkolesterol) tetapi itu adalah jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda yang lebih penting.
  • Merokok: Bahan kimia yang ditemukan dalam rokok yang disebut akrolein menghentikan HDL yang membawa LDL kembali ke hati, hal ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis)
  • Memiliki penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita stroke atau penyakit jantung

Ada juga kondisi dari keturunan yang dikenal sebagai hiperkolesterolemia familial . Hal ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi,  bahkan pada seseorang yang selalu konsumsi makan sehat.

Ketika Anda harus tes kadar kolesterol Anda.

Dokter  dapat merekomendasikan Anda untuk tes kadar kolesterol darah jika Anda :
  • telah didiagnosa memiliki penyakit jantung koroner, stroke atau penyakit arteri,
  • memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit kardiovaskuler dini,
  • memiliki anggota keluarga yang memiliki kondisi kolesterol terkait,
  • kelebihan berat badan,
  • memiliki tekanan darah tinggi, diabetes atau kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, seperti tiroid yang kurang aktif.
Bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi ?

Langkah pertama untuk menurunkan kolesterol adalah konsumsi makanan penurun kolesterol yang sehat dan seimbang. Hal ini penting untuk menjaga kolesterol  dalam makanan berlemak. Makan banyak buah-buahan, sayuran dan sereal gandum. Ini juga akan membantu untuk mencegah kolesterol tinggi datang kembali.

Perubahan gaya hidup lainnya juga dapat membuat perbedaan besar. Hal ini akan membantu Anda untuk menurunkan kolesterol  jika Anda melakukan olahraga teratur dan berhenti merokok. Cari petunjuk tentang bagaimana untuk berhenti merokok dan tips untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Jika petunjuk tidak dapat membantu Anda untuk menurunkankolesterol  dan Anda terus berada pada risiko tinggi penyakit jantung, dokter mungkin meresepkan obat penurun kolesterol . Dokter akan memperhitungkan risiko efek samping dari obatnya dan manfaat dari menurunkan kolesterol Anda harus lebih besar daripada risikonya.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.