Senin, 02 Februari 2015

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri dan Dapatkan Khasiat serta Manfaatnya

Khasiat dan manfaat bagi kesehatan dari kulit manggis kini menjadi terkenal di masyarakat karena manfaatnya sangat banyak. Buah manggis merupakan salah satu buah favorit banyak orang, rasanya manis dan lezat. Asal-usul pohon manggis dikatakan berasal dari Indonesia dan Malaysia dan kemudian menyebar ke negara-negara lain seperti Sri Lanka, Australia utara, dan juga ke Amerika Tengah. Selain memiliki rasa yang lezat, kandungan buah manggis ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Salah satu kegunaan kulit manggis adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, jadi bagi Anda yang rentan terhadap penyakit boleh mengkonsumsi kulit manggis. Tapi sebelum menemukan cara untuk mengkonsumsinya, sepertinya dengan membuat jus kulit manggis lebih baik, Anda dapat mengetahui bagaimana membuat jus kulit manggis setelah ini.

Mungkin Anda penyuka jus buah-buahan seperti mangga, sirsak, Nangka, Apel, Anggur, Alpukat, dan banyak lagi. Tapi, bagaimana dengan jus kulit manggis .......? Tentunya Anda akan tertawa dan bertanya-tanya kok kulit manggis di buat jus...?.Ya, karena khasiat dan manfaat kulit manggis untuk kesehatan sangat banyak...!

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri dan Dapatkan Khasiat serta Manfaatnya


Jus kulit manggis, bukan jus buah manggis tetapi kulitnya ...! Apakah Anda bingung? Untuk menghilangkan kebingungan, Anda harus terlebih dahulu membaca artikel ini. Manfaat Kulit Manggis juga telah dibuktikan oleh banyak orang. Tidak mengherankan jika begitu banyak orang mencari kulit manggis sebagai obat alami. Bahkan obat dari kulit manggis juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Ada banyak manfaat lain dari kulit manggis yang perlu Anda ketahui. Khasiat kulit manggis untuk kesehatan dan bukti ilmiah tentang khasiat kulit buah manggis sangat baik. Lihat saja saat ini banyak sekali obat herbal kulit manggis yang beredar di pasar.

Perlu diketahui bahwa kulit manggis di negara Indonesia mungkin masih dianggap kurang populer. Namun, di beberapa negara di Eropa sudah meraskan kasiat kulit manggis ini karena manfaat ekstrak kulit manggis untuk kesehatan yang luar biasa. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh extrak kulit manggis bagi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan dalam dan luar. Mengingat tentu tidak akan terasa enak jika Anda makan kulit manggis mentah, jadi yang terbaik adalah Anda harus mengolah kulit manggis menjadi jus. Dengan membuat jus kulit manggis, terutama dengan campuran berbagai macam buah-buahan segar lainnya cukup masuk akal. Rasa kulit manggis yang pahit akan sedikit diminimalkan. Bahkan, Anda dapat membuat jus kulit buah manggis yang bisa membuat ketagihan.


Cara membuat jus kulit manggis sendiri

Beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk pengolahan kulit manggis menjadi jus:
  1. Beberapa buah manggis (disesuaikan dengan kebutuhan Anda).
  2. 1 cangkir air mendidih.
  3. Madu secukupnya.
  4. Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (sebaiknya gula aren).
  5. Blender.
Setelah bahan-bahan di atas sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah memulai membuat jus kulit buah manggis. Berikut ini adalah cara mengolah kulit manggis untuk dijadikan jus yang enak, yang harus Anda lakukan adalah:
Keroklah kulit manggis di bagian dalam dengan sendok. Pada tahap ini, Anda harus pintar untuk memilih
Buah manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk mendapatkan jus yang berkualitas tinggi.
Saat mengerok kulit buah manggis, menghindari getah hitam atau kuning sehingga jus tidak terasa pahit.

Setelah hasil kerokan kulit buah manggis dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah merebus kulit buah manggis. Langkah ini sebenarnya merupakan alternatif jika Anda tidak ingin mencicipi jus terlalu pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, kemudian rasa pahit dapat diminimalkan. Disarankan untuk tidak membuang air mendidih rebusan kulit manggis tersebut dan simpanlah sisa air rebusan dalam lemari es, untuk digunakan lagi pada kesempatan lain.

Bahkan beberapa ahli pengobatan kampung menyarankan menggunakan air rebusan sebagai alat untuk terapi pengobatan beberapa penyakit. Sertakan hasil kerokan kulit manggis dengan air rebus kulit manggis ke dalam blender, tambahkan sebanyak satu cangkir air mendidih dan gula aren. Anda juga dapat mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti alpukat, mangga, sirsak, dan lain-lain untuk mengurangi rasa pahit. Jus kulit manggis siap untuk diminum. Sisanya Anda dapat menyimpannya ke dalam wadah yang memiliki tutup, seperti botol dan simpan di lemari es (kulkas).

Yang harus diperhatikan: 

Seperti yang diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, walaupun dibuat jus. Oleh karena itu, Anda dipersilakan untuk berimprovisasi sendiri dengan mencampur buah-buahan lainnya, campuran cuka, jus lemon, dan jus lainnya untuk membuatnya terasa lebih enak dan tidak pahit. Hal ini tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jus kulit manggis dalam keadaan perut kosong (diminum setelah makan).

Yang juga harus dicatat bahwa permukaan jus kulit manggis akan terlihat gelap saat terkena udara. (Oleh karena itu disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).

Pada awal minum jus ini, sangat mungkin perut Anda akan merasa mual dan tidak nyaman. Namun, abaikan saja karena itu tidak berbahaya. Jika rutin dilakukan, Anda akan terbiasa. Fungsi kulit manggis yang di buat jus bukan hanya seperti jus biasa saja. Namun, khasiat jus kulit manggis ini mengandung manfaat kesehatan untuk tubuh. Jadi Anda diharapkan untuk minum secara konsisten dan teratur sehingga akan benar-benar merasakan khasiatnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.