Kamis, 26 Februari 2015

Cara Mengatasi Biang Keringat Berlebih Pada Kulit

Biang keringat juga dikenal sebagai miliaria, adalah ruam gatal yang kecil,  bintik-bintik merah yang menyebabkan sensasi menyengat atau terasa menusuk nusuk pada kulit.

Ruam ini dapat terjadi di mana saja pada tubuh, tetapi paling sering terjadi pada wajah, leher, punggung, dada dan paha.

Ruam ini terdiri dari bintik-bintik kecil atau benjolan yang dikelilingi oleh daerah kulit merah. Bintik-bintik kadang terlihat seperti lepuh kecil, dan dapat menyebabkan pembengkakan ringan, gatal dan tusukan-tusukan menyengat atau intens.

Apa penyebab biang keringat?

Biang keringat biasanya terjadi ketika seseorang berkeringat lebih dari biasanya, misalnya saat cuaca panas atau lembab. Namun,  mungkin juga dapat terjaadi biang keringat di musim dingin.

Kondisi ini disebabkan ketika kelenjar keringat tubuh tersumbat.  Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit Anda.  Keringat yang terjebak di dalam kulit dapat menyebabkan iritasi kulit dan karakteristik ruam panas.

Jika Anda berkeringat berlebihan, lebih mudah bagi sel-sel kulit mati dan bakteri untuk berkumpul dalam kelenjar keringat Anda.

Jika kelenjar keringat Anda tersumbat, keringat akan terjebak di bawah kulit Anda dalam kantong bengkak kecil. Hal ini juga akan merembes ke jaringan di dekatnya dan mengiritasi kulit Anda.
Ketika kantong pecah dan melepaskan keringat, hal itu menyebabkan sensasi menyengat dan terasa menusuk-nusuk di kulit (biang keringat).

Terjadinya biang keringat

Cara Mengatasi Biang Keringat Berlebih Pada Kulit
Biang keringat
Anda lebih berisiko terkena biang keringat jika Anda berada di daerah beriklim panas di mana Anda akan berkeringat lebih dari biasanya.

Berikut ini juga meningkatkan risiko Anda terjadi biang keringat:

  • penyakit dan imobilitas - waktu Anda yang dihabiskan di tempat tidur dapat membuat Anda berkeringat lebih banyak, terutama jika Anda memiliki tempat tidur yang hangat.
  • mengenakan pakaian terlalu tebal, terutama di musim dingin.
  • duduk terlalu dekat dengan api atau pemanas.

Mengatasi biang keringat


Biang keringat tidak memerlukan perawatan khusus dan ruam biasanya menghilang setelah beberapa hari.

Menghindari panas dengan selalu berada di tempat teduh dan mengenakan pakaian katun longgar akan membantu meringankan gejala biang keringat.

Namun, jika Anda memiliki biang keringat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala , diantaranya:

  • Hindari panas yang berlebihan dan kelembaban - jika Anda perlu untuk pergi ke luar, selalu berada di tempat teduh atau bawalah kipas kecil kemanapun anda pergi. Paparan yang panas akan menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak dan dapat membuat ruam parah.
  • Pakailah pakaian katun longgar - hindari mengenakan serat sintetis, seperti poliester dan nilon, yang memerangkap panas lebih mudah.
  • Jaga kebersihan kulit Anda - mandi air dingin akan menyejukan Anda, menyegarkan kulit Anda dan membantu mencegah keringat berlebih. Berada di sebuah ruangan ber-AC selama beberapa jam sehari juga akan memberikan bantuan yang cukup.
  • Gunakan lotion kalamin - merupakan salah satu obat biang keringat yang biasanya tersedia di apotek atau di toko dekat rumah anda, ini akan membantu mencegah iritasi kulit.
  • Cobalah krim hidrokortison - krim hidrokortison juga tersedia di apotek dan efektif untuk mengobati daerah yang sangat gatal dan iritasi di kulit. Namun, hindari menggunakannya di wajah Anda dan selalu mengikuti petunjuk pemakaian.

Siapa yang akan mengalami biang keringat?

Siapapun bisa mengalami biang keringat, tapi orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin akan terpengaruh. Hal ini karena mereka cenderung berkeringat lebih dari orang-orang yang ramping.
Gejala biang keringat pada bayi dan anak-anak, resikonya lebih besar karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.