Rabu, 04 Februari 2015

Faktor Penyebab Stres Dan Cara Menghilangkan Gejalanya

Secara umum, stres adalah tekanan atau ketegangan. Terus merasakan tekanan dapat mengalami stres. Pada umumnya, penyebab stres dapat terjadi dari fisik seperti karena penyakit, dari emosional seperti merasakan kesedihan, atau psikologis seperti dalam ketakutan.

Gen dan hal-hal yang terjadi pada Anda di awal kehidupan seperti pelecehan atau kelalaian, bahkan ketika di dalam rahim dapat mempengaruhi bagaimana Anda mengalami situasi stres, yang membuat Anda mengalami reaksi yang berlebihan. Makan berlebihan, merokok, minum alkohol, dan tidak berolahraga adalah reaksi yang sering terjadi karena dipengaruhi oleh stres yang dapat menambah efek kesehatan yang negatif.


Apa respon stres ?

Allostasis adalah proses bagaimana tubuh merespon stres, apakah itu akut (jangka pendek) atau kronis (jangka panjang).

Respon dari gejala stres akut yang paling umum adalah "ketakutan", reaksi yang terjadi ketika Anda merasa terancam. Dalam hal ini, respon stres menyebabkan tubuh melepaskan beberapa hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin (yang juga dikenal sebagai epinefrin) ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini meningkatkan konsentrasi, kemampuan untuk bereaksi, dan kekuatan. Juga, meningkatkan denyut jantung Anda dan tekanan darah menjadi meningkat, sistem kekebalan tubuh menurun dan pikiran Anda lebih tajam. Setelah Anda mengalami stres jangka pendek, tubuh Anda akan kembali normal.

Stres kronis atau jangka panjang, bagaimanapun dapat menimbulkan masalah. Jika Anda sering menghadapi tantangan dan tekanan, tubuh Anda terus-menerus memproduksi lebih banyak hormon stres dan tidak memiliki waktu untuk pulih kembali. Hormon-hormon ini membangun dalam darah, dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Faktor Penyebab Stres Dan Cara Menghilangkan Gejalanya


Bagaimana stres kronis mempengaruhi kesehatan Anda ?

Perubahan tubuh yang terjadi selama saat-saat stres bisa diatasi ketika terjadi pada waktu yang singkat. Tapi ketika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon stres dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Efek stres jangka panjang menyebabkan masalah pada tubuh. Masalah kesehatan dapat mencakup:
  • Sistem pencernaan: sakit perut, juga diare akibat dari aktivitas yang berlebih di usus besar.
  • Obesitas: Peningkatan nafsu makan, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kegemukan atau obesitas menempatkan Anda pada risiko penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular.
  • Sistem kekebalan tubuh: Melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga Anda lebih mungkin untuk mengalami pilek atau infeksi lainnya.
  • Sistem saraf: Kecemasan, depresi, kurang tidur, dan kurangnya minat dalam aktivitas fisik. Memori dan pengambilan keputusan juga dapat terpengaruh.
  • Sistem kardiovaskular: Peningkatan tekanan darah, denyut jantung, dan tingkat lemak dalam darah (kolesterol dan trigliserida). Juga, peningkatan kadar glukosa darah, terutama pada malam hari, dan nafsu makan. Semua ini adalah faktor risiko untuk penyakit jantung, aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), stroke, obesitas, dan diabetes.

Bagaimana Anda tahu kapan Anda sedang mengalami stres ?

Ketika Anda mengalami stres jangka pendek, Anda mungkin merasa cemas, gelisah, bingung, dan tertekan. Jika tingkat stres meningkat atau berlangsung dalam waktu yang lama, Anda dapat mengalami efek fisik atau emosional lainnya, diantaranya:
  • Kelelahan, depresi
  • Nyeri dada atau tekanan, detak jantung cepat
  • Pusing, kegoyahan, kesulitan bernapas
  • Periode menstruasi tidak teratur, disfungsi ereksi (impotensi), kehilangan libido (gairah seksual)
Gejala ini juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, makan yang berlebihan dan susah tidur yang semuanya dapat memiliki dampak serius pada kesehatan Anda. Biasanya gejala yang ringan dapat dihilangkan melalui kegiatan seperti belajar untuk bersantai, menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda stres dan dengan berolahraga. Jika gejala yang parah akibat stres, Anda perlu bantuan medis untuk menemukan penyebab stres Anda dan cara terbaik untuk mengatasi stres.


Bagaimana Cara Menghilangkan Stres ?

Anda dapat mengambil langkah-langkah praktis untuk menghilangkan stres. Olahraga teratur dapat meningkatkan proses berpikir dan suasana hati. Strategi lain termasuk santai, tidur malam yang tepat waktu, dan mencari dukungan emosional dari keluarga dan teman-teman. Anda juga dapat mengurangi efek jangka panjang dari stres kronis dengan makan makanan rendah lemak yang sehat, tidak merokok dan tidak minum terlalu banyak alkohol. Namun, jika gejala stres Anda berlanjut atau bahkan lebih buruk, maka Anda harus ke dokter.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.