Rabu, 04 Februari 2015

Obat DPP-4 Inhibitor Menjaga Glukosa Darah Dan Mengobati penyakit Diabetes Tipe 2

Bila Anda memiliki penyakit diabetes tipe 2, tingkat glukosa darah (gula) lebih tinggi dari normal. Glukosa dalam darah Anda muncul terutama dari makanan yang Anda makan, dan sejumlah kecil berasal dari hati Anda. Ini normal jika kadar glukosa meningkat setelah makan. Tapi pada penyakit diabetes, tingkat glukosa darah terlalu tinggi.

Tubuh Anda menggunakan glukosa untuk energi dengan bantuan insulin, suatu hormon yang dibuat oleh pankreas (organ yang terletak di perut Anda). Anda dapat mengalami diabetes tipe 2 ketika tubuh Anda:
  1. Tidak membuat cukup insulin 
  2. Tidak menggunakan insulin dengan cara yang seharusnya
Orang setengah baya lebih mungkin untuk mengalami diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan dan tidak aktif juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Kadar glukosa darah tinggi dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti gangguan mata dan kerusakan saraf, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan stroke. Tapi Anda bisa mencegah atau menunda masalah kesehatan dengan menjaga glukosa Anda darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol pada kisaran normal. Makan makanan, olahraga, dan obat-obatan (jika diperlukan) dapat membantu Anda tetap sehat.

Obat DPP-4 Inhibitor Menjaga Glukosa Darah Dan Mengobati penyakit Diabetes Tipe 2

Apa obat berbasis incretin?

Obat berbasis incretin adalah jenis obat untuk diabetes tipe 2. Jenis obat didasarkan pada tindakan hormon yang disebut incretin yang membantu mengontrol bagaimana pankreas bekerja dalam tubug. GLP-1 (Glucagon like peptide 1) incretins menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin setelah Anda makan, membantu menggunakan glukosa tubuh Anda. Efek dari GLP-1 hanya berlangsung beberapa menit, namun. Sebuah enzim (zat yang menyebabkan reaksi kimia dalam tubuh Anda) juga disebut DPP-4 cepat rusak dalam darah.


Apa obat-obatan DPP-4 inhibitor?

Obat DPP-4 inhibitor (nama generik: saxagliptin sitagliptin, dan linagliptin) adalah jenis obat berbasis incretin yang menghambat aksi dari enzim DPP-4. Hal ini membuat GLP-1 bertahan lebih lama dan meningkatkan jumlah GLP-1 dalam darah Anda. Kelebihan GLP-1 berarti kurangnya glukosa dalam darah.

DPP-4 inhibitor dalam bentuk pil dengan cara diminum. Dan dapat digunakan tanpa kombinasi obat lain atau dalam kombinasi dengan obat diabetes lainnya. Obat ini juga tersedia dalam pil kombinasi. Beberapa pil mengandung inhibitor DPP-4 ditambah dengan jenis lain dari obat diabetes. Terdapat sitagliptin atau saxagliptin (tapi tidak linagliptin) mungkin perlu disesuaikan jika Anda memiliki masalah ginjal.


Apa manfaat dari DPP-4 inhibitor?

Obat ini membantu menjaga gula darah Anda dari peningkatan yang terlalu tinggi, yaitu:
  • Meningkatkan insulin yang diproduksi oleh pankreas Anda, terutama setelah Anda makan
  • Penurunan glukagon, hormon yang melepaskan glukosa dari hati Anda

Apa efek samping dan kerugian dari DPP-4 inhibitor?

DPP-4 inhibitor tidak menyebabkan glukosa darah rendah, suatu kondisi yang disebut hipoglikemia. Tapi Anda beresiko pada glukosa darah yang rendah jika Anda juga menggunakan pil diabetes atau insulin yang dapat menyebabkan hipoglikemia. Glukosa darah yang rendah dapat membuat Anda merasa lapar, pusing, gelisah, gemetar, atau bingung. Anda dapat mempelajari apa yang harus Anda makan atau minum untuk membawa tingkat gula darah Anda kembali normal.

Inhibitor DPP-4 dapat menyebabkan pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, atau diare. Juga dapat menyebabkan radang pankreas, kulit ruam, gatal-gatal, pembengkakan wajah Anda, atau kesulitan bernapas. Tanyakan kepada dokter yang merawat Anda untuk melihat dan apa yang harus dilakukan jika terjadi tanda-tanda.


Bagaimana saya bisa mengetahui mana obat diabetes yang terbaik untuk saya?

Bicarakan dengan dokter Anda tentang obat-obatan diabetes. Tanyakan apakah ada obat lain yang dapat membantu mengatasi masalah Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang efek samping dari obat-obatan yang Anda gunakan. Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang kondisi kesehatan Anda yang lain dan apakah Anda hamil atau merencanakan untuk hamil. Kemudian dokter Anda dapat membuat pilihan obat terbaik untuk Anda.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.