Selasa, 24 Februari 2015

Fungsi Ginjal dan Gejala Penyakit Ginjal Pada Manusia

Ginjal membuang limbah dari darah dan mengembalikan darah yang dibersihkan kembali ke tubuh, menghilangkan limbah sebagai urin. Ginjal terdiri dari banyak filter kecil. Ginjal yang sehat sangat penting untuk hidup sehat.

Ginjal Anda penting untuk kesehatan Anda sebagai jantung atau paru-paru Anda. Tugas utama ginjal adalah untuk membuang produk limbah dari tubuh Anda. Kebanyakan orang memiliki dua ginjal, satu pada kedua sisi tulang belakang di bawah tulang rusuk. Berwarna cokelat kemerahan dan berbentuk seperti kacang. Setiap ginjal adalah seukuran kepalan tinju.

Satu liter darah dibersihkan setiap menit

Tugas utama dari ginjal adalah untuk menghilangkan limbah dari darah dan mengembalikan darah yang telah dibersihkan kembali ke tubuh. Setiap menit sekitar satu liter darah (seperlima dari semua darah yang dipompa oleh jantung) masuk ke ginjal melalui arteri ginjal. Setelah darah dibersihkan, mengalir kembali ke dalam tubuh melalui pembuluh darah ginjal.
 
Setiap ginjal mengandung sekitar satu juta unit kecil yang disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari filter yang sangat kecil yang disebut glomerulus yang melekat pada tubulus. Saat darah melewati nefron, cairan dan produk-produk limbah akan disaring keluar. Sebagian besar cairan ini kemudian dikembalikan ke darah, sedangkan produk-produk limbah terkonsentrasi dalam cairan ekstra sebagai urin.

Urin mengalir melalui tabung yang disebut ureter ke dalam bladde. Urin melewati dari kandung kemih keluar dari tubuh melalui tabung disebut uretra. Ginjal biasanya membuat satu hingga dua liter urin setiap hari tergantung pada, berapa banyak Anda minum, suhu dan jumlah latihan yang Anda lakukan.

 Ginjal yang sehat dapat meningkatkan kapasitas kerja. Jika satu ginjal hilang, ginjal lain dapat memperbesar dan melakukan 2 pekerjaan.

Fungsi ginjal lain


gejala batu ginjal, penyakit gagal ginjal, penyebab gagal ginjal, fungsi ginjal
Gambar Ginjal
Selain menyaring darah, ginjal juga:

Membuat dan mengatur hormon-hormon penting dalam tubuh yang membantu untuk mengendalikan tekanan darah, produksi sel darah merah dan penyerapan kalsium dari usus
Mempertahankan cairan tubuh pada tingkat yang benar bagi tubuh untuk fungsi
Kontrol kimia tubuh dengan mengatur jumlah garam, air dan bahan kimia lain yang bergerak di sekitar tubuh.
Menjaga keseimbangan

Ketika ginjal Anda bekerja dengan benar, kelebihan mineral dan produk-produk limbah meninggalkan tubuh dalam urin. Natrium (garam) dan kalium adalah mineral yang berasal dari makanan. Tubuh membutuhkan mineral ini untuk menjaga kesehatan yang baik, tetapi mereka harus dipelihara pada tingkat yang benar. Ginjal juga membantu mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat, yang penting dalam pembentukan tulang.

Banyak produk limbah beracun jika mereka tidak dikeluarkan dari tubuh. Produk limbah urea dan lainnya yang dibuat ketika tubuh memecah protein. Kreatinin adalah produk limbah yang dibuat oleh otot. Ginjal sehat mengambil kreatinin keluar dari darah dan memasukkannya ke dalam urin untuk meninggalkan tubuh. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, kreatinin menumpuk dalam darah.

Mengukur bagaimana ginjal bekerja

Sulit untuk menghitung angka yang tepat di mana ginjal Anda bekerja. Ukuran terbaik dari fungsi ginjal disebut laju filtrasi glomerulus. Laju filtrasi glomerulus dapat diperkirakan menggunakan rumus matematika. Formula ini menggunakan tingkat kreatinin dalam darah Anda untuk memperkirakan seberapa baik ginjal Anda menyaring limbah dari darah Anda. Hal ini dapat mengindikasikan apakah ada kerusakan ginjal. Semakin tinggi tingkat filtrasi, semakin baik-ginjal bekerja.

Jika dokter perintah tes darah untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi ginjal, hasil laju filtrasi glomerulus sering diberikan secara otomatis, bersama dengan hasil kreatinin Anda. Dokter Anda mungkin juga menguji tanda-tanda dan kondisi lain yang dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki penyakit ginjal kronis. Ini mungkin termasuk protein dalam urin Anda (albuminuria atau proteinuria), darah dalam urin (hematuria), tekanan darah tinggi dan diabetes.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal yang berfungsi dengan baik sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Deteksi dini (penyakit ginjal) dapat menyelamatkan nyawa. Obat dan perubahan gaya hidup, bersama dengan rujukan awal untuk spesialis ginjal, dapat mencegah atau menunda gejala gagal ginjal.

Hal yang perlu diingat

     Ginjal adalah sistem filter khusus untuk tubuh Anda.
     Ginjal mengeluarkan produk sisa dari darah dan menghasilkan urin.
     Ginjal mengontrol kadar berbagai zat dalam darah.
     Deteksi dini penyakit ginjal dapat menyelamatkan nyawa.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.