Minggu, 22 Februari 2015

Makalah Kelenjar Tiroid : Hubungan Hormon Tiroid dan Gejala Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid terletak di leher, tepat di bawah pangkal tenggorokan Anda (kotak suara). Ini menghasilkan dua hormon tiroid, triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4), yang mengatur metabolisme-bagaimana tubuh menggunakan dan menyimpan energi.

Fungsi kelenjar tiroid dikontrol oleh kelenjar hipofisis, yang terletak di otak Anda. Pituitary memproduksi  perangsang hormon tiroid, yang memberitahu tiroid untuk membuat T3 dan T4.

Apa hipotiroidisme?

Hipotiroidisme berarti Anda memiliki terlalu sedikit hormon tiroid. Istilah lainnya adalah "hormon tiroid kurang aktif." Hipotiroidisme adalah gejala tiroid yang paling umum. Hal ini terjadi lebih sering pada wanita dan orang di atas usia 60, dan cenderung berjalan dalam keluarga.

Gejala hipotiroidisme dapat mencakup

    Kelelahan / kelesuan
    Depresi mental
    Merasa dingin
    Peningkatan berat badan
    Kulit dan rambut kering
    Sembelit
    Haid penyimpangan

Gejala-gejala ini tidak unik untuk hipotiroidisme. Sebuah tes darah sederhana dapat menentukan apakah gejala yang disebabkan hipotiroidisme atau sebab-sebab lainnya. Orang dengan hipotiroidisme ringan mungkin tidak memiliki gejala sama sekali.

thyroid gland, hypothyroidism
Kelenjar Tiroid

Apa yang menyebabkan hipotiroidisme?

Pada orang dewasa, penyakit Hashimoto adalah penyebab paling umum dari hipotiroidisme. Dalam kondisi ini, serangan sistem kekebalan tubuh Anda dan merusak tiroid Anda, sehingga tidak dapat membuat cukup hormon tiroid.

Hypothyroidism juga dapat disebabkan oleh pengobatan yodium radioaktif atau operasi pada penyakit kelenjar tiroid, yang digunakan untuk mengobati jenis lain gangguan gejala tiroid. Sebuah masalah dengan kelenjar hipofisis adalah penyebab yang langka.

Hipotiroidisme juga dapat hadir sejak lahir jika kelenjar tiroid tidak berkembang dengan baik.

Bagaimana hipotiroidisme dapat mempengaruhi kesehatan Anda?

Pada orang dewasa, hipotiroid yang tidak diobati menyebabkan kinerja mental dan fisik yang buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan kadar kolesterol darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebuah kondisi yang mengancam jiwa yang disebut myxedema koma dapat berkembang jika hipotiroidisme parah tidak diobati.

Diagnosis hipotiroidisme sangat penting dalam kehamilan. Hipotiroidisme tidak diobati pada ibu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Semua bayi diuji saat lahir untuk gejala hipotiroidisme. Jika tidak segera diobati, anak dengan hipotiroidisme bisa memiliki keterbelakangan mental atau gagal untuk tumbuh normal.

Bagaimana hipotiroidisme didiagnosis?

Tes darah dapat mengukur tingkat thyroid-stimulating hormone (TSH) dan hormon tiroid (T4). Anda memiliki hipotiroidisme ketika Anda punya TSH tinggi dan kadar T4 rendah dalam darah Anda. Pada awal atau hipotiroidisme ringan, TSH akan tinggi tetapi T4 mungkin normal. Dalam hal ini, dokter Anda akan lebih memperhatikan tingkat TSH untuk membuat diagnosis.

Ketika penyebab hipotiroidisme adalah penyakit Hashimoto, tes darah dapat mendeteksi antibodi anti-tiroid yang menyerang tiroid.

Kebanyakan orang membutuhkan penggantian hormon tiroid. Jika merek obat kelenjar tiroid atau dosis perlu diubah, Anda harus melakukan lagi tes darah TSH. Dosis Anda akan disesuaikan berdasarkan tes TSH Anda. Seiring waktu, dosis hormon tiroid yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keropos tulang, fungsi jantung yang abnormal, dan irama jantung yang tidak normal. Dosis yang terlalu rendah tidak dapat meredakan gejala.

Penyesuaian dosis mungkin diperlukan sepanjang hidup Anda, termasuk selama kehamilan. Anda dapat mendiskusikan perubahan dosis selama Anda rutin check-up dengan dokter Anda.

Bagaimana Anda akan tahu apakah Anda harus mendapatkan tes?

Jika Anda memiliki satu atau lebih dari gejala hipotiroidisme, atau jika penyakit tiroid berjalan dalam keluarga Anda, tanyakan kepada dokter Anda jika Anda harus melakukan tes darah. Beberapa ahli juga merekomendasikan pengujian pada awal kehamilan atau pada wanita yang ingin hamil. Dokter mungkin juga merekomendasikan tes pada wanita di atas usia 60, bahkan jika mereka tidak memiliki gejala. Jika Anda didiagnosis dengan hypothyroidism, Anda akan memerlukan pengobatan untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.