Minggu, 22 Februari 2015

Sumber Dan Manfaat Vitamin D Penting Bagi Kesehatan Tulang Dalam Tubuh

Sumber vitamin D adalah topik hangat dalam berita tentang kesehatan , berkat banyak laporan yang mengklaim banyak manfaat vitamin D bagi kesehatan . Ada juga kontroversi , meskipun efek vitamin D pada kesehatan selain tulang .

Dokter telah lama mengetahui bahwa vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan sangat penting bagi tulang sehat . Bahkan , kekurangan vitamin D dapat berkontribusi  tulang lemah pada orang yang mengalami osteoporosis . Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia ( tulang lunak ) pada orang dewasa .

Namun , fungsi vitamin D lebih dari vitamin . Ini benar-benar merupakan prohormon , suatu zat yang diubah tubuh menjadi hormon . Kulit membuat vitamin D setelah terpapar sinar matahari dan juga dari makanan tertentu , seperti produk susu dan minyak ikan tertentu, seperti salmon , makarel , dan sarden . Vitamin D memiliki efek dengan mengikat protein ( disebut reseptor vitamin D ) . Reseptor ini hadir di hampir setiap sel dalam tubuh dan mempengaruhi banyak proses tubuh yang berbeda .
Masalahnya adalah bahwa banyak orang tidak membuat cukup vitamin D oleh paparan sinar matahari atau mendapatkan cukup melalui makanan yang mengandung vitamin D.  Mereka mungkin perlu suplemen untuk meningkatkan tingkat vitamin D mereka.

Penyedia layanan kesehatan dapat mengukur vitamin D dalam tubuh dengan tes darah. Tes  skrining ini adalah untuk orang yang berisiko kekurangan vitamin D.

Anda harus membatasi ekspos terhadap sinar matahari untuk mengurangi risiko kanker kulit. Anda juga harus tahu bahwa tabir surya mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk membuat vitamin D.

Manfaat vitamin D bagi tubuh

sumber vitamin d, manfaat vitamin d, kekurangan vitamin d
Sumber dan manfaat vitamin D

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar rendah vitamin D dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis (jangka panjang), dan mendapatkan lebih banyak vitamin D dapat menurunkan risiko-risiko penyakit. Masalah kesehatan yang mungkin berkaitan dengan vitamin D rendah, antara lain:

     beberapa kanker
     penyakit jantung
     Diabetes (gula darah tinggi)
     kegemukan
     kelemahan otot

Namun, tidak jelas apakah hubungan antara penyakit tulang dan kadar vitamin D yang rendah berarti bahwa vitamin D rendah menyebabkan penyakit tersebut. Hal ini juga tidak jelas apakah mengambil tambahan vitamin D dapat melindungi terhadap penyakit kronis.

Apakah akibat kekurangan vitamin D ?

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih cenderung menjadi gemuk. Namun, mereka tidak menunjukkan bahwa vitamin D rendah menyebabkan obesitas.

Orang yang kekurangan vitamin D,  lebih mungkin untuk memiliki diabetes tipe 2, pra-diabetes, dan sindrom metabolik. (Sindrom ini adalah sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan diabetes, penyakit jantung, dan stroke.) Penyakit ini bahkan lebih mungkin untuk mempengaruhi anak-anak dan remaja yang kekurangan vitamin D daripada orang dewasa.

Kebanyakan studi telah menemukan bahwa suplemen vitamin D tidak berpengaruh pada gula darah (Penyakit diabetes). Karena penyakit ini lebih mungkin terjadi pada orang yang mengalami obesitas, mungkin menjadi obesitas yang memberikan kontribusi untuk kekurangan vitamin D.

Dapatkah suplemen vitamin D mencegah penyakit jantung dan stroke?

Studi menunjukkan adanya hubungan antara kadar vitamin D rendah dan peningkatan risiko masa depan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) masalah seperti tekanan darah, serangan jantung tinggi dan stroke. Meskipun ada kemungkinan bahwa suplemen vitamin D akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dari waktu ke waktu, tidak ada bukti ilmiah yang cukup. Terlalu banyak vitamin D bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sampai ada bukti, para ahli tidak menyarankan mengonsumsi suplemen vitamin D untuk mencoba menurunkan risiko kardiovaskular Anda.

Orang-orang yang tingkat vitamin D yang sangat rendah sering mengalami kelemahan otot intens. Ketika mereka menerima pengobatan vitamin D, kelemahan hilang. Namun, kebanyakan pasien juga menerima kalsium dengan pengobatan vitamin D. Oleh karena itu mungkin bahwa vitamin D hanya secara tidak langsung mempengaruhi fungsi otot dengan meningkatkan penyerapan kalsium usus dan meningkatkan tingkat fosfor dalam darah.

Dapatkah vitamin D meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ?

Temuan penelitian baru menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran dalam fungsi kekebalan - kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi . Namun , peneliti belum melakukan uji klinis untuk membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D bisa meningkatkan kekebalan . Demikian juga , tidak ada bukti yang baik bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi keparahan penyakit autoimun ( dimana tubuh diserang oleh sistem kekebalan sendiri ) .

Dapatkah vitamin D mencegah penyakit kanker ?

Beberapa penelitian telah menghubungkan tingkat kekurangan vitamin D dalam darah untuk peningkatan risiko kanker dan sekarat karena kanker ( semua jenis ) . Penelitian lain telah menemukan bahwa semakin tinggi asupan vitamin D dari suplemen semakin rendah risiko terhadap beberapa jenis kanker . ini termasuk:

    kolorektal
    payudara
    prostata

Namun, belum tahu apakah suplementasi vitamin D menurunkan kemungkinan terkena kanker . Sampai saat ini, kebanyakan studi tidak memiliki subjek yang cukup. Beberapa studi menunjukkan manfaat vitamin D tidak menemukan manfaat dalam mengurangi risiko kanker  dan lain-lain.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kadar tinggi vitamin D ( 40 ng / mL atau lebih ) dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker ( kanker pankreas dan esofagus ) .


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.