Minggu, 01 Februari 2015

Makanan Pantangan Asam Urat Dan Cara Mengobati Asam Urat Tinggi

Apa itu asam urat ? Kadar asam urat tinggi, atau hyperuricemia, adalah kelebihan asam urat dalam darah Anda. Asam urat diproduksi selama pemecahan purine, zat yang ditemukan dalam banyak makanan. Setelah diproduksi, asam urat dibawa dalam darah dan melewati ginjal Anda, di mana sebagian besar keluar dari tubuh Anda ketika Anda buang air kecil.

Gejala asam urat tinggi dapat mengakibatkan serangan encok, tetapi tidak semua orang yang memiliki gejala penyakit asam urat tinggi mengalami encok, dan tidak semua orang dengan encok memiliki tingkat asam urat tinggi, Bisa saja kadar asam urat normal mengalami encok.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab penyakit asam urat ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda tidak menghilangkan asam urat cukup cepat.

Akibat asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan encok semakin sering, atau mungkin tidak pernah menimbulkan gejala. Kadar asam urat tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal. Dan beberapa orang yang tidak memiliki nilai normal asam urat atau asam urat yang tinggi juga mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis, tapi itu sering tidak jelas apakah ini adalah penyebab langsung atau hanya tanda peringatan awal dari kondisi ini.

obat asam urat | penyebab asam urat | gejala asam urat

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tidak memiliki kadar normal asam urat dalam darah atau kadar asam urat tinggi meliputi:

- Obat diuretik
- Minum terlalu banyak alkohol
- Genetika (kecenderungan diwariskan)
- Hipotiroidisme (gangguan tiroid)
- Obat penekan kekebalan
- Niasin, atau vitamin B-3
- Kegemukan
- Psorias

Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan asam urat untuk melihat apakah Anda memiliki tingkat asam urat tinggi jika Anda mengalami serangan encok, meskipun Anda dapat mengalami serangan encok jika kadar asam urat Anda normal. Anda mungkin tidak memiliki gejala asam urat tinggi; itu sering ditemukan ketika dokter melakukan tes untuk kondisi lain.

Jika Anda khawatir bahwa salah satu obat alternatif asam urat Anda tidak dapat menurunkan asam urat, berbicaralah dengan dokter Anda. Sementara itu, terus minum obat asam urat Anda kecuali dokter Anda memberitahu Anda.

Faktor Resiko Asam Urat :

Faktor gaya hidup. Pilihan yang Anda buat dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Penggunaan alkohol berlebihan - umumnya lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan lebih dari satu untuk perempuan meningkatkan risiko penyakit asam urat.

Kondisi medis. Penyakit dan kondisi tertentu membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan mengembangkan gejala asam urat. Ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak di obati dan kondisi kronis seperti diabetes, tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah (hiperlipidemia), dan penyempitan pembuluh darah (arteriosclerosis).

Obat-obat tertentu. Penggunaan obat tertentu juga bisa meningkatkan kadar asam urat. Begitu juga penggunaan obat anti penolakan diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.

Riwayat keluarga dengan penyakit asam urat. Jika anggota lain dari keluarga Anda memiliki penyakit asam urat, Anda lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ini.

Usia dan jenis kelamin. Penyakit asam urat terjadi lebih sering pada pria daripada wanita, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah daripada pria. Setelah menopause, bagaimanapun, kadar asam urat wanita mendekati pria. Pria juga lebih mungkin untuk mengembangkan gejala asam urat sebelumnya - biasanya antara usia 40 sampai 50 tahun - sedangkan wanita umumnya mengembangkan tanda-tanda asam urat tinggi setelah menopause.

Penderita asam urat dapat mengembangkan kondisi yang lebih parah, seperti:
  • Gejala penyakit asam urat berulang. Beberapa orang mungkin pernah mengalami tanda tanda asam urat berkali-kali. Tetapi yang lain mungkin mengalami gejala asam urat beberapa kali setiap tahun. Obat-obatan tertentu seperti obat herbal asam urat dan obat asam urat alami atau obat tradisional asam urat dapat membantu mencegah asam urat terjadi pada orang dengan serangan asam urat berulang.
  • Penyakit asam urat lanjutan. Penyakit asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di bawah kulit pada bintil yang disebut tophi (TOE-fi). Tophi dapat berkembang di beberapa daerah seperti jari, tangan, kaki, siku atau di sepanjang bagian belakang pergelangan kaki Anda. Tophi biasanya tidak menyakitkan, tetapi dapat menjadi bengkak dan sakit selama serangan penyakit asam urat.
  • Batu ginjal. Kristal asam urat dapat mengumpul dalam saluran kemih penderita asam urat, menyebabkan batu ginjal. Obat dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

Tes untuk membantu mendiagnosis asam urat termasuk:
  • Tes cairan sendi. Dokter Anda menggunakan jarum untuk menarik cairan dari sendi yang terkena dampaknya. Ketika diperiksa di bawah mikroskop, cairan sendi Anda dapat menunjukan kristal asam urat.
  • Tes darah. Dokter mungkin merekomendasikan tes darah untuk mengukur tingkat asam urat dalam darah Anda. Meskipun hasil tes darah bisa keliru. Beberapa orang memiliki kadar asam urat yang tinggi, tetapi tidak pernah mengalami gejala asam urat. Dan beberapa orang memiliki ciri ciri asam urat, tetapi tidak memiliki tingkat tinggi dari asam urat dalam darah mereka.

Pengobatan Asam Urat

Pengobatan penyakit asam urat biasanya menggunakan obat-obatan. Dokter Anda memilih apa yang akan didasarkan pada kesehatan Anda saat ini dan preferensi Anda sendiri. Obat asam urat tradisional atau obat alami asam urat dapat digunakan untuk mengobati serangan akut dan mencegah serangan di masa depan serta mengurangi risiko komplikasi dari penyakit asam urat, seperti perkembangan tophi dari terbentuknya kristal asam urat.

Obat-obatan seperti obat asam urat herbal atau obat tradisional untuk asam urat yang paling terbukti, cara mengobati asam urat yang efektif. Namun, membuat perubahan tertentu untuk diet asam urat Anda juga dapat membantu.

Penelitian merekomendasikan mengikuti panduan berikut selama serangan penyakit asam urat :
  1. Minum 8 sampai 16 gelas (sekitar 2 sampai 4 liter) air setiap hari.
  2. Hindari minum alkohol, karena merupakan makanan pantangan asam urat.
  3. Makan sumber protein dalam jumlah sedang, sebaiknya dari sumber yang sehat, seperti susu rendah lemak atau bebas lemak, tahu, telur dan selai kacang.
  4. Batasi asupan harian dari daging, ikan dan unggas.

Jika perawatan asam urat tidak bekerja sebaik yang Anda harapkan, Anda mungkin tertarik untuk mencoba pendekatan alternatif. Sebelum mencoba perawatan semacam ini pada Anda sendiri, berbicaralah dengan dokter Anda - untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko dan mengetahui apakah pengobatan untuk asam urat dapat mengganggu obat asam urat Anda. Karena tidak ada banyak penelitian tentang terapi asam urat alternatif untuk mengobati asam urat, namun, dalam beberapa kasus risiko tidak diketahui.

Makanan untuk penderita asam urat telah dipelajari yang berpotensi untuk menurunkan kadar asam urat adalah sebagai berikut:
  • Kopi. Penelitian telah menemukan hubungan antara minum kopi biasa dan kopi tanpa kafein dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun tidak ada penelitian yang menunjukkan bagaimana atau mengapa kopi dapat memiliki efek seperti itu. Bukti yang ada tidak cukup untuk mendorong orang yang bukan peminum kopi untuk memulai minum kopi, tetapi dapat memberikan peneliti petunjuk cara-cara baru untuk mengobati asam urat di kemudian hari.
  • Vitamin C. Suplemen yang mengandung vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah Anda. Namun, vitamin C belum diteliti sebagai pengobatan untuk penyakit asam urat. Jangan berasumsi bahwa jika sedikit vitamin C baik untuk Anda, maka lebih banyak lebih baik. Dosis tinggi vitamin C dapat meningkatkan kadar asam urat tubuh Anda. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa dosis yang wajar dari vitamin C. Dan jangan lupa bahwa Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C dengan makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama buah jeruk.
  • Buah ceri. Ceri telah dikaitkan dengan rendahnya tingkat asam urat dalam studi penelitian, tetapi tidak jelas apakah buah ini memiliki efek terhadap tanda-tanda bahaya asam urat. Makan lebih banyak buah ceri dan buah-buahan lainnya berwarna gelap, seperti buah berry hitam, berry biru dan anggur hitam, dapat menjadi cara mengatasi asam urat yang aman untuk melengkapi pengobatan asam urat Anda, tetapi diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Pengobatan komplementer dan pengobatan alternatif lain dapat membantu Anda mengatasi sampai sakit asam urat Anda reda. Misalnya, teknik relaksasi, seperti latihan pernafasan dan meditasi, dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit.

Selama belum mengalami gejala, panduan diet ini dapat membantu melindungi Anda terhadap serangan penyakit asam urat di kemudian hari:
  • Menjaga asupan cairan atau air yang tinggi. Sekitar 8 sampai 16 gelas (sekitar 2 sampai 4 liter) air setiap hari. Membatasi berapa banyak minuman yang manis yang Anda minum.
  • Batasi atau menghindari minum alkohol. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah ada jumlah atau jenis alkohol yang aman untuk Anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir sangat mungkin meningkatkan risiko gejala asam urat, terutama pada pria.
  • Makan makanan diet seimbang. Diet harian Anda harus dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
  • Dapatkan protein dari produk susu rendah lemak. Produk susu rendah lemak sebenarnya memiliki efek perlindungan terhadap asamurat, jadi ini adalah sumber protein terbaik untuk Anda.
  • Batasi asupan daging, ikan dan unggas, karena merupakan makanan penyebab asam urat. Jumlah yang sedikit mungkin dapat ditoleransi, tetapi memperhatikan apa jenis dan berapa banyak karena tampaknya dapat menimbulkan masalah bagi Anda.
  • Menjaga berat badan yang diinginkan. Pilih cara yang memungkinkan Anda untuk menjaga berat badan yang sehat. Penurunan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Sebaiknya hindari penurunan berat badan yang cepat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.