Sabtu, 14 Februari 2015

Pengertian Askep Demensia Vaskular Dan Penyebabnya

Istilah demensia menggambarkan hilangnya kemampuan mental yang berhubungan dengan kematian bertahap sel-sel otak.

Demensia vaskular disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otak karena ada masalah dengan pembuluh darah yang memasok itu. Bagian dari otak menjadi rusak dan akhirnya mati karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

Namun, tidak seperti bentuk lain dari demensia, banyak kasus demensia vaskular dapat dicegah.

Tanda-tanda peringatan dini

Banyak kasus demensia vaskular mulai dengan tanda-tanda peringatan dini yang dapat diobati. Tahap awal ini dikenal sebagai 'gangguan kognitif vaskular'. Jika penyakit ini tertangkap pada tahap ini, kerusakan otak dapat dihentikan dan demensia vaskular dapat dicegah.

Orang dengan gangguan kognitif pembuluh darah mungkin mulai menunjukkan gejala demensia, seperti kelambatan berpikir, kesulitan dengan perencanaan, kehilangan memori, masalah dengan bahasa, dan suasana hati atau perubahan perilaku. Gejala ini menunjukkan bahwa beberapa kerusakan otak sudah terjadi dan harus segera diobati.

Jika Anda khawatir karena Anda pikir Anda sudah mulai menunjukkan beberapa tanda-tanda demensia vaskular, atau Anda berpikir seseorang yang Anda kenal memilikinya, carilah dokter.

Tanda-tanda demensia vaskular

Setelah gangguan kognitif pembuluh darah berkembang menjadi demensia vaskular, penyakit ini hanya bisa melambat, tidak berhenti. Pada tahap ini gejala demensia biasanya akan jauh lebih jelas, dan dapat diperburuk oleh depresi.

Gejala yang tepat akan tergantung pada area otak yang telah terpengaruh.

Pelajari lebih lanjut tentang gejala demensia vaskular dan tanda-tanda peringatan dini.

Apa penyebab demensia vaskular?

http://cara-ngatasi.blogspot.com/2014/02/pengertian-askep-demensia-vaskular-dan.html

Penyebab paling umum dari demensia vaskular adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah kecil jauh di dalam otak. Nama medis untuk ini adalah demensia vaskuler subkortikal, atau 'penyakit pembuluh kecil'.

Kebanyakan kasus hasil penyakit ini dari mewarisi gen tertentu dari orang tua Anda, sehingga sering terlihat berjalan dalam keluarga. Tekanan darah tinggi Persistent diduga berperan dan dapat memperburuk penyakit.

Karena pengaruh tekanan darah tinggi, demensia vaskular mungkin sebagian dapat dicegah. Mengatur tekanan darah tinggi, menurunkan kelebihan berat badan dan berhenti merokok dapat mengurangi resiko terkena penyakit, atau paling tidak memperlambat perkembangannya.

Siapa yang paling terpengaruh?

Demensia vaskular lebih umum pada laki-laki dan biasanya dimulai sebelum usia 75 tahun.
Hal ini juga lebih umum di antara orang Asia dan Karibia, mungkin karena kedua kelompok ini lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi.

Bagaimana penyakit ini didiagnosis?

Untuk mendiagnosa demensia vaskular atau tes untuk tanda-tanda peringatan awal, dokter biasanya akan:

-menilai gejala Anda
-mengambil riwayat lengkap medis Anda
-menilai kemampuan mental Anda
-memeriksa fisik Anda
-meninjau obat yang Anda pakai
-memesan berbagai tes, termasuk tes darah, untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari gejala Anda
-mengarahkan Anda untuk scan otak, jika perlu

Bagaimana penyakit ini perlakukan, dan apa yang prospek?

Jika gangguan kognitif vaskular tertangkap sebelum berkembang menjadi demensia, perubahan gaya hidup dan kontrol tekanan darah dapat mencegah kerusakan lebih ke otak dan yang penting, dapat mencegah demensia vaskular.

Perubahan gaya hidup yang direkomendasikan termasuk kehilangan berat badan berlebih, berhenti merokok dan makan sehat.

Setelah gangguan kognitif pembuluh darah berkembang menjadi demensia vaskular, penyakit ini hanya bisa melambat, tidak berhenti. Obat-obatan dapat membantu mengendalikan beberapa gejala.

Dukungan rehabilitasi seperti fisioterapi, terapi okupasi dan terapi wicara bertujuan untuk membantu orang mendapatkan kembali fungsi yang hilang, dan kegiatan demensia seperti 'memori kafe' dan beberapa terapi psikologis dapat membantu mengendalikan gejala.

Gejala biasanya terus memburuk selama bertahun-tahun. Kerusakan otak yang menyebabkan demensia vaskular adalah permanen dan secara signifikan akan mempersingkat hidup. Kebanyakan orang akan mati baik dari komplikasi demensia, seperti pneumonia, atau dari stroke.

Demensia mempengaruhi seluruh kehidupan orang yang mengalaminya, serta keluarga mereka. Jika Anda telah didiagnosis dengan penyakit demensia, atau Anda sedang merawat seseorang dengan kondisi ini, saran dan dukungan tersedia untuk membantu Anda.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.