Jumat, 06 Februari 2015

Pengertian Diabetes Dan Olahraga Untuk Mengobati Diabetes

Apa itu diabetes?, pengertian diabetes adalah suatu penyakit di mana kadar glukosa (gula) dalam darah lebih tinggi dari normal. Glukosa diproduksi oleh tubuh dari makanan yang Anda makan. Insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas, mengambil glukosa dari aliran darah dan membawanya ke dalam sel Anda di mana ia digunakan untuk energi. Penyakit diabetes terjadi ketika glukosa tidak masuk ke dalam sel dan sebaliknya menumpuk dalam darah.

Ketika kadar glukosa terlalu tinggi, mereka dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf, dan organ-organ lain di dalam tubuh. Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, gagal ginjal, dan amputasi.


Mengapa olahraga penting bagi penderita diabetes?

Aktivitas fisik seperti "lari pagi" merupakan salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Ketika Anda berolahraga, otot Anda menggunakan glukosa untuk energi. Hal ini akan mengurangi jumlah glukosa dalam darah Anda. Latihan juga membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin, yang berarti bahwa insulin dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik bergerak glukosa dari darah ke dalam sel Anda. Olahraga juga membantu meningkatkan masalah kondisi medis lainnya yang umum pada orang yang menderita penyakit diabetes, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.


Pengertian Diabetes adalah : Cara Mengobati Diabetes dengan olahraga

 Bagaimana Anda memulai dengan latihan rutin?

Sebelum Anda mulai latihan rutin, tim perawatan kesehatan Anda akan memeriksa jantung, mata, ginjal, kaki, dan sistem saraf untuk memastikan Anda cukup sehat untuk melakukan aktivitas fisik. Beberapa jenis kegiatan mungkin tidak tepat untuk Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki masalah dengan saraf di kaki Anda, dokter akan menyarankan jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan pada kaki Anda. Pilih jenis olahraga yang Anda suka sehingga Anda lebih menikmati. Tanyakan kepada dokter apakah  latihan yang Anda pilih adalah yang baik untuk Anda.

Ketika Anda mulai berolahraga, mulailah secara perlahan sehingga tubuh Anda bisa digunakan untuk itu. Mulailah dengan 5 sampai 10 menit berjalan di luar ruangan atau di tempat yang anda sukai beberapa hari dalam seminggu, dan kemudian secara bertahap tambahkan beberapa menit berjalan setiap minggu. Para ahli merekomendasikan melakukan setidaknya 2 ½ jam seminggu latihan aerobik, seperti jalan cepat, berenang, bersepeda, atau menari.

Cobalah tambahkan pelatihan resistensi terhadap latihan rutin Anda dua atau tiga kali seminggu. Menggunakan alat atau mesin untuk membantu anda melakukan latihan dapat membangun otot, membakar lebih banyak kalori, dan membantu mengontrol glukosa darah.


Apa yang harus Anda ketahui tentang obat diabetes dan berolahraga?

Anda harus memeriksa kadar glukosa darah sebelum dan setelah latihan, terutama jika Anda menggunakan insulin atau obat oral untuk menurunkan glukosa darah. Latihan mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap insulin dan ini bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ini adalah kondisi serius tapi dengan pengawasan yang tepat, Anda dapat menghindarinya. Jika Anda takut dengan kondisi ini seharusnya tidak membuat Anda berhenti berolahraga.

Karena olahraga dapat menurunkan glukosa darah, beberapa dosis obat diabetes mungkin perlu disesuaikan ketika Anda berolahraga.


Pertanyaan untuk meminta dokter Anda
  • Apa jenis latihan yang terbaik untuk saya?
  • Apakah saya perlu menyesuaikan obat-obatan diabetes ketika saya berolahraga?
  • Kapan saya harus menghindari olahraga?
  • Haruskah saya ke endokrinologi untuk perawatan diabetes saya?
  • Haruskah saya mencari seorang ahli diabetes?

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.