Rabu, 04 Februari 2015

Pengertian Obesitas Dan Penyebab Obesitas ( Kegemukan )

Pengertian obesitas adalah masalah medis kronis (jangka panjang) yang memiliki terlalu banyak lemak tubuh. Penyedia layanan kesehatan mendiagnosa obesitas menggunakan nomor yang disebut indeks massa tubuh. Indeks massa tubuh Anda dihitung dari ketinggian Anda saat ini dan berat badan Anda.

Bagi kebanyakan orang, semakin tinggi indeks massa tubuh mereka, semakin banyak lemak tubuh yang mereka miliki. Beberapa binaragawan dan atlet memiliki indeks massa tubuh yang tinggi, tetapi mereka memiliki massa otot lebih dari rata-rata dan tidak dianggap sebagai obesitas.


Mengapa obesitas menjadi perhatian?

kelebihan berat badan dan obesitas dapat membuatnya lebih besar kemungkinan akan mengalami komplikasi yang serius. Masalah ini termasuk penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, kolesterol tinggi, asam urat, dan berbagai jenis kanker. Obesitas c bahkan meningkatkan risiko kematian. Obesitas juga dapat membuat banyak masalah medis lainnya yang lebih sulit untuk diobati.


Berat Status Indeks Massa Tubuh
Di bawah 18,5    =    Rendah
18,5 – 24,9        =     Normal
25.0 – 29,9        =     Kelebihan berat badan
30.0 dan di atas  =    Obesitas


Pengertian Obesitas Dan Penyebab Obesitas , Kegemukan


Apa penyebab obesitas ?



Obesitas sangat kompleks dan tidak hanya masalah sederhana dari kemauan atau pengendalian diri. Secara umum, itu hasil dari kombinasi dari makan terlalu banyak, mendapatkan aktivitas fisik terlalu sedikit, dan genetika. Kegemukan atau obesitas terjadi seketika, dari waktu ke waktu, tubuh membutuhkan lebih banyak kalori. Namun, beberapa orang mendapatkan berat badan lebih mudah daripada yang lain.

Penyebab lain dari obesitas adalah ketidakseimbangan hormon, seperti pada hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) atau sindrom Cushing. Meskipun ini jarang terjadi.

Beberapa obat dapat menyebabkan kenaikan berat badan, seperti yang digunakan untuk mengobati diabetes, penyakit kejiwaan, gangguan neurologis, atau kondisi peradangan. Dokter Anda mungkin dapat menyarankan obat yang berbeda yang tidak berpengaruh pada berat badan.

Pemahaman kita tentang obesitas ini berkembang pesat. Sebagai contoh, banyak orang sekarang tahu bahwa sel-sel lemak, saluran pencernaan, dan otak menghasilkan berbagai hormon yang memainkan peran penting dalam seberapa banyak Anda makan, berapa banyak energi (kalori) yang Anda habiskan, dan berapa banyak Anda akan menjadi berat.


Bagaimana obesitas diobati?

Tidak ada solusi sederhana atau pil untuk menyembuhkan obesitas. Namun, ada pengobatan yang efektif untuk membantu mengontrolnya. Obesitas memerlukan pendekatan jangka panjang yang menggabungkan diet, peningkatan aktivitas, dan perubahan gaya hidup. Beberapa pasien gemuk juga dapat mendapatkan manfaat dari obat penurun berat badan atau bahkan operasi bariatrik.

Beberapa orang dengan masalah kesehatan seperti diabetes mungkin perlu berada di bawah perawatan dokter sementara mereka menurunkan berat badan. Mereka juga mungkin perlu pemeriksaan fisik sebelum mereka mulai aktivitas fisik. Ahli endokrin, yang merupakan spesialis hormon dan metabolisme, dapat membantu menentukan penyebab obesitas dan komplikasi yang mungkin terjadi. Mereka juga dapat mengarahkan bagaimana Anda harus diperlakukan dan memantau obat Anda.

Jangan mengharapkan hasil yang memuaskan dalam sehari semalam dengan rencana penurunan berat badan Anda. Tidak ada perbaikan yang cepat. Penurunan berat badan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulai menurunkan 5 sampai 10 persen dari berat badan Anda. Untuk menjaga berat badan, Anda perlu untuk membuat perubahan dalam makanan dan aktivitas fisik pada bagian dari rutinitas Anda selama sisa hidup Anda.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.