Selasa, 10 Februari 2015

Pengertian Disuria Adalah ?

Pengertian disuria adalah rasa nyeri atau sakit saat buang air kecil, biasanya dirasakan di tabung yang membawa urin keluar dari kandung kemih (uretra) atau daerah sekitar alat kelamin Anda (perineum). Siapa pun pernah mengalami sakit saat buang air kecil. sakit saat buang air kecil adalah gejala yang paling umum dari infeksi saluran kemih, terutama pada wanita. Pada pria, infeksi saluran kemih kurang umum, sehingga buang air kecil terasa sakit ini paling sering disebabkan oleh uretritis dan kondisi prostat tertentu.

Penyebab Disuria

Penyakit disuria disebabkan oleh sejumlah kondisi dan zat tertentu, termasuk:
-Kencing batu
-Klamidia
-Sistitis (infeksi kandung kemih)
-Obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan kanker, yang memiliki iritasi kandung kemih sebagai efek samping
-Genital herpes
-Gonore
-Bahan-bahan dalam produk perawatan pribadi, seperti sabun atau parfum
-Infeksi ginjal
-Batu ginjal
-rostatitis (radang prostat)
-Penyakit menular seksual
-Vaginitis (infeksi vagina)
-Urethritis (infeksi saluran kencing)
-Infeksi saluran kemih
-Infeksi jamur (vagina)

Pengertian Disuria Adalah sakit saat buang air kecil

Penyebab umum Disuria Pada Pria

Setiap sumber iritasi atau peradangan pada saluran kemih terutama kandung kemih, prostat atau uretra, dapat menyebabkan disuria. Disuria sering dikaitkan dengan gejala berkemih iritasi lainnya, seperti urgensi, frekuensi dan nokturia, tapi penyebab paling umum adalah infeksi saluran kemih. Stasis urin yang dihasilkan dari obstruksi uretra membuat BPH (benign prostatic hyperplasia) faktor predisposisi yang sangat umum untuk infeksi saluran kemih. Penyebab paling umum dari infeksi saluran kemih berulang pada pria adalah prostatitis. Bakteri kronis Selain itu, karena usia pria, obstruksi kemih dapat menyebabkan perubahan sesuai kandung kemih yang mengakibatkan kedua gejala obstruktif dan gejala iritasi meningkat, termasuk disuria.

Disuria disebabkan oleh infeksi sekitar 60 persen. Semua bagian dari saluran kemih rentan terhadap infeksi, meskipun organisme penyebabnya bervariasi oleh situs. Berongga atau tubung, struktur dalam sistem kemih, seperti ginjal, pelvis ginjal, kandung kemih, prostat dan epididimis, yang paling rentan terhadap infeksi oleh bakteri coliform. Bakteri ini diyakini mendapatkan akses pada meatus uretra (melalui hubungan atau kontaminasi lokal) dan kemudian naik ke organ yang terkena.

Pada pria dengan kelainan anatomi atau fungsi kemih cenderung memiliki infeksi yang lebih tidak biasa, kambuh atau persisten dengan organisme seperti Proteus, Klebsiella atau Enterobacter spesies. Contoh kelainan saluran kemih meliputi kandung kemih divertikula, kista ginjal, striktur uretra, BPH dan kandung kemih neurogenik akibat multiple sclerosis, diabetes, stroke atau cedera tulang belakang. Jarang, penyebaran bakteri hematogen pada ginjal dapat menyebabkan pielonefritis dan disuria pada berikutnya.

Penyakit disuria bisa menjadi gejala awal dari perubahan iritasi yang disebabkan oleh karsinoma dari kandung kemih. Secara khusus, kanker kandung kemih harus dipertimbangkan ketika seorang perokok laki-laki datang dengan penyakit disuria. Karsinoma uretra jarang terjadi dan jarang menyebabkan disuria. Keganasan lain seperti kanker sel ginjal (hipernefroma), dapat menimbulkan peradangan urothelial cukup untuk menginduksi disuria.

Eksisi bedah biasanya digunakan untuk mengobati kanker urothelial (yaitu, kanker yang timbul dari lapisan ureter, kandung kemih atau uretra), baik oleh fulguration melalui pendekatan transurethral atau dengan operasi yang lebih luas seperti kistektomi. Radiasi sering digunakan sebagai terapi augmentatif.

Pada kebanyakan pria, evaluasi diagnostik disuria akan hanya membutuhkan tiga langkah: riwayat, terfokus pada pemeriksaan fisik dan urin. Tes-tes lain kadang-kadang diperlukan untuk lebih mendefinisikan dan mengelola disuria.  

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.