Minggu, 08 Februari 2015

Pengobatan Gejala Penyakit Diabetes Selama Kehamilan

Kebanyakan wanita yang mengalami gejala diabetes, bisa memperoleh kehamilan dan persalinan yang aman jika mereka rutin kontrol gula darah (glukosa) sebelum hamil. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, sangat penting untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang baik sebelum dan selama kehamilan. Wanita dengan diabetes gestational juga perlu perawatan khusus selama kehamilan. Ini adalah jenis diabetes sementara yang dapat terjadi selama kehamilan.

Panduan ini untuk pasien berasal dari pedoman praktek klinis Endocrine Society tahun 2013 untuk dokter tentang perawatan ibu hamil dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan gestational.


Masalah apa yang dapat terjadi pada wanita hamil yang diabetesnya tidak terkontrol dengan baik?

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi Anda dan bayi Anda yang belum lahir. Wanita hamil yang mempunyai gula darah tinggi lebih cenderung::
  1. Memiliki bayi dengan lahir cacat, jika gula darah tidak terkendali selama dua bulan pertama kehamilan (pada wanita yang mempunyai diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2)
  2. Mengalami keguguran atau bayi lahir mati (pada wanita dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2)
  3. Mengalami tekanan darah tinggi
  4. Melahirkan terlalu dini - memiliki bayi prematur
  5. Membutuhkan bantuan operasi caisar atau kelahiran yang sulit, karena gula darah tinggi dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar dalam rahim

Rutin kontrol gula darah dapat membantu Anda menghindari masalah ini. Bayi yang baru lahir dari seorang wanita dengan diabetes juga dapat mengalami gula darah rendah sementara (hipoglikemia) dalam beberapa hari setelah lahir.

Pengobatan Gejala Penyakit Diabetes Selama Kehamilan


Bagaimana seharusnya Anda berencana untuk hamil jika Anda memiliki diabetes?

Jika Anda memiliki diabetes dan ingin memiliki bayi, dapatkan pemeriksaan sebelum Anda hamil. Idealnya, pasangan Anda harus kompak dengan Anda, dan Anda harus ke penyedia layanan kesehatan yang meliputi spesialis diabetes, pendidik diabetes, ahli gizi, dan seorang dokter kandungan.

Pada kunjungan ini, tim perawatan kesehatan akan memberitahu Anda di kisaran apa gula darah Anda, serta hemoglobin A1C Anda. Tes ini menunjukkan kadar gula darah rata-rata selama beberapa bulan terakhir. Para penyedia layanan kesehatan juga akan membahas apakah Anda harus mengubah pengobatan diabetes. Jika Anda menerima terapi insulin, yang terbaik adalah menggunakan pompa insulin atau beberapa suntikan insulin setiap hari. Insulin pra-campuran kurang bisa membantu Anda mempertahankan kisaran target gula darah Anda.

Anda juga akan belajar apa yang harus Anda lakukan sebelum kehamilan yang memiliki peluang terbaik untuk memperoleh bayi yang sehat. Para ahli merekomendasikan sebagai berikut:
  • Menggunakan suplemen asam folat setiap hari. Vitamin ini membantu menurunkan risiko melahirkan bayi dengan cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Ambil dosis 5 miligram (mg) per hari (atau apa pun yang dokter sarankan) mulai tiga bulan sebelum Anda mencoba untuk hamil.
  • Dapatkan pemeriksaan mata. Kunjungi dokter mata untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyakit mata diabetes (retinopati). Jika Anda melakukannya, dokter Anda mungkin ingin Anda mendapatkan perawatan sebelum Anda mencoba untuk hamil karena penyakit mata ini bisa menjadi lebih buruk selama kehamilan.
  • Mengontrol tekanan darah Anda. Tekanan darah Anda harus normal - di bawah 130/80 mm Hg.
  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan masalah selama kehamilan.
  • Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda harus berhenti menggunakan obat atau perubahan obat yang berbeda. Obat-obat tertentu mungkin tidak aman bagi bayi yang belum lahir.


Apa tes lain yang mungkin dokter tawarkan?

Masalah kesehatan lainnya dapat mempengaruhi Anda dan bayi yang ada di kandungan Anda. Dokter Anda biasanya ingin Anda mencoba tes untuk mencari masalah ini:
  • Tes fungsi tiroid. Diabetes tipe 1 meningkatkan risiko tiroid kurang aktif (hipotiroidisme) atau tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme). Penyakit tiroid dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi Anda. Hipertiroidisme yang tidak diobati dapat meningkatkan kemungkinan keguguran atau kelahiran bayi prematur.
  •  Tes skrining untuk tes penyumbatan pembuluh darah. Kehamilan dapat menekan jantung Anda, dan diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda memiliki faktor risiko untuk penyakit jantung, dokter Anda biasanya ingin Anda mencoba tes skrining untuk penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Pada penyakit jantung biasanya perlu perawatan sebelum Anda dapat mempertimbangkan untuk hamil.
Jika Anda memiliki diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya, Anda harus diuji diabetesnya sebelum Anda hamil lagi. Wanita yang pernah mengalami diabetes gestasional memiliki kemungkinan 35-60 persen terkena diabetes dalam 10 sampai 20 tahun ke depan.


Apa perawatan yang Anda butuhkan selama kehamilan?

Glukosa darah. Saat hamil, Anda perlu lebih sering memeriksa gula darah Anda daripada sebelum Anda hamil. Periksalah gula darah Anda sesering dokter anjurkan. Anda harus periksa sebelum makan, satu atau dua jam setelah makan, sebelum tidur, dan pada malam hari.

Tanyakan kepada dokter berapa nomor glukosa darah Anda seharusnya. Kebanyakan wanita hamil yang memiliki penyakit diabetes harus meningkatkan gula darah ini selama tidak menimbulkan gula darah rendah:

-Sebelum makanan (glukosa darah puasa)
-Satu jam setelah dimulainya makan: 140 mg / dL atau kurang
-Dua jam setelah dimulainya makan: 120 mg / dL atau kurang

Insulin. Jika Anda sudah menggunakan pompa insulin sebelum hamil, Anda harus tetap menggunakannya. Anda mungkin tidak harus memulai menggunakan pompa insulin untuk pertama kalinya selama kehamilan. Tapi kalau jenis lain dari perawatan insulin tidak mengontrol gula darah Anda, dokter Anda mungkin ingin Anda beralih ke pompa insulin.

Terapi nutrisi medis. Anda akan ditangani oleh seorang ahli gizi untuk terapi gizi. Rencana makan yang sehat, disesuaikan dengan Anda, membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dan mendapatkan jumlah berat badan yang tepat, sekaligus mengontrol gula darah Anda. Ahli gizi akan menyarankan Anda membatasi karbohidrat, (misalnya, kentang, roti dan buah) yang Anda makan. Ahli gizi juga akan menyarankan seberapa sering Anda makan dan berapa banyak kalori yang Anda makan sehari.

Vitamin. Dokter Anda biasanya akan menurunkan dosis asam folat yang Anda gunakan setelah Anda menyelesaikan trimester pertama kehamilan (minggu ke12). Paling sering, dosis yang dianjurkan untuk asam folat adalah 0,4 mg (400 mikrogram) sampai 1 mg per hari dari sisa hari kehamilan dan sampai Anda berhenti menyusui. Tanyakan kepada dokter apa vitamin prenatal lain yang Anda butuhkan.


Apakah Anda akan mampu menyusui bayi?

Wanita yang memiliki penyakit diabetes dianjurkan untuk menyusui bayi mereka. Menyusui dapat menurunkan risiko bayi Anda pada obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Wanita dengan diabetes gestasional memiliki kemungkinan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2, dengan menyusui tampaknya menurunkan risiko itu. Hal ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang Anda alami selama kehamilan.


Apa yang dapat dilakukan untuk mendorong Anda memiliki bayi yang sehat?

Anda dapat membantu memastikan kesehatan bayi Anda dan kesehatan Anda sendiri. Serahkan kepada dokter kandungan dan spesialis diabetes untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Minum obat diabetes sesuai yang diresepkan dan menjaga gula darah Anda dalam kisaran normal. Ikuti rencana makan yang sehat yang Anda buat dengan tim perawatan kesehatan Anda. Juga, aktif secara fisik. Tanyakan kepada dokter apa jenis kegiatan yang terbaik bagi Anda.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan perencanaan yang matang, perawatan medis yang tepat, dan perawatan diri yang baik, Anda dapat memperoleh kehamilan yang aman dan bayi yang sehat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.