Rabu, 18 Februari 2015

Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Sakit punggung adalah keluhan yang umum. Kebanyakan orang akan mengalami nyeri pinggang setidaknya beberapa kali selama hidup mereka. Sakit punggung adalah salah satu alasan paling umum orang pergi ke dokter atau kehilangan pekerjaan.

Pada sisi terang, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengurangi nyeri punggung yang berkelanjutan. Jika pencegahan gagal, perawatan di rumah dengan cara yang sederhana dan tepat akan sering menyembuhkan sakit punggung Anda dalam beberapa minggu dan tetap fungsional untuk jangka panjang. Pembedahan jarang diperlukan untuk mengobati sakit punggung.

Gejala sakit punggung biasanya termasuk:

     Nyeri otot
     Sakit yang terasa menusuk
     Nyeri yang menjalar ke bawah kaki Anda
     Fleksibilitas yang terbatas atau rentang gerak belakang
     Ketidakmampuan untuk berdiri tegak

Kebanyakan nyeri punggung secara bertahap membaik dengan pengobatan di rumah dan perawatan diri. Meskipun rasa sakit biasanya memakan waktu beberapa minggu untuk benar-benar menghilang, Anda akan melihat beberapa perbaikan dalam 72 jam pertama perawatan diri. Jika tidak, pergilah ke dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, nyeri punggung bisa menandakan masalah medis yang serius. Carilah perawatan segera jika sakit punggung Anda:
Menyebabkan masalah pada kandung kemih atau usus yang baru.

Dikaitkan dengan rasa sakit atau berdenyut (pulsasi) di perut, atau demam.
Akibat terjatuh, pukulan ke punggung atau cedera lain.


Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Hubungi dokter jika sakit punggung Anda:

1. Konstan atau intens, terutama pada malam hari atau ketika Anda berbaring
2. Menyebar ke bawah salah satu atau kedua kaki, terutama jika rasa sakit meluas di bawah lutut
3. Menyebabkan kelemahan, mati rasa atau kesemutan di satu atau kedua kaki
4. Disertai dengan penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya
5. Terjadinya pembengkakan atau kemerahan di punggung Anda

Hubungi dokter juga jika Anda mulai mengalami sakit punggung untuk pertama kalinya setelah usia 50 tahun, atau jika Anda memiliki riwayat penyakit kanker, osteoporosis, penggunaan steroid dan obat-obatan atau alkohol.

Nyeri punggung sering berkembang tanpa penyebab spesifik yang dapat diidentifikasi oleh dokter dengan tes atau studi pencitraan. Kondisi yang sering dikaitkan dengan nyeri punggung antara lain:

  • Ketegangan otot atau ligamen. Berulang kali mengangkat berat atau gerakan canggung tiba-tiba mungkin ketegangan otot punggung dan ligamen tulang belakang. Jika Anda berada di kondisi fisik yang buruk, ketegangan konstan pada punggung Anda dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.
  • Arthritis. Osteoarthritis dapat mempengaruhi punggung bawah. Dalam beberapa kasus, arthritis pada tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang, suatu kondisi yang disebut stenosis tulang belakang.
  • Penyimpangan Skeletal . Nyeri punggung dapat terjadi jika kurva tulang belakang Anda abnormal. Scoliosis, suatu kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping, juga dapat menyebabkan nyeri punggung, tetapi umumnya hanya jika scoliosis yang cukup parah.
  • Osteoporosis . Fraktur kompresi vertebra tulang belakang dapat terjadi jika tulang menjadi keropos dan rapuh.

Siapapun dapat mengalami sakit punggung, bahkan pada anak-anak dan remaja. Meskipun berat badan berlebih, kurang olahraga dan mengangkat berat yang berlebihan sering mengakibatkan sakit punggung, penelitian mengetahui faktor-faktor risiko yang mungkin belum memberikan jawaban yang jelas.

Sekelompok orang yang tampaknya memiliki risiko lebih besar sakit punggung adalah orang-orang yang mengalami masalah psikologis tertentu, seperti depresi dan kecemasan, meskipun alasan mengapa ada peningkatan risiko tidak diketahui.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara?

Anda bisa mendapatkan manfaat dari penerapan panas, seperti dengan bantal pemanas atau mandi air hangat, dalam jangka waktu yang singkat untuk meningkatkan aliran darah ke punggung yang sakit tersebut dan mengendurkan otot-otot. Hati-hati jangan tidur dengan bantal pemanas, karena hal ini dapat menyebabkan luka bakar. Penerapan dingin dengan es atau gel pack dingin juga dapat kembali nyeri. Pilih mana - panas atau dingin - yang akan memberi Anda bantuan paling lega.

Cobalah untuk tetap melakukan kegiatan normal Anda sebanyak mungkin, kecuali jika pekerjaan Anda biasanya memerlukan angkat yang berat. Jika kegiatan itu meningkatkan rasa sakit punggung Anda, berhentilah melakukan kegiatan itu.

Tes dan diagnosis

Pemeriksaan diagnostik biasanya tidak diperlukan untuk mengkonfirmasi penyebab sakit punggung Anda. Namun, jika Anda ke dokter karena sakit punggung, ia akan memeriksa kembali dan menilai kemampuan Anda untuk duduk, berdiri, berjalan dan mengangkat kaki Anda. Dokter  mungkin juga menguji refleks Anda dengan palu karet refleks .

Penilaian ini membantu menentukan mana rasa sakit berasal, seberapa banyak Anda dapat bergerak sebelum rasa sakit memaksa Anda untuk berhenti, dan apakah Anda memiliki kejang otot. Mereka juga akan membantu menyingkirkan penyebab sakit punggung Anda yang lebih serius.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.