Senin, 16 Februari 2015

Tentang Gangguan Bipolar : Apakah Penyakit Bipolar Adalah Gangguan Jiwa?

Gangguan bipolar biasanya disebut gangguan manic-depressive. Bipolar adalah perubahan suasana hati yang berkisar dari posisi terendah dari depresi ke tertinggi mania. Ketika Anda menjadi depresi, Anda mungkin merasa sedih atau putus asa dan kehilangan minat atau kesenangan dalam sebagian besar kegiatan. Ketika suasana hati Anda bergeser ke arah lain, Anda mungkin merasa gembira dan penuh energi. Pergeseran suasana hati dapat terjadi hanya beberapa kali dalam setahun, atau sesering beberapa kali sehari. Dalam beberapa kasus, gangguan bipolar menyebabkan gejala depresi dan mania pada saat yang sama.

Meskipun gangguan bipolar adalah kondisi jangka panjang yang mengganggu, Anda dapat menjaga suasana hati Anda di cek dengan mengikuti rencana pengobatan. Dalam kebanyakan kasus, gangguan bipolar dapat dikontrol dengan obat-obatan dan konseling psikologis (psikoterapi).

Gangguan bipolar dibagi menjadi beberapa subtipe. Masing-masing memiliki pola yang berbeda dari gejala. Jenis gangguan bipolar meliputi:

     Gangguan bipolar. Perubahan suasana hati dengan bipolar I menyebabkan kesulitan yang signifikan dalam pekerjaan, sekolah, atau hubungan. Episode manik dapat parah dan berbahaya.
     Gangguan bipolar II. Bipolar II kurang parah daripada bipolar I. Anda mungkin memiliki suasana hati yang tinggi, mudah marah dan beberapa perubahan dalam fungsi Anda, tetapi pada umumnya Anda dapat melanjutkan dengan rutinitas sehari-hari normal Anda. Alih-alih full-blown mania, Anda memiliki hypomania - bentuk yang kurang parah mania. Dalam bipolar II, periode depresi biasanya berlangsung lebih lama dari periode hypomania.
     Gangguan cyclothymic. Gangguan cyclothymic, juga dikenal sebagai cyclothymia, adalah bentuk ringan dari gangguan bipolar. Dengan cyclothymia, hypomania dan depresi dapat mengganggu, tetapi tertinggi dan terendah tidak separah mereka dengan jenis lain dari gangguan bipolar.

Gejala-gejala yang tepat dari gangguan bipolar bervariasi dari orang ke orang. Untuk beberapa orang, depresi menyebabkan sebagian besar masalah, karena orang lain, gejala manik adalah perhatian utama. Gejala depresi dan gejala mania atau hypomania juga dapat terjadi bersama-sama. Hal ini dikenal sebagai episode campuran.
Fase manik dari gangguan bipolar

Tanda dan gejala dari fase manik atau hypomanic gangguan bipolar dapat mencakup:

     Euphoria
     Meningkat harga diri
     penilaian buruk
     pidato yang cepat
     Racing pikiran
     perilaku agresif
     Agitasi atau iritasi
     Peningkatan aktivitas fisik
     perilaku berisiko
     Sprees belanja atau pilihan keuangan tidak bijaksana
     Peningkatan dorongan untuk melakukan atau mencapai tujuan
     Peningkatan gairah seks
     Penurunan kebutuhan untuk tidur
     mudah terganggu
     Penggunaan ceroboh atau berbahaya obat atau alkohol
     Sering absen dari pekerjaan atau sekolah
     Delusi atau istirahat dari kenyataan (psikosis)
     Kinerja yang buruk di tempat kerja atau sekolah

Fase depresi gangguan bipolar

Tanda dan gejala dari fase depresi gangguan bipolar dapat mencakup:

     kesedihan
     keadaan putus asa
     Pikiran atau perilaku bunuh diri
     kegelisahan
     kesalahan
     masalah tidur
     Nafsu makan rendah atau nafsu makan meningkat
     kelelahan
     Kehilangan minat dalam kegiatan pernah dianggap menyenangkan
     masalah berkonsentrasi
     sifat lekas marah
     Nyeri kronis tanpa diketahui penyebabnya
     Sering absen dari pekerjaan atau sekolah
     Kinerja yang buruk di tempat kerja atau sekolah

Tanda dan gejala gangguan bipolar lainnya
Tanda dan gejala gangguan bipolar juga dapat mencakup :

    Perubahan musiman dalam suasana hati . Seperti dengan gangguan afektif musiman ( SAD ) , beberapa orang dengan gangguan bipolar memiliki suasana hati yang berubah dengan musim . Beberapa orang menjadi manik atau hypomanic pada musim semi atau musim panas dan kemudian menjadi depresi pada musim gugur atau musim dingin . Bagi orang lain , siklus ini dibalik - mereka menjadi tertekan pada musim semi atau musim panas dan manik atau hypomanic pada musim gugur atau musim dingin .
    Bersepeda gangguan bipolar cepat . Beberapa orang dengan gangguan bipolar memiliki pergeseran suasana hati yang cepat . Ini didefinisikan sebagai memiliki empat atau lebih perubahan mood dalam satu tahun . Namun, pada beberapa orang pergeseran suasana hati terjadi lebih cepat , kadang-kadang dalam beberapa jam .
    Psikosis . Episode parah baik mania atau depresi dapat menyebabkan psikosis , sebuah detasemen dari realitas . Gejala psikosis mungkin termasuk palsu tapi dipegang teguh keyakinan ( delusi ) dan mendengar atau melihat hal-hal yang tidak ada ( halusinasi ) .

Gejala pada anak-anak dan remaja
Alih-alih jelas depresi dan mania atau hypomania, tanda-tanda yang paling menonjol dari gangguan bipolar pada anak dan remaja dapat mencakup temperamen meledak-ledak, pergeseran suasana hati yang cepat, perilaku sembrono dan agresi. Dalam beberapa kasus, pergeseran ini terjadi dalam hitungan jam atau kurang - misalnya, seorang anak mungkin memiliki periode intens pusing dan kekonyolan, serangan panjang menangis dan amarah meledak semua dalam satu hari.
Ketika ke dokter

Jika Anda memiliki gejala depresi atau mania, dokter atau penyedia layanan kesehatan mental. Gangguan bipolar tidak mendapatkan lebih baik sendiri. Mendapatkan perawatan dari penyedia kesehatan mental dengan pengalaman dalam gangguan bipolar dapat membantu Anda mendapatkan gejala-gejala Anda di bawah kendali.

Banyak orang dengan gangguan bipolar tidak mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan. Meskipun ekstrem suasana hati, orang dengan gangguan bipolar sering tidak menyadari berapa banyak ketidakstabilan emosional mereka mengganggu kehidupan mereka dan kehidupan orang yang mereka cintai. Dan jika Anda seperti beberapa orang dengan gangguan bipolar, Anda dapat menikmati perasaan euforia dan siklus menjadi lebih produktif. Namun, euforia ini selalu diikuti oleh kecelakaan emosional yang bisa membuat Anda tertekan, lelah - dan mungkin dalam keuangan, hukum atau hubungan masalah.

Jika Anda enggan untuk mencari pengobatan, curhat seorang teman atau orang yang dicintai, ahli kesehatan, seorang pemimpin agama atau orang lain yang Anda percaya. Mereka mungkin dapat membantu Anda mengambil langkah pertama untuk pengobatan yang berhasil.

Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri

Pikiran dan perilaku bunuh diri adalah umum di antara orang dengan gangguan bipolar. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki pikiran untuk bunuh diri, mendapatkan bantuan segera. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

     Hubungi anggota keluarga atau teman.
     Mencari bantuan dari dokter, penyedia kesehatan mental atau profesional kesehatan lainnya.
     Hubungi bunuh diri nomor hot line - di Amerika Serikat, Anda dapat mencapai bebas pulsa, 24 jam hot line dari National Suicide Prevention Lifeline di 800-273-8255 untuk berbicara dengan konselor terlatih.
     Hubungi menteri, pemimpin spiritual atau seseorang dalam komunitas iman Anda.

Ketika untuk mendapatkan bantuan darurat

Jika Anda berpikir Anda mungkin menyakiti diri sendiri atau mencoba bunuh diri, hubungi nomor darurat  segera. Jika Anda memiliki orang yang dicintai yang telah melukai dirinya sendiri, atau serius mempertimbangkan melakukannya, pastikan seseorang tetap dengan orang itu. Bawa dia ke rumah sakit atau memanggil bantuan darurat.

Penyebab pasti gangguan bipolar tidak diketahui, tetapi beberapa faktor tampaknya terlibat dalam menyebabkan dan memicu episode bipolar:

     Perbedaan biologis. Orang dengan gangguan bipolar tampaknya memiliki perubahan fisik di otak mereka. Arti penting dari perubahan ini masih belum pasti tapi akhirnya dapat membantu menentukan penyebab.
     Neurotransmitter. Ketidakseimbangan dalam alami kimia otak yang disebut neurotransmiter tampaknya memainkan peran penting dalam gangguan bipolar dan gangguan suasana hati lainnya.
     Hormon. Hormon tidak seimbang mungkin terlibat dalam menyebabkan atau memicu gangguan bipolar.
     Sifat terwariskan. Gangguan bipolar lebih sering terjadi pada orang yang memiliki hubungan darah (seperti saudara kandung atau orang tua) dengan kondisi. Para peneliti sedang mencoba untuk menemukan gen yang mungkin terlibat dalam menyebabkan gangguan bipolar.
     Lingkungan. Stres, penyalahgunaan, kerugian yang signifikan atau pengalaman traumatis lainnya mungkin memainkan peran dalam gangguan bipolar.
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan gangguan bipolar meliputi:

     Memiliki kerabat darah seperti orang tua atau saudara dengan gangguan bipolar
     Periode stres yang tinggi
     Penyalahgunaan obat atau alkohol
     Perubahan besar dalam hidup, seperti kematian orang yang dicintai
     Berada di 20-an awal Anda

Kondisi itu biasanya terjadi dengan gangguan bipolar
Jika Anda memiliki gangguan bipolar, Anda juga mungkin memiliki kondisi kesehatan lain yang didiagnosis sebelum atau setelah diagnosis Anda gangguan bipolar. Kondisi tersebut harus didiagnosis dan diobati karena dapat memperburuk gangguan bipolar yang ada. Mereka termasuk:

Gangguan kecemasan. Contohnya termasuk gangguan stress pasca-trauma (PTSD), fobia sosial dan gangguan kecemasan umum.
     Gangguan attention-deficit/hyperactivity (ADHD). ADHD memiliki gejala yang tumpang tindih dengan gangguan bipolar. Untuk alasan ini, gangguan bipolar bisa sulit untuk membedakan dari ADHD. Kadang-kadang keliru untuk lainnya. Dalam beberapa kasus, seseorang dapat didiagnosis dengan kedua kondisi.
     Ketergantungan atau penyalahgunaan zat. Banyak orang dengan gangguan bipolar juga memiliki alkohol, tembakau atau masalah narkoba. Obat atau alkohol mungkin tampak untuk mengurangi gejala, tetapi mereka benar-benar dapat memicu, memperpanjang, atau memperburuk depresi atau mania.
     Masalah kesehatan fisik. Orang yang didiagnosis dengan gangguan bipolar lebih cenderung memiliki masalah kesehatan tertentu lainnya, termasuk penyakit jantung, masalah tiroid dan obesitas.

Jika tidak diobati, gangguan bipolar dapat mengakibatkan masalah serius yang mempengaruhi setiap bidang kehidupan Anda. Ini dapat termasuk:

     Masalah yang terkait dengan penyalahgunaan zat dan alkohol
     masalah hukum
     masalah keuangan
     masalah hubungan
     Isolasi dan kesepian
     Kerja atau sekolah Kinerja yang buruk
     Sering absen dari pekerjaan atau sekolah
     bunuh diri

Ketika dokter menduga seseorang memiliki gangguan bipolar , mereka biasanya melakukan beberapa tes dan ujian . Ini dapat membantu menyingkirkan masalah lain , menentukan diagnosis dan juga memeriksa setiap komplikasi yang terkait . Ini dapat termasuk :

    Pemeriksaan fisik . Ini mungkin melibatkan pengukuran tinggi dan berat badan , memeriksa tanda-tanda vital Anda , seperti detak jantung , tekanan darah dan suhu ; mendengarkan jantung dan paru-paru , dan memeriksa perut Anda .
    Tes laboratorium . Ini mungkin termasuk tes darah dan urine . Tes ini dapat membantu mengidentifikasi masalah fisik yang dapat menyebabkan gejala Anda .
    Evaluasi psikologis . Seorang dokter atau penyedia kesehatan mental akan berbicara dengan Anda tentang pikiran , perasaan dan pola perilaku . Anda juga dapat mengisi self-assessment psikologis atau kuesioner . Dengan izin Anda , anggota keluarga atau teman dekat mungkin diminta untuk memberikan informasi tentang gejala-gejala dan kemungkinan episode mania atau depresi .
    Suasana hati charting . Untuk mengidentifikasi persis apa yang terjadi , dokter Anda mungkin telah Anda menyimpan catatan harian suasana hati Anda , pola tidur atau faktor lain yang bisa membantu dengan diagnosis dan menemukan pengobatan yang tepat .

Kriteria diagnostik untuk gangguan bipolar

Untuk dapat didiagnosis dengan gangguan bipolar , Anda harus memenuhi kriteria dijabarkan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental ( DSM ) . Panduan ini diterbitkan oleh American Psychiatric Association dan digunakan oleh penyedia layanan kesehatan mental untuk mendiagnosa kondisi mental dan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti pengobatan . Kriteria diagnostik untuk gangguan bipolar didasarkan pada jenis tertentu dari gangguan bipolar .

    Gangguan bipolar . Anda telah memiliki setidaknya satu manik atau episode campuran satu . Anda mungkin atau mungkin tidak memiliki episode depresi utama . Karena bipolar I bervariasi dari orang ke orang , ada subkategori yang lebih spesifik diagnosis berdasarkan tanda-tanda tertentu dan gejala .
    Gangguan bipolar II . Anda telah memiliki setidaknya satu episode depresi mayor dan setidaknya satu episode hypomanic ( tapi tidak sepenuhnya episode manik atau campuran) . Dengan bipolar II , gejala menyebabkan penderitaan atau kesulitan di beberapa area kehidupan Anda - seperti hubungan atau kerja . Gangguan bipolar II juga memiliki subkategori berdasarkan tanda-tanda tertentu dan gejala .

Gangguan cyclothymic. Anda telah memiliki banyak episode hypomanic dan periode depresi - tetapi Anda tidak pernah punya episode manic penuh, episode depresi mayor atau episode campuran. Untuk diagnosis gangguan cyclothymic, gejala berlangsung selama dua tahun atau lebih (satu tahun pada anak-anak dan remaja). Selama waktu itu, gejala tidak pernah pergi selama lebih dari dua bulan. Gejala menyebabkan penderitaan yang signifikan atau kesulitan di beberapa area kehidupan Anda - seperti dalam hubungan atau di tempat kerja.

The DSM memiliki kriteria yang sangat spesifik untuk manik, hypomanic, depresi dan episode campuran.
Kriteria untuk episode manic

Sebuah episode manic adalah periode yang berbeda dari normal dan terus menerus meningkat, ekspansif, atau mudah tersinggung suasana hati yang berlangsung setidaknya satu minggu (atau kurang dari seminggu jika diperlukan rawat inap). Selama periode suasana hati terganggu, tiga atau lebih dari gejala berikut harus hadir (empat jika mood hanya mudah marah):

Meningkat harga diri atau kebesaran
    Penurunan kebutuhan untuk tidur ( misalnya , Anda merasa beristirahat setelah hanya tiga jam tidur )
    banyak bicara yang tidak biasa
    Racing pikiran
    distractibility
    Peningkatan aktivitas diarahkan pada tujuan (baik secara sosial , di tempat kerja atau sekolah , atau seksual )
    Melakukan hal-hal yang memiliki potensi tinggi untuk konsekuensi menyakitkan - misalnya , sprees membeli terkendali , indiscretions seksual atau investasi bisnis bodoh

Untuk dipertimbangkan sebagai episode manic :

    Gangguan suasana hati harus cukup parah untuk menyebabkan kesulitan nyata di tempat kerja , di sekolah atau dalam kegiatan sosial biasa atau hubungan ; memerlukan rawat inap untuk mencegah bahaya untuk diri sendiri atau orang lain , atau untuk memicu istirahat dari kenyataan ( psikosis ) .
    Gejala tidak memenuhi kriteria untuk episode campuran (lihat kriteria untuk episode campuran di bawah ) .
    Gejala bukan karena efek langsung dari sesuatu yang lain seperti alkohol atau penggunaan narkoba , minum obat , atau memiliki kondisi medis seperti hipertiroidisme

Kriteria untuk episode hypomanic

Sebuah episode hypomanic adalah periode yang berbeda dari ditinggikan, ekspansif atau irritable suasana hati yang berlangsung setidaknya empat hari, dan berbeda dari suasana hati tidak depresi biasa. Selama periode suasana hati terganggu, tiga atau lebih dari gejala berikut harus hadir (empat jika mood hanya mudah marah):

     Meningkat harga diri atau kebesaran
     Penurunan kebutuhan untuk tidur (misalnya, Anda merasa beristirahat setelah hanya tiga jam tidur)
     banyak bicara yang tidak biasa
     Racing pikiran
     distractibility
     Peningkatan aktivitas diarahkan pada tujuan (baik secara sosial, di tempat kerja atau sekolah, atau seksual)
     Melakukan hal-hal yang memiliki potensi tinggi untuk konsekuensi menyakitkan - misalnya, sprees membeli terkendali, indiscretions seksual atau investasi bisnis bodoh. 

Untuk dipertimbangkan sebagai episode hypomanic :

    Gangguan suasana hati harus cukup parah untuk menyebabkan perubahan nyata dan seperti biasanya dalam fungsi .
    Episode tidak cukup parah untuk menyebabkan kesulitan yang signifikan di tempat kerja , di sekolah atau dalam kegiatan sosial biasa atau hubungan ; memerlukan rawat inap , atau untuk memicu istirahat dari kenyataan ( psikosis ) .
    Gejala tidak memenuhi kriteria untuk episode campuran (lihat kriteria untuk episode campuran di bawah ) .
    Gejala bukan karena efek langsung dari sesuatu yang lain seperti alkohol atau penggunaan narkoba , minum obat , atau memiliki kondisi medis seperti hipertiroidisme .

Kriteria untuk episode depresi utama

Untuk dapat didiagnosis dengan episode depresi utama , Anda harus memiliki lima ( atau lebih ) gejala berikut selama periode dua minggu . Setidaknya satu dari gejala adalah salah mood atau kehilangan minat atau kesenangan tertekan . Gejala dapat didasarkan pada perasaan Anda sendiri atau pengamatan orang lain . Mereka termasuk :

    Mood depresi hampir sepanjang hari , hampir setiap hari , seperti perasaan sedih , kosong atau penuh air mata ( pada anak-anak dan remaja , perasaan depresi dapat muncul sebagai iritabilitas konstan )
    Hilangnya minat atau perasaan tidak senang semua - atau hampir semua - aktivitas hampir sepanjang hari , hampir setiap hari
    Kerugian yang signifikan berat badan ketika tidak diet , berat badan , atau penurunan atau peningkatan nafsu makan hampir setiap hari ( pada anak-anak , kegagalan untuk mendapatkan berat badan seperti yang diharapkan dapat menjadi tanda depresi )
    Insomnia atau meningkat keinginan untuk tidur hampir setiap hari
    Entah kegelisahan atau perilaku melambat yang dapat diamati oleh orang lain
    Kelelahan atau kehilangan energi hampir setiap hari
    Perasaan tidak berharga atau bersalah yang berlebihan atau tidak hampir setiap hari
    Kemampuan berkurang untuk berpikir atau berkonsentrasi , atau keraguan , hampir setiap hari
    Pikiran berulang tentang kematian atau bunuh diri , atau usaha bunuh diri

Untuk dipertimbangkan episode depresi utama :

    Gejala tidak memenuhi kriteria untuk episode campuran (lihat kriteria untuk episode campuran di bawah ) .
    Gejala harus cukup parah untuk menyebabkan kesulitan nyata dalam sehari- hari kegiatan , seperti bekerja , sekolah , kegiatan sosial atau hubungan dengan orang lain .
    Gejala bukan karena efek langsung dari sesuatu yang lain , seperti penyalahgunaan narkoba , mengambil obat atau memiliki kondisi medis seperti hipertiroidisme .
    Gejala tidak disebabkan oleh berduka , seperti setelah kehilangan orang yang dicintai .

Kriteria untuk campuran episode

    Kriteria terpenuhi baik untuk episode manik dan untuk episode depresi utama hampir setiap hari selama setidaknya periode satu minggu .
    Gangguan suasana hati harus berat cukup untuk menyebabkan kesulitan nyata di tempat kerja , di sekolah , atau kegiatan sosial biasa atau hubungan ; memerlukan rawat inap untuk mencegah bahaya bagi diri sendiri atau orang lain , atau menyebabkan istirahat dari kenyataan ( psikosis ) .
    Gejala bukan karena efek langsung dari sesuatu yang lain , seperti penyalahgunaan narkoba , mengambil obat atau memiliki kondisi medis seperti hipertiroidisme

Diagnosis pada anak-anak
Kriteria resmi yang sama yang digunakan untuk mendiagnosa gangguan bipolar pada orang dewasa digunakan untuk mendiagnosa anak-anak dan remaja . Namun, gejala bipolar pada anak-anak dan remaja sering memiliki pola yang berbeda daripada yang mereka lakukan pada orang dewasa , dan mungkin tidak cocok dengan kategori yang digunakan untuk diagnosis . Sementara orang dewasa umumnya cenderung memiliki periode yang berbeda dari mania dan depresi , anak-anak dan remaja mungkin memiliki menentu , perubahan yang cepat dalam suasana hati , perilaku dan tingkat energi .

Ini sering sulit untuk mengatakan apakah ini adalah up normal dan surut , hasil stres atau trauma , atau tanda-tanda masalah kesehatan mental selain gangguan bipolar . Untuk membuatnya bahkan lebih sulit , anak-anak yang mengalami gangguan bipolar sering juga didiagnosis dengan kondisi kesehatan mental lain seperti gangguan attention-deficit/hyperactivity ( ADHD ) atau masalah perilaku .

Meskipun gangguan bipolar dapat terjadi pada anak-anak , diagnosis pada anak-anak usia prasekolah atau lebih muda sangat sulit . Kriteria saat ini digunakan untuk diagnosis belum terbukti pada anak-anak , dan berbagai isu lain selain gangguan bipolar dapat menyebabkan suasana hati dan masalah perilaku pada usia ini.
(goo.gl/SDyubm )

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.