Senin, 18 Juli 2016

Cara Mudah Bangun Pagi

Cara Mudah Bangun Pagi

                Kali ini saya ingin berbagi tips mengenai cara mudah bangun pagi. Untuk orang yang tidak terbiasa bangun pagi, bangun lebih awal dari biasanya terkadang menjadi perkara yang sulit. Karena tidak terbiasa, rasa malas sering kali menghalangi untuk bangun pagi. Seringkali kasusnya tuh ini, sudah pasang alarm dan berhasil bangun tapi Cuma buat matiin alarm dan lanjut tidur lagi. Akhirnya kebablasan tidurnya sampai siang, nggak masalah sih kalau nggak ada acara ataupun kegiatan penting yang harus dilakukan di pagi hari. Nah kalau misalnya ada aktivitas yang harus dilakukan di pagi hari gimana?. Ada beberapa  tips yang bisa dipraktekkan biar bisa bangun pagi dan tidak tidur lagi.
1.       Tidur lebih awal

Tidur lebih awal ini cara yang sangat efektif biar bisa bangun pagi, kenapa? Biasanya seseorang susah bangun pagi gara-gara porsi tidurnya kurang, sehingga tubuh belum siap untuk memulai aktivitas lagi. Supaya bisa bangun pagi jangan “korupsi” waktu tidurmu. Kebanyakan orang menggunakan waktu tidur sebagai “bank” yang bisa digunakan untuk aktivitas yang sifatnya urgen, bikin tugas misalnya. Padahal tubuhmu juga butuh istirahat, ingat kamu manusia bukan robot yang bisa bekerja nonstop.

Nah kalau masalahnya lagi insomnia, menjelang subuh baru bisa tidur gimana?, yang perlu dilakukan adalah mencegah gimana caranya biar nggak insomnia. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan aktivitas cukup padat dan menguras tenaga di siang harinya. Ini akan membuat tubuhmu merasa lelah dan butuh istirahat, dijamin jam-jam 9-10 an sudah ngantuk.

Kalau masalahnya, harus begadang bikin tugas dan harus dikumpul besok pagi-pagi banget. Kalau seperti ini ada dua jalan yang bisa dipilih. Yang pertama tidur awal banget dan pasang alarm buat bangun di tengah malam, lalu bikin tugasnya sampek pagi. Kamu ludah memenuhi kebutuhan tidurmu, juga bisa ngumpul tugasnya tepat waktu. Alternatif yang kedua kalau kamu Bener-bener nggak bisa tidur lebih awal garda-gara nggak bisa tidur kalor tugas belum beres solusinya adalah pasang mindset di pikiran kamu kalo besok harus bangun pagi. Caranya dengan mengatakan pada diri sendiri untuk mensugesti pikiranmu, “Aku besok harus bangun jam 5”. Katakan kalimat itu berulang-ulang sebelum tidur sambil diresapi.
2.       Minum air putih yang banyak sebelum tidur

Secara biologis, banyak minum maka akan merangsang tubuh untuk banyak memproduksi urin. Dengan memanfaatkan sistem ini bisa menguntungkan dan memudahkan buat bangun pagi. Kenapa? Karena selama tidur urin yang diproduksi tubuhmu belum dikeluarkan, ketika kantung kemih penuh dengan urin, kamu bantalan merasa kebelet dan secara otomatis tubuh akan bangun. Dari serangkaian pergerakan dari bangun sampai ke toilet akan membuatmu merasa lebih segar dan ngantuk secara perlahan pergi. Cara ini sebenarnya memiliki kekurangan kalau tubuhmu nggak normal, nggak bisa menahan kencing akibatnya bisa ngompol.
3.       Pasang nada alarm yang serem

Cara ini cukup ekstrim sebenarnya, karena kalor kamu nggak segera bangun akan mengganggu orang lain disekitarmu, tapi cara ini menurut saya sangat efektif. Sebelum tidur pasang alarm paling tidak setengah sampai satu jam lebih awal dari jam seharusnya kamu bangun dengan nada yang bikin kamu sumpek mendengarnya. Misalnya nih, suara alarm ambulans, suara alarm kebakaran, suara hantu, suara singa, gajah, atau bisa juga pake lagu favorit mantanmu, he.he. dengan ketidaknyamanan kamu mendengar suara-suara itu secara otomatis kamu akan terbangun. Kalau misalnya kamu pasang alarm dengan nada suara alarm kebakaran nggak bangun juga, setidaknya bakalan ada orang lain yang mendengar dan siap dengan seember air ke kamarmu gara-gara mengira ada kebakaran.
4.       Minta bangunin

Cara ini cara paling terakhir kalau emang kamu nggak bisa secara mandiri buat bangun pagi, namun tidak bisa sepenuhnya diandalkan soalnya orang yang dimintai tolong buat bangunin belum tentu bisa juga bangun pagi. Makannya kalau milih orang buat bangunin, pilihlah orang yang bisa dipastikan bisa bangun pagi, misalnya minta bangunin sama muazin sholat subuh.


                Selamat mencoba tips diatas dan selamat bangun pagi. Boleh juga kasih tips lain dari kamu dengan menuliskannya di kolom komentar.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.