Sabtu, 20 Agustus 2016

Fertilisasi dan Proses Perkembangan Embrio Pada Manusia

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Biologi tentang Pengertian & Fase Fertilisasi dan Tahapan Proses Perkembangan Embrio pada Manusia.

A. Fertilisasi pada manusia 

Fertilisasi adalah

Pengertian Fertilisasi

Fertilisasi adalah pembuahan yaitu suatu proses peleburan atau juga fusi dari gamet gamet haploid, berupa sel sperma dari laki laki dan juga sel ovum atau sel telur dari perempuan yang sudah matang. Pembuahan tersebut bertujuan untuk membentuk sebuah zigot haploid. Proses pembuahan atau fertilisasi itu akan berlangsung di dalam didalam saluran tuba falopi. Namun, selain di dalam saluran tuba falopi fertilisasi atau pembuahan juga bisa dilakukan diluar saluran tersebut, seperti yang sudah banyak orang ketahui jika selain di dalam saluran tuba falopi proses pembuahan juga bisa terjadi di dalam tabung atau biasanya disebut dengan istilah bayi tabung yaitu dimana proses pembuahan itu tidak terjadi di dalam di saluran tuba falopi melainkan proses pembuahan itu terjadi di dalam suatu tempat berupa tabung.  

Tahapan Fertilisasi

Fertilisasi pada manusia itu meliputi tiga buah tahapan yaitu:

  • Tahapan yang pertama yaitu pada saat sel telur terlepas dari ovarium, maka oosit akan segera melengkapi sebagai meiosis 1 dan akan memulai meiosis yang ke 2 proses tersebut akan terhenti di metafase yang ke II. Dan akan terus berjalan untuk menuju oviduct dengan menggunakan bantuan epitel bersilia.
  • Tahapan yang kedua yaitu pada saat sel sperma diejakulasi, maka sel sperma itu akan terus bergerak menuju pada oviduct atau saluran tuba fallopi. Proses ini akan memakan waktu sekitar 14 sampai dengan 72 jam agar sperma dapat membuahi Oosit. 
  • Tahapan yang ke tiga yaitu kapasitasi Spermatozoa yaitu sebuah masa yang dibutuhkan untuk penyesuaian yang terjadi di saluran reproduksi wanita yaitu di mana disitu akan terjadi suatu pelepasanselubung dari glikoprotein dan juga protein­ protein plasma semen yang akan membungkus akrosom dan akan berlangsung sekitar kurang lebih sampai 7 jam, selain itu spermatozoa juga akan diberi nutrisi dan juga ATP dari jaringan Oviduct. 
B. Perkembangan embrio pada manusia 

Fase perkembangan embrio pada manusia 
Tahap perkembangan embrio itu meliputi tiga buah tahapan sebagai berikut :
  1. Tahap Pre embrionik. Tahap ini merupakan tahapan yang pertama, yaitu zigot setelah terjadinya pembuahan sel telur itu akan tumbuh membesar melalui cara pembelahan sel, sehingga terbentuklah segumpalan sel dan kemudian akan membenamkan diri didalam dinding rahim seorang wanita. Sel sel yang telah membenam pada dinding rahim itu kemudian akan menyusun dan mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga buah lapisan. Hal ini terjadi seiring dengan terjadinya pertumbuhan zigot tersebut yang akan semakin membesar
  2. Tahap Embrionik. Tahapan ini merupakan tahap yang kedua, disini akan berlangsung sampai dengan lima setengah minggu. Pada masa ini disebut dengan embrio. Disini, organ dan juga sistem tubuh bayi akan mulai terbentuk dari suatu lapisan lapisan sel yang ada pada tahap pertama. 
  3. Tahap fetus. Diawali dari tahap ketiga ini, bayi disebut dengan istilah fetus. Tahap ini diawali dari usia kehamilan pada bulan yang kedelapan dan akan diakhiri pada proses kelahiran. Ciri khusus dari tahap ini adalah fetus telah terlihat menyerupai manusia, memiliki wajah, kedua buah tangan dan juga ke dua buah kaki. Pada awalnya hanya memiliki panjang sekitar 3 cm, namun semua organ telah nampak jelas. Tahap ini akan berlangsung hingga 30 mingguan, dan akan terus berkembang hingga menjelang kelahiran.

Tahap perkembangan pada manusia

Tahap perkembangan pada manusia itu terjadi melalui dua buah fase, yaitu fase perkembangan embrionik yaitu fase yang terjadi di dalam kandungan atau sebelum bayi dilahirkan dan fase yang ke dua adalah fase pasca embrionik atau fase setelah bayi dilahirkan.
  1. Fase perkembangan embrio meliputi, Pre embrionik, Embrionik, dan fetus
  2. Fase pasca embrio meliputi, fase bayi, fase anak anak, fase remaja, fase dewasa, dan fase tua
Artikel terkait :
- Perkembangan Embrio Manusia (Qur'an vs Sains)

Sumber :
http://www.informasi-pendidikan.com/2015/09/fertilisasi-dan-perkembangan-embrio.html
http://seputarpendidikan003.blogspot.co.id/2015/09/tahap-perkembangan-embrio-pada-manusia.html


Allah SWT. berfirman : "........Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang ( berbuat ) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan ( yang berhak disembah ) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan." (QS. Az-Zumar : 6)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.