Minggu, 09 April 2017

Macam-Macam Luka Bakar

Macam-Macam Luka Bakar - Luka bakar pada kulit dapat digolongkan menjadi beberapa bagian berdasarkan tingkat keparahannya. Berikut ini adalalah sajian informasi mengenai luka bakar, tingkatan dan cara sederhana mengobati luka bakar. Simak selengkapnya berikut ini.

Penyebab Luka Bakar
  1. Thermal, yaitu luka bakar yang disebabkan oleh eapi, uap panas, atau benda-benda panas lainnya.
  2. Terbakar karena zat kimia, biasanya ini akan mengakibatkan luka bakar diantaranya zat asam dan air raksa atau yang lebih dikenal dengan nama air keras.
  3. Terbakar karena listrik, yang termasuk ke dalamnya adalah arus listrik dan petir
  4. Terbakar karena cahaya yang kuat, sinar matahari atau sinar ultra violet yang dapat menyebabkan luka pada seseorang
  5. Terbakar karena adanya radiasi dari sumber nuklir atau bahan-bahan tertentu yang berbahaya.
Macam-Macam Luka Bakar

Macam-Macam Luka Bakar

Penggolongan atau klasifikasi luak bakar dapat dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya, adapun tingkat keparahan luka bakar adalah sebagai berikut:
  1. Tingkat pertama, merupakan luka bakar yang tergolong ringan dan luka ini hanya meliputi lapisan kulit bagian luar atau yang biasa kita sebut dengan lapisan epidermis. Kulit yang terkena luka bakar akan menunjukkan gejala seperti: berwarna kemerah-merahan yang disertai dengan rasa panas dan sakit. Biasanya luka ini kaan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 7 hari, untuk penyembuhannya sendiri biasanya akan terjadi pengelupasan pada kulit dalam kurun waktu yang sementara
  2. Tingkat kedua, adalah luka bakar dimana kondisi kulit si pasien yang menderrita luka bakar bukan hanya terjadi pada lapisan epidermisnya saja, melainkan juga terjadi pada jaringan kulit bagian bawahnya. Meskipun luka bakar tingkat kedua ini lebih parah dibandingkan dengan luka bakar tingkat pertama, buakan berarti kita tidak bisa mengobatinya. Luka bakar jenis ini akan dapat disembuhkan jika diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat, secara umum waktu penyembuhannya akan memakan waktu antara 3-4 minggu.
  3. Tingkat ke tiga, pada luka bakar, tingkatan inilah yang paling parah. Luka bakar terjadi mengenai semua jaringan atau lapisan yang ada di bawahnya juga turut terbakar, kulit akan berubah warna menjadi lebih gelap atau hangus, dan biasanya penderita sudah tidak merasakan rasa sakit lagi, karena syaraf-syaraf di sekitar kulit yang mengalami luka bakar tersebut mengalami kerusakan.
Lalu bagaiamana cara mengobati luka bakar?

Untuk penyembuhann luka bakar pada tingkat pertama dan kedua, ada beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai langkah awal pengobatan untuk menyembuhkan luka bakar tersebut. Adapun cara mengobati luka bakar dengan menggunakan bahan alami adalah sebagai berikut:
  1. Daun bayam secukupnya
  2. 2 sendok makan madu alami
  3. Air cuka sebanyak 1 sendok teh
Cara pembuatan:

Bersihkan daun bayam peras dan ambil airnya, campurkan madu ke dalam perasan bayam kemudian sentuhan terakhir, tambahkan cairan cuka ke dalamnya. Oleskan ramuan tersebut pada luka bakar, lakukan secara rutin setiap hari sampai luka bakar yang diderita benar-benar sembuh. Dan simak juga cara mengobati luka bakar dengan menggunakan teripang laut di Obat Tradisional Bekas Luka Bakar.