Rabu, 05 April 2017

Organ Reproduksi Wanita

Organ Reproduksi Wanita - Berikut ini adalah beberapa organ reproduksi yang berperan dalam sistem reproduksi wanita. Adapun beberapa organ tersebut adalah sebagai berikut:

Organ Reproduksi Wanita
  • Vagina, tabung yang menghubungkan organ-organ reproduksi internal dengan alat kelamin eksternal wanita. Vagina berakhir di leher rahim dan merupakan tempat masuknya penis saat berhubungan seks serta jalan terakhir ketika bayi keluar pada saat melahirkan.
  • Serviks ( Leher Rahim), adalah bagian dari reproduksi yang terletak antara vagina dan rahim, sebagai pintu yang harus dilalui sperma untuk sampai ke telur, serviks ini akan mengeluarkan lendir yang dapat membantu atau menghalangi sperma membuahi telur. Bayi juga harus melalui leher rahim ini ketika keluar dari rahim dan memasuki vagina.
  • Rahim (uterus), merupakan organ berotot berongga dan elastis yang terletak diperut seorang wanita. Rahim itu sendiri terdiri dari 3 lapisan, diantaranya adalah: Peritoneum (lapisan luar), miometrium (lapisan tengah) dan endometrium(lapisan dalam). Sebuah telur yang telah dibuahi akan menanamkan dirinya ke dalam lapisan endomerium dan akan terus berkembang dalam rahim selama kehamilan berlangsung.
  • Tuba Falopi,adalah merupakan 2 organ yang memanjang seperti tabung dari sisi rahim ke masing-masing ovarium. Mereka memiliki 20 sampai 25 struktur seperti jari yang berasa tepat di atas ovarium dan memiliki fungsi untuk mengumpulkan telur yang sudah matang ketika dihempaskan. Dan ternyata, pada Tuba Falopi inilah terjadi pembuahan telur oleh sperma.
  • Ovarium (indung telur), setiap wanita biasanya memi8liki dua ovarium, satu di setiap sisi uterus. Adapun ovarium itu sendiri adalah rumah bagi folikel telur. Setiap bulan, salah satu folikel telur akan matang dan melepaskan telur ke dalam tuba falopi. Ovarium ini juga memiliki tanggung jawab untuk memproduksi estrogen dan progesteron, yang sangat berperan aktif untuk reproduksi yang normal.
Beberapa organ reproduksi yang telah disebutkan di atas, tentunya memiliki peranan dan fungsi yang menunjang terjadinya proses dan sistem reproduksi pada seorang wanita. Setiap wanita tentunya sangat menginginkan proses reproduksi yang terjadi padanya berlangsung dengan baik tanpa adanya permasalahan. 

Dengan demikian, untuk mendapatkan proses reproduksi dan kehamilan yang baik itulah diperlukan tindakan bagi kita untuk tetap menjaga dan memelihara kesehatan rahim dan organ yang lainnya untuk menghindari bahaya penyakit yang mengancam berlangsungnya proses reproduksi tersebut, slah satuny adalah penyakit yang mematikan terkait dengan reproduksi wanita yaitu Penyakit Kanker Rahim. Anda bisa menyimak cara mengobati penyakit kanker rahim di=> Obat Tradisional Penyakit Kanker Rahim.

Demikianlah sajian informasi mengenai Organ Reproduksi Wanita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita terhadap organ-organ reproduksi pada wanita. Terima kasih atas kunjungan dan kesediaan anda telah menyimak informasi yang kami berikan.