Minggu, 02 April 2017

Penyakit Kanker Pankreas dan Gejalanya

Penyakit Kanker Pankreas dan Gejalanya - Sajian informasi lengkap mengenai penyakit kanker pankreas, penyebab dan gejala yang menyertainya. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Penyakit Kanker Pankreas

Penyakit Kanker Pankreas dan Gejalanya

Pankreas adalah organ dalam perut yang terletak secara horizontal di belakang bagian bawah lambung. Di dalam pankreas , sel eksokrin menghasilkan cairan pencernaan yang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Kanker pankreas adalah penyakit di mana sel yang bersifat kanker terbentuk di dalam pankreas. Pada umumnya penyakit kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin.

Penyebab Penyakit Kanker Pankreas

Sampai saat ini, penyakit kanker pankreas masih belum diketahui penyebabnya. Akan tetapi, berdasarkan kasus yang sering terjadi, ada beberapa hal yang telah diketahui turut berperan sebagai faktor resiko penyeban timbulnya penyakit kanker pankreas. Adapun beberapa faktor resiko penyakit kanker pankreas tersebut adalah sebagai berikut:
  • Merokok : Merokok adalah faktor pemicu timbulnya penyakit kanker pankreas, hal ini tentu karena pengaruh kandungan yang terdapat dalam tembakau tersebut. Sehingga perokok akan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit kanker pankreas.
  • Diabetes
  • Genetik atau faktor keturunan
  • Pancreatitis (radang / infeksi pada pankreas)
  • Peradangan atau infeksi pada pankreas untuk waktu yang cukup lama dalam meningkatkan resiko terkena penyakit kanker pankreas.
  • Obesitas atau kegemukan

Gejala Penyakit Kanker Pankreas

Penyakit kanker pankreas adalah suatu penyakit " yang diam" karena kanker pankreas ini biasanya tidak menimbulkan gejala yang kasat mata. Jika tumor atau kanker menghalangi saluran empedu umu ( common bile duct) dan empedu tidak dapat masuk ke dalam sistem pencernaan, kulit dan putih mata mungkin akan berubah warna menjadi kuning, dan urine mungkin akan menjadi lebih gelap warnanya, kondisi ini disebut jaundice.

Ketika kanker tumbuh menyebar, sakit seringkali berkembang pada perut bagian atas dan adakalanya menyebar ke bagian belakang (punggung). Sakit/nyeri mungkin memburuk setelah seseorang makan atau berbaring. Kanker pankreas juga bisa menyebabkan rasa mual, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, dan kelemahan.

Suatu tipe yang jarang dari kanker pankreas, disebut dengan kanker sel pulau sangat kecil(islet cell cancer), mulai pada sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin dan hormon-hormon lain. Sel-sel islet juga disebut dengan islets of Langerhans, dan hal ini akan mengakibatkan terlalu banyak insulin atau hormon-hormon lain. Ketika ini terjadi, pasien mungkin terasa lemah atau pusing/pening dan mungkin kedinginan (mengigil), kejang-kejang otot, atau diare. Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh kanker atau persoalan-persoalan lain yang kurang serius.

Gejala lain yang ttimbul adalah gangguan pencernaan, pembengkakan dan gerakan usus yang berminyak dapat terjadi bila pertumbuhan kanker menghalangi saluran pankreas sehingga enzim pencernaan tidak dapat disalurkan ke dalam saluran usus.

Pencegahan Penyakit Kanker Pankreas

Cara mengobati penyakit kanker pankreas yang kami rekomendasikan untuk anda adalah dengan menggunakan bahan alami yang berkhasiat luar biasa dalam memberikan kesembuhan secara maksimal tanpa menimbulkan efek samping atau ketergantungan. Simak sajian lengkapnya di artikel => Obat Tradisional Penyakit Kanker Pankreas.

Itulah sajian  informasi mengenai penyakit kanker pankreas dan gejalanya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang bahayanya penyakit kankper pankreas danm meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga dan memelihara kesehatan dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. Terima kasih..