Tips Merawat Luka Diabetes

4:15 AM

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Tips Merawat Luka Diabetes - Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan luka diabetes. Perawatan yang tepat dan pengobatan yang dilakukan secara benar tentunya akan dapat memberikan dampak positif yang tentunya akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes mellitus. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Tips Merawat Luka Diabetes

Tips Merawat Luka Diabetes
Berikut ini adalah tips merawat luka diabetes yang tepat, dan beberapa langkah perawatan luka diabetes berikut ini adalah cara sederhana bagi kita untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit kencing manis yang sedang dijalani.
  • Bila lukanya hanya di permukaan  dan terdapat di bagian yang tidak bergerak, kadnag-kadang baik untuk membiarkannya terbuka. Cara ini akan membuat proses penyembuhan berlangsung dengan cepat. Anti septik tidak diperlukan jika lukanya bersih
  • Luka yang dalam dan kotor sebaiknya ditutup dengan kasa steril. Disarankan pula untuk membersihkan dengan air dan sabun, bila luka tersebut kotor atau baru terjadi, janganlah menggunakan kapas.
  • Segera hentikanlah pendarahan. Caranya tekan di tempat darah yang keluar dengan menggunakan kain kasa steril, dan segera hentikan jika pendarahan sudah terhenti
  • Penggunaan obat anti septik pada luka dapat digunakan untuk membunuh kuman atau bakteri yang ada. Akan tetapi, tidak harus dilakukan setiap saat, hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan timbulnya kekebalan pada kuman
  • Luka basah sebaiknya dikompres dengan menggunakan larutan permangan (larutan 1 per 10.000) atau rivanol. Gunakan kain kasa, bukan kapas. Norit juga bisa digunakan, taburkan di luka yang basah, mengandung nanah, dan luka yang dirasakan sulit sembuh. Sebaiknya pakailah bubuk norit halus bersih dari botol. Luka yang basah seperti ini harus dibersihkan setiap hari dan jaringan yang mati harus dipotong. Luka infeksi atau bisul kecil sulit diatasi pada seseorang yang berusia lanjut atau penderita penyakit diabetes. Luka pada penderitia penyakit diabetes ini akan sulit disembuhkan, terutama kadar gula darahnya  yang tidak terkontrol dengan baik, dapat menjalar dengan sangat cepat sehingga tidak jarang harus melakukan operasi. Oleh karena itu, penderita penyakit luka basah akibat diabetes mellitus ini memerlukan perawatan yang tepat dan tentu saja kadar gula darahnyapun harus dikendalikan.

Meskipun antibiotik yang tepat sangat penting digunakan, adanya udem (bengkak) di sekitar luka dan kadar gula yang tinggi sering menhambat proses penyembuhan dan menyebabkan seseorang dengan terpaksa harus mengambil tindakan operasi untuk penyembuhannya. Dan repotnya, indera rasa sakit pada penderita penyakit diabetes mellitus ini sudah mulai berkurang, sehingga luka kecil hanya karena memotong kuku kaki sendiri dapat menjalar ke atas dn tidak jarang pula banyak pasien yang harus diamputasi karena kasus tersebut.

Penderita penyakit kencing manis ini harus benar-benar berhati-hati untuk menghindari setiap kemungkinan yang mengakibatkan terjadinya luka pada kaki tangan atau bagian tubuh lainnya. Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk menggunakan sepatu atau sandal yang berukuran pas, sehingga tidak menimbulkan gesekan yang dapat menyebabkan luka lecet.

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Diabetes atau Gula Basah

Perawatan yang baik dan tepat tentunya akan mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes mellitus yang sedang anda jalani, dan tentunya kita harus melakukan pengobatan dan menghindari berbagai macam jenis makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan penyakit kencing manis tersebut. Simak juga Obat Trdisional Penyakit Gula Basah.

Itulah beberapa tips merawat luka diabetes yang baik. Jalani gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat serta lakukanlah beberapa tips merawatan luka penyakit diabetes dengan baik, agar proses penyembuhan penyakit kencing manis yang anda jalani dapat berlangsung dengan cepat. Semoga bermanfaat..

You Might Also Like

0 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Like us on Facebook

Flickr Images