Obat Dan Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi ( LDL Kolesterol )

3:19 PM

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Hal ini sebagian besar dibuat oleh hati dari makanan berlemak yang kita makan dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh. Memiliki kadar lipid terlalu tinggi dalam darah ( hiperlipidemia ) dapat mengalami efek serius pada kesehatan Anda karena akan meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke.

Kolestrol Jahat dan Kolesterol Baik

Kolesterol tidak dapat berjalan ke seluruh tubuh sendiri karena tidak larut dalam air. Sebaliknya, hal itu diangkut oleh molekul yang disebut lipoprotein dalam darah.

Dua jenis lipoprotein utama disebut LDL dan HDL.
  • Low density lipoprotein (LDL). LDL adalah pengangkut kolesterol dan membawa kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Jika terdapat terlalu banyak kolesterol dalam darah, hal ini dapat menyebabkan penumpukan di arteri dan berbahaya bagi Anda. Terlalu banyak LDL kolesterol dalam darah dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di dinding arteri yang menyebabkan penyakit arteri. Untuk alasan ini, LDL kolesterol dikenal sebagai kolesterol jahat dan kadar yang lebih rendah akan lebih baik.
  • High density lipoprotein (HDL). HDL membawa kolesterol dari sel dan kembali ke hati, di mana ia akan dihancurkan atau di keluarkan dari tubuh sebagai produk limbah. Untuk alasan ini, HDL kolesterol disebut sebagai kolesterol baik dan kadar yang lebih tinggi akan semakin lebih baik.

Kadar kolesterol dalam darah (termasuk LDL kolesterol dan HDL kolesterol) dapat diukur dengan tes darah. Dokter atau perawat juga dapat mengukur kadar trigliserida. Trigliserida adalah lemak yang Anda gunakan untuk energi dan berasal dari makanan berlemak yang Anda makan. Kelebihan trigliserida dalam darah juga meningkatkan resiko masalah jantung.

Kadar kolesterol normal
Kadar kolesterol darah diukur dalam satuan yang disebut milimol per liter darah yang disingkat menjadi mmol / L. Sebagian besar dokter merekomendasikan agar kadar kolesterol harus kurang dari 5mmol / L.

Resiko kolesterol tinggi

Bukti kuat menunjukkan bahwa kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri, membatasi aliran darah ke jantung, otak dan seluruh tubuh Anda. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan terjadi pembekuan darah. Risiko penyakit jantung koroner (ketika pasokan darah jantung Anda diblokir atau terganggu) meningkat karena kadar kolesterol darah Anda tinggi. Faktor-faktor lain, seperti tekanan darah tinggi dan merokok, meningkatkan risiko ini.

Obat Dan Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi ( LDL Kolesterol )


Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bukanlah penyakit tetapi meningkatkan risiko kondisi serius seperti:
  • Penyakit jantung koroner, disebabkan oleh aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah),
  • Stroke, dan
  • Mini stroke (serangan iskemik transient).

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sejumlah faktor yang berbeda dapat berkontribusi terhadap kolesterol darah tinggi, termasuk:
  • Faktor gaya hidup,
  • Faktor diobati, dan
  • Faktor tetap.

Faktor gaya hidup

Ada banyak faktor gaya hidup yang bisa dicegah yang dapat meningkatkan resiko terkena kolesterol darah tinggi. Ini termasuk:
  • Makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan, seperti hati, ginjal dan telur, mengandung kolesterol ( dikenal sebagai diet kolesterol ). Namun, diet kolesterol memiliki sedikit efek pada kolesterol darah. Yang lebih penting adalah jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda.
  • Kurang olahraga atau aktivitas fisik. Hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Obesitas. Jika Anda kelebihan berat badan (kegemukan), Anda cenderung memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida tinggi, dan tingkat HDL yang lebih rendah.
  • Minum alkohol secara berlebihan. Rutin minum banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Faktor penyakit

Orang dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes seringkali memiliki kadar kolesterol tinggi. Beberapa kondisi medis, seperti penyakit ginjal, hati dan kelenjar tiroid kurang aktif, juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Faktor tetap

Ada sejumlah faktor yang terkait dengan kolesterol tinggi yang tidak dapat diubah, termasuk:
  • Riwayat keluarga penyakit jantung atau stroke. Anda lebih rentan memiliki kolesterol tinggi jika Anda memiliki keluarga laki-laki (ayah atau saudara laki-laki) berusia di bawah 55 tahun atau keluarga perempuan (ibu atau saudara perempuan) berusia di bawah 65 tahun yang memiliki penyakit jantung koroner atau stroke.
  • Riwayat keluarga dengan kondisi yang terkait kolesterol, misalnya jika kerabat dekat, seperti orang tua, saudara atau saudari memiliki hiperkolesterolemia familial.
  • Umur. Semakin tua usia Anda, kemungkinan lebih besar resiko terkena aterosklerosis.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jika Anda telah didiagnosa dengan kolesterol tinggi, metode pertama pengobatan biasanya meliputi membuat beberapa perubahan dalam makanan Anda (mengadopsi diet rendah lemak) dan melakukan banyak olahraga teratur. Setelah beberapa bulan, jika kadar kolesterol Anda belum turun, Anda biasanya akan disarankan untuk menggunakan obat penurun kolesterol seperti obat herbal penurun kolesterol atau dengan obat tradisional kolesterol tinggi.

Makanan Penurun Kolesterol

Makan makanan yang sehat yang rendah lemak jenuh dapat menurunkan kadar LDL kolesterol (kolesterol jahat). Jika Anda berada dalam kategori risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke), mengubah makanan sehari-hari Anda tidak cukup dapat menurunkan risiko Anda. Namun, makan makanan diet seimbang yang sehat memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang berhubungan serta menurunkan kadar kolesterol Anda. Diet sehat meliputi makanan dari semua kelompok makanan yang berbeda:
  • Karbohidrat (sereal, roti gandum, kentang, nasi dan pasta),
  • Protein (daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan ikan),
  • Lemak tak jenuh,
  • Buah penurun kolesterol dan sayuran penurun kolesterol.

Obat Penurun Kolesterol Tinggi

Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang dapat membantu dengan cara yang berbeda. Dokter Anda dapat menyarankan Anda tentang jenis yang paling cocok untuk pengobatan. Obat untuk menurunkan kolesterol tinggi yang sering diresepkan dokter diuraikan di bawah ini:

Statin
Statin memblokir enzim (sejenis bahan kimia) dalam hati yang diperlukan untuk membuat kolesterol, dan mengurangi kadar kolesterol darah Anda. Ketika seseorang mengalami efek samping dari menggunakan statin, ini disebut sebagai intoleransi. Efek samping termasuk nyeri otot dan masalah perut (rekomendasikan dengan dokter).

Aspirin
Aspirin dosis rendah dapat ditentukan, tergantung pada usia Anda (anak usia di bawah 16 tahun jangan menggunakan aspirin) dan sejumlah faktor lainnya. Aspirin dosis rendah dapat mencegah pembentukan penggumpalan darah.

Niacin
Niacin adalah vitamin B yang ditemukan dalam makanan dan suplemen multivitamin. Dalam dosis tinggi (tergantung resep dokter), niasin menurunkan LDL kolesterol dan trigliserida dan meningkatkan HDL kolesterol. Namun, hal itu dapat menyebabkan efek samping, terutama pembilasan (memerah di wajah), sehingga tidak umum digunakan.

You Might Also Like

0 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Like us on Facebook

Flickr Images