Rabu, 19 Juni 2013

Sebuah Stasiun Radio

Sebuah stasiun Radio dalam program siarannya tidak harus selalu berisi musik dan hiburan saja.  Agar program siaran lebih menarik, radio perlu menyajikan berbagai pesan / informasi berupa info, berita, feature, release dan infotainment, dll.

Tentu saja yang akan disajikan itu tidak secara spontan keluar dari pemikiran si penyiar radio tersebut, melainkan harus dipersiapkan, baik dalam bentuk apapun materinya.  Inilah yang kemudian kita kenal dengan  penulisan naskah radio.  Nah pada kesempatan kali ini armylookfashion akan sedikit berbagi informasi mengenai Contoh Naskah Radio dan Penulisan.
Adapun alasan mengapa membutuhkan naskah radio dalam kegiatan penyiaran, dan manfaat naskah radio yaitu :
  • Menghindari kesalahan menyangkut akurasi informasi, tetapi akan lebih baik bila data dipersiapkan terlebih dahulu.
  • Penataan alur pikiran secara logis (naskah akan menuntun alur dalam bertutur)
  • Pemahaman dan intrepertasi terhadap isi naskah akan lebih mempertajam gaya bertutur penyiar
  • Dokumentasi sebagai arsip juga sebagai bahan siaran mendatang.
Dengan adanya naskah radio, seorang penyiar tinggal membacakan naskah tersebut pada saat siaran, sehingga tidak akan sampai terjadi kekosongan waktu yang dikarenakan si penyiar kehabisan kata yang akan disampaikan kepada pendengar.  Penyiar juga dituntut untuk lebih bisa berimprovisasi dan mengembangkan kreasi, agar informas yang dibacakan lebih menarik, jelas dan dapat ditangkap dengan mudah oleh para pendengar.

Jadi secara umum Naskah Radio ( Radio Script ) dapat diartikan sebagai bentuk penulisan pesan atau informasi yang akan disajikan dalam program penyiaran dengan tujuan untuk mempermudah si penyiar dalam  menyampaikan, juga agar tidak terjadi over lapping informasi yang disampaikan antara penyiar yang satu dengan yang lainnya.  Adapun orang yang membuat Naskah radio ini disebut Script Writer.

Bagaimana mencari sumber-sumber berita untuk isi naskah radio / Radio Script ?.. Banyak sekali sumber untuk membuat isi naskah radio (radio Script) ini seperti dari Internet, Media-media online, Televisi, Majalah, Koran, Tabloid.  Bahkan anda juga bisa langsung dari sumber primer, misalnya wawancara dengan Artis / nara sumber.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Penulisan Naskah Radio atau Script Radio dalam Contoh Naskah Radio dan Penulisan yaitu :
  • Sumber berita harus bisa dipertanggung jawabkan
  • Berita tidak basi
  • Gunakan huruf yang jelas dengan ukuran huruf (font) yang cukup terbaca
  • Gunakan kalimat yang simple dengan urutan informasi yang jelas
  • Tidak menggunakan bahasa yang sulit dimengerti
  • Sertakan cara membaca dan tanda baca
  • Pemilihan kata dan susunan kalimat harus sesuai dengan segmen pendengar.  jangan sampai acara radio anak-anak diberikan informasi khusus orang-orang dewasa.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.