Jumat, 27 September 2013

Aman Facebook-an di 'tempat' yang tak aman


Semakin boomingnya internet, maka secara cepat banyak tempat usaha yang mengupayakan layanan seputar pengaksesan dunia maya seperti di warnet dengan jaringan LAN dan sejenisnya sampai dengan di tempat-tempat umum lain dengan menggunakan Wi-Fi.

Namun, khususnya di tempat-tempat umum seperti di bandara atau juga kafe, tentunya akan ada saja celah yang dapat digunakan pihak lain secara sengaja atau tidak sengaja, ketika seseorang mengakses account Facebooknya menggunakan jaringan yang tidak aman.

Untuk melindungi account Facebook dari jaringan yang tidak aman seperti itu,
situs jejaring sosial satu ini sudah menyediakan 2 fitur keamanan terkait hal tersebut. Berikut adalah fitur keamanan yang tersedia di Facebook:

Secure Browsing
Secure browsing atau https adalah salah satu fitur keamanan yang disediakan oleh Facebook untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika seorang pengguna mengakses accountnya tersebut melalui jaringan yang tidak aman.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka segala kegiatan atau aktivitas di Facebook akan tersembunyi sehingga menyulitkan siapa pun yang ingin masuk tanpa izin. Berikut cara untuk mengaktifkan fitur Secure Browsing.
  • Masuk ke bagian Security Settings
  • Klik bagian Secure Browsing
  • Centang kotak yang bertuliskan, "Browse Facebook on secure connection (https) when possible."

Setelah semua langkah dilakukan dengan benar, maka fitur Secure Browsing telah diaktifkan dan alamat Facebook pada kotak alamat situs akan muncul dengan awalan "https://..."

One-Time Passwords
One-time passwords adalah password yang dibuat oleh Facebook untuk sekali pakai. Ini sangat berguna untuk mengakses Facebook secara aman di tempat publik seperti komputer sekolah, perpustakaan, warnet dan tempat umum lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Facebook tidak perlu menggunakan password primer yang biasa dipakai, namun dapat menggunakan password sekali pakai ini yang notifikasi atau pemberitahuannya dikirim oleh Facebook melalui SMS. Berikut adalah cara mengaktifkannya.
  • Kirim SMS ke 32665 dengan pesan teks berikut: "otp" (tanpa tanda kutip). Untuk wilayah Indonesia, fitur ini support dengan beberapa operator lokal seperti: 3, AXIS, Telkomsel, Esia dan XL.
  • Jika Anda menggunakan nomor ponsel yang sudah tersambung atau terdaftar di account Facebook, maka jejaring sosial tersebut akan mengirimkan password temporari sepanjang 8 karakter.
  • Setelah mendapatkan password, masukkan kata sandi itu pada saat login ke Facebook. Password sementara ini hanya akan berlaku selama 20 menit dan tidak dapat digunakan kembali.

Ketika lupa logout Facebook seusai mengaksesnya menggunakan komputer di tempat umum, seperti di kafe atau warnet, Anda dapat menggunakan fitur Remote Logout untuk menutup sesi pengaksesan Facebook.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari komputer lain atau perangkat mobile untuk kembali mengakses account Facebook pribadi. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Klik pada bagian atas kanan laman Facebook dan pilih Account Settings.
  • Klik Security di kolom bagian kiri.
  • Klik Active Sessions.
  • Klik End Activity pada bagian kanan sesi dan selesai.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.