Jumat, 27 September 2013

Cara membuat postingan yang aman bagi diri Anda dan orang lain


Melihat viral serta bebasnya berekspresi di jejaring sosial khususnya Facebook, membuat banyak netizen yang dengan sengaja atau tidak sengaja membuat suatu postingan di account pribadi atau di laman lainnya.

Namun, dari kebebasan berekspresi tersebut, tidak sedikit yang juga akhirnya berbuntut panjang dengan diperkarakannya sang pembuat status ke pihak yang berwajib karena postingan tersebut mengandung hal yang tidak menyenangkan sampai dengan masalah pencemaran nama baik dan sebagainya.

Oleh karena itu, diharapkan untuk memikirkan terlebih dahulu secara matang sebelum Anda membuat satu postingan. Jangan sampai postingan Anda tersebut menyakiti hati orang lain dan akhirnya menjadi blunder bagi diri sendiri.

Disarankan juga, selain berpikir terlebih dahulu sebelum membuat postingan, agar mengatur settingan timeline untuk dapat mengendalikan siapa saja yang berhak melihat tulisan tersebut.

Tips FacebookUntuk melakukannya, Anda dapat mengaturnya di fitur pengaturan audiens yang terdapat di setiap account Facebook. Selain di kolom Status Update, pengaturan tersebut juga muncul di setiap kolom untuk mengomentari foto, video atau lainnya.
Tips FacebookFitur Audience Selector dapat dijumpai di bawah kolom penulisan status atau kolom komentar. Dari tombol tersebut dapat dipilih siapa saja yang dapat melihat tulisan atau status atau komentar yang Anda tulis.

Tim dari Facebook sudah mengatur sedemikian rupa sehingga ketika penggunanya sudah mengatur settingan di Audience Selector, maka untuk komentar atau status yang dituliskan berikutnya akan masih mengacu pada settingan terbaru.

Suatu keleluasaan yang dapat dilakukan oleh pengguna jejaring sosial satu ini, Facebook juga mempersilakan pemilik account di situs mereka untuk dapat mengatur ulang Audience Selector untuk suatu status atau postingan baik yang baru saja dituliskan atau juga yang sudah lama sekali.

Namun sayangnya, Anda tidak dapat mengatur settingan Audience Selector ketika Anda menuliskan atau mengomentari sesuatu di timeline atau foto orang lain. Hanya yang bersangkutanlah yang dapat mengubahnya.

Apabila Anda menemukan suatu postingan atau komentar yang menyangkut diri Anda dengan kata-kata atau tulisan kasar dan tidak pantas, maka selain Anda dapat menghapusnya secara langsung atau mengabaikannya, Anda juga dapat meminta orang yang bersangkutan untuk berhenti melakukannya.

Cara di atas termasuk masih sopan dan wajar, namun ada cara yang boleh dibilang ekstrem yaitu dengan 'meng-Unfriend' atau memblokir orang yang bersangkutan dari daftar pertemanan.

Anda juga dapat melaporkan tindakannya tersebut ke pihak Facebook, tentunya harus disertai dengan alasan kenapa orang tersebut Anda laporkan.
Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.