Jumat, 27 September 2013

Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Setiap ibu hamil akan mengalami rasa mual yang biasa disebut morning sickness. Ini sering dialami saat hamil muda dimasa kehamilan 3 bulan atau trimester pertama. Hal ini tak mungkin dielakkan lagi, karena tentunya rasa mual ini sangat mengganggu bagi ibu hamil. Namun kalian tak perlu khawatir, ada cara untuk mengatasi mual saat hamil muda yang bisa ibu hamil coba. Tips yang diberikan bukan berarti menghilangkan rasa mual secara total, melainkan mengurangi agar tidak berlebihan karena rasa mual akan pasti dialami oleh ibu hamil.


Beberapa Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

  1. Biasakan untuk tidak terbangun terburu-buru ketika bangun dari tempat tidur. Sebaiknya untuk duduk terlebih dahulu lalu perlahan-lahan bangun dari tempat. Jika rasa mual itu datang, alangkah baiknya mencicipi makanan ringan seperti snack atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur. Hal ini bisa mengatasi mual saat hamil muda.
  2. Untuk mengurangi rasa mual anda, supaya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti roti, biskuit, kentang, sayuran, ataukah mengkonsumsi buah.
  3. Jangan makan dengan jumlah porsi yang besar karena akan justru membuat anda bertambah mual, sebaiknya makan dalam jumlah sedikit tapi sering. 
  4. Jangan makan makanan yang pedas, berlemak, maupun berminyak, karena justru akan menambah parah rasa mual anda.
  5. Anda bisa mencoba menggunakan jahe, jahe berkhasiat mengurangi rasa mual dan aman bagi ibu hamil. Konsumsilah makanan yang mengandung jahe sebagai contoh permen jahe.
  6. Hindari minuman yang berkafein, yang dianjurkan meminum juice atau sebaiknya minum air putih yang cukup. Karena biasa ibu hamil sering mengalami dehidrasi sehingga mengakibat rasa mual.
  7. Sebaiknya juga mengkonsumsi vitamin B6, karena dapat mengatasi mual saat hamil muda. Untuk pemakaiannya konsultasikan sama dokter.
  8. Dengan istirahat yang cukup akan mengurangi rasa mual Anda. Biasakan hidup anda terasa rilex atau santai dengan cara mendengarkan musik, baca majalah atau kegiatan-kegiatan yang tidak membuat anda stres.
Cukup sekian pembahasan kami tentang beberapa tips mengatasi mual saat hamil muda. Cara diatas merupakan cara yang banyak digunakan oleh kebanyakan ibu hamil dan terbukti berhasil. Nantikan tips-tips lainnya hanya seputar kehamilan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.