Kamis, 26 September 2013

Tips Tetap Sehat Meski Gemar 'Ngemil'


MENGONSUMSI makanan sehat adalah keharusan. Sayang, keinginan tersebut kadang terbentur dengan pekerjaan.

Tiba waktu makan, tapi pekerjaan masih menumpuk? Dan ketika waktu makan tiba, kebanyakan kita memilih menu yang kurang tepat karena hanya mementingkan upaya mengenyangkan perut ketimbang mengganti energi yang telah terpakai dengan makanan gizi seimbang.

Berikut beberapa tips memilih makanan sehat yang bisa dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu, terutama snacking, seperti dilansir Womansday:

Minum pagi

Minum saja segelas jus sayuran untuk detoksifikasi. Konsumsi pula blueberi beku sebelum dicampur dengan yogurt Yunani yang rendah kalori. Bila tidak suka, nikmati saja teh hijau, peppermint, atau teh chamomile.

Sebelum olahraga

Jika ingin olahraga pagi sebelum bekerja, tubuh perlu energi. Konsumsilah makanan sumber karbohidrat dan protein guna membakar otot selama olahraga. Jangan biarkan perut kosong sebelum olahraga.

Setelah olahraga

Usai olahraga, tubuh memiliki kebutuhan asupan berbeda. Ketika karbohidrat terkuas, tubuh mulai membangun energi dari asupan protein yang tersimpan. Jadi, konsumsilah segelas susu, selai kacang, atau sayuran untuk mengganti asupan protein.

Santap siang singkat

Momen makan yang terburu-buru kerap mengorbankan kualitas makanan yang diasup. Alhasil, keseimbangan nutrisi dan kesehatan menjadi tidak terpenuhi. Upayakanlah mengonsumsi makanan gizi seimbang meski waktu makan siang cukup singkat.

Menjelang sore

Perut akan mulai merintih sekira pukul 15.00 atau 16.00. Konsumsi secangkir kopi, bila ingin, tapi perlu diingat bahwa menyeruput kopi di sore hari bisa membuat mata terjaga hingga larut. Jika tidak suka kopi, lebih baik konsumsi buah, seperti jeruk.

Jeruk akan memberikan asupan gula dan vitamin C untuk tubuh. Jeruk juga mudah dicerna. Anda juga bisa juga mengonsumsi roti gandum dengan selai kacang atau yogurt ditambah sedikit madu.

Sebelum makan malam

Biasanya, selepas pulang kerja, perut terasa lapar hingga tidak sabar menunggu makan malam. Untuk mengendalikan rasa lapar, konsumsilah beberapa potong melon atau semangka. Carilah makanan berkalori rendah, tapi memiliki banyak kadar cairan untuk mengurangi rasa lapar.

Camilan malam

Kalau sudah malam hari, tak perlu mengonsumsi makanan secara berlebihan karena bisa mengganggu waktu tidur. Cobalah mengonsumsi kue atau ambillah sereal dengan diberi segelas susu hangat. (Okz/Yan)

Sumber: krjogja.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.