Sabtu, 28 Desember 2013

Pahami Cara Merawat Rambut Secara Alami dan Cepat

Cara merawat rambut secara alami adalah cara tradisional yang mungkin telah dilupakan oleh kebanyakan wanita saat ini. Mempercantik penampilan rambut seperti smoothing dan ekstention sering dilakukan tidak lain agar mahkota mereka terlihat lebih menarik. Tanpa disadari, perawatan rambut modern yang berlebihan mampu menimbulkan banyak efek samping misalnya rambut bercabang maupun terlihat kusam.

cara merawat rambut secara alami

Rambut bercabang maupun kusam bukan hanya disebabkan oleh perawatan rambut modern saja. Banyak faktor sepele disekitar kita yang mampu merusak rambut. Anda harus memperhatikan faktor - faktor yang akan dikupas oleh Kecantikan dan Kesehatan Wanita berikut.

          Faktor – Faktor Yang Mampu Merusak Rambut

  1. Mengeringkan rambut yang basah dengan menggosoknya menggunakan handuk
  2. Terkena sinar matahari secara langsung secara terus menerus
  3. Penggunaan cat rambut
  4. Penggunaan bahan-bahan kimia dalam vitamin rambut yang biasa dijual di pasaran
          Mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk mungkin sering Anda lakukan setelah keramas. Tanpa disadari gerakan ini dapat merusak lapisan terluar rambut atau kutikula. Hal ini mengakibatkan rambut kusut bahkan rontok. Sebaiknya, bungkus rambut dengan handuk, kemudian tekan dengan lembut untuk menyerap air. Gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai kekusutan. Sebenarnya banyak cara merawat rambut secara alami lain yang dapat digunakan selain cara tersebut. Simak penjelasan berikut.


          Beberapa Cara Merawat Rambut Secara Alami

  1. Menggunakan buah alpukat. Buah alpukat mampu membuat rambut yang bercabang dan kering kembali lembab. Hanya dengan mengoleskan tumbukan halus alpukat yang dicampur dengan sedikit santan ke area rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.
  2. Menggunakan minyak zaitun. Cara ini akan lebih efektif apabila dilakukan selama dua minggu sekali. Oleskan minyak zaitun pada area rambut sebelum keramas. Setelah itu diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan shampo. Metode ini mampu menambah kesehatan dan kelembutan pada rambut serta dapat pula mengatasi ketombe.
  3. Menggunakan Mayones. Mayones mengandung asam lemak yang berperan dalam melembutkan rambut. Setelah keramas, oleskan satu sendok makan mayones pada area rambut. Keringkan, kemudian bungkus rambut dengan handuk panas. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 15 menit.
  4. Menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa dan minyak bunga matahari. Minyak alami mampu meningkatkan kelembutan rambut serta mencegah rambut kering dan bercabang. Setelah keramas, oleskan minyak alami pada area rambut kemudian bungkus dengan menggunakan handuk hangat. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 15 menit.
  5. Menggunakan cuka apel. Cuka apel mampu membuat rambut kusut menjadi halus. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan satu sendok makan minyak gandum dengan air secukupnya. Campuran tersebut kemudian dioleskan setelah keramas saat rambut sedang basah. Diamkan sepuluh menit sampai rambut mengering.
          Setelah menerapkan beberapa cara diatas, jangan lupa untuk tetap menghindari faktor-faktor yang mampu membuat rambut Anda rusak. Usahakan lakukan cara diatas secara teratur sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga cara merawat rambut secara alami diatas dapat bermanfaat dalam menjaga rambut Anda tetap sehat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.