Selasa, 07 Januari 2014

BUKU AJARAN CHUANG TSE (ZHUANGZI) SEORANG FILSUF CHINA

BUKU AJARAN CHUANG TSE (ZHUANGZI) SEORANG FILSUF CHINA

Ivan Taniputera
7 Januari 2014



Judul: Chuang Tse: Pudjangga jang Tadjam dan Djenaka Penanja
Penulis: Khouw Sin eng
Penerbit: Balai Pustaka, Djakarta, 1952.
Jumlah halaman: 100

Berikut ini adalah daftar isinya.


Pada bagian "Sepatan Kata Pengiring" (halaman 5), terdapat kutipan sebagai berikut:

"Adalah satu keanehan dalam sedjarah filsafat Indonesia bahwa tidak berbekas dalam pemandangan hidup atau "Lebenanschaung" bangsa Indonesia, sesuatu pengaruh fislafat Tionghoa, padahal perhubungan bangsa tionghoa dengan bangsa Indonesia sudah rapat sebelum datang bangsa Barat kemari, semendjak zaman Sriwidjaja dan ahli fikir jang besar-besar bangsa Tionghoa itu sudah terkenal kepada bangsa Tionghoa dan sekitarnja semendjak ribuah tahun, djauh sebelum adanja Sriwdjaja dan Madjapahit......"

Berikut ini adalah kutipan dari halaman 44:

"Pada satu hari, seorang jang mulutnja selalu meringis lantaran tidak ada bibirnja, mendjumpai radja-muda Ling negeri Wei guna satu dan lain keperluan. Selain tidak mempunyai bibir bentuk kakinjapun begitu bengkok hingga ia berdjalan dengan lenggang geat-geot sebagai seorang jang selalu hendak rubuh ketanah.

"Tetapi radja-muda Ling demikian terdesak setelah melakukan soal-djawab dengan orang bertjatjat itu, hingga baginda merasa seperti berhadapan dengan seorang jang badannja tidak bertjatjat sama sekali.

"Seorang jang mempunjai gondok sebesar gendi tepat pada tenggorokannja minta berbitjara dengan radja-muda Huan negeri Ch'i. Radja-muda ini pun sudah merasa sangat tertarik oleh pembitjaraan orang gondok itu hingga baginda merasa seperti berhadapan dengan orang jang langsing lehernja.

"Dua hal diatas menundjukkan bahwa segala tjatjat dibadan itu bisa terlupa sama sekali apabila ditemukan dalam dirinja seorang jang tebal kebadjikannja....."

Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.