Rabu, 08 Januari 2014

Gemuk atau Kurus? Ketahui Cara Mengukur Berat Badan Ideal

Cara mengukur berat badan ideal kerap kali diremehkan oleh beberapa orang. Padahal berat badan benar-benar mempengaruhi kesehatan Anda. Berat badan seseorang sudah pasti berbeda-beda. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perbedaan berat badan setiap orang, misalnya makanan yang dikonsumsi, kebiasaan setiap hari, maupun faktor genetik.

Cara mengukur berat badan ideal

Macam- Macam Berat Badan


Berat badan seseorang dibagi menjadi tiga yaitu underweight, normalweight (ideal), overweight, dan obese

  • Underweight atau biasa disebut dengan kurus adalah keadaan dimana berat badan Anda berada di bawah normal. Keadaan seperti ini sering dikarenakan kurangnya nutrisi pada tubuh dan anoreksia (bulimia). Anoreksia adalah gangguan pola makan.
  • Normalweight adalah berat badan pada keadaan normal atau ideal. Normalweight dapat dicapai apabila tubuh telah mencukupi asupan gizi seimbang.
  • Overweight atau kegemukan yaitu berat badan diatas batas normal. Sedangkan pada keadaan Obese, berat badan berada jauh diatas normal atau biasa disebut dengan obesitas. Overweight dan obese dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat sehingga menimbulkan penumpukan lemak. Dari kebiasaan makan yang tidak sehat itulah, banyak penyakit seperti diabetes dan asam urat muncul.

Kalkulator Berat Badan Ideal


Bentuk tubuh ideal suatu bukanlah patokan yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan berat badan ideal. Jangan terpengaruh oleh teman-teman Anda yang menganjurkan untuk memiliki tubuh seperti para model. Beberapa peneliti dari Israel bahkan mengatakan bahwa bentuk tubuh dan berat badan seorang model tidak patut untuk dicontoh. Berat badan ideal pada dasarnya ditentukan oleh tinggi badan Anda sendiri. Pertanyaannya, apakah berat badan Anda sudah ideal? Bagaimana cara menghitung berat badan? Berikut ini, kami sajikan beberapa cara mengukur berat badan ideal. Simak penjelasan berikut baik-baik.
 
1. Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pertama: Indeks Masa Tubuh atau IMT!
Mengukur berat badan ideal dengan IMT ini merupakan cara yang paling banyak atau paling umum dilakukan oleh beberapa orang. Caranya, berat badan Anda dalam satuan kilogram dibagi dengan tinggi badan Anda yang sebelumnya sudah dikuadratkan. Berikut ini rumus menghitung berat badan ideal dengan Indeks Masa Tubuh.

Cara mengukur berat badan ideal

Keterangan:
  • IMT = Indeks Masa Tubuh.
  • BB = Berat Badan dalam satuan kilogram. Ingat! Ketika Anda mengukur berat badan Anda, usahakan baju yang Anda kenakan adalah baju yang tipis dan jangan menggunakan sepatu.
  • TB = Tinggi Badan dalam satuan meter. Pastikan Anda sudah berdiri tegak dan pandangan Anda benar-benar lurus ke depan.
Setelah hasilnya Anda dapatkan, cocokan dengan keterangan di bawah ini.
  • Underweight = jika hasil Indeks Masa Tubuh kurang dari 18,5
  • Normalweight = jika hasil Indeks Masa Tubuh antara 18,6 dan 24,9.
  • Overweight = jika hasil Indeks Masa Tubuh antara 25 dan 29,9.
  • Obese = jika hasil Indeks Masa Tubuh lebih dari 30.
Contoh: Anda adalah seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm, dan memiliki berat badan 65 kg. Cara mengukur berat badan ideal untuk Anda yaitu=
TB = 160 cm = 1,6 m
BB = 65 kg
IMT = 65/(1,6)2 = 25,390625
Setelah dicocokan, maka berat badan Anda termasuk dalam keadaan Overweight karena melebihi batas 24,9. Untuk itu, Anda harus menurunkan berat badan.


2. Cara Mengukur Berat Badan Ideal Kedua: Menggunakan Rumus!
Rumus yang digunakan dibawah ini sudah diteliti dan sangat tepat digunakan sebagai salah satu cara mengukur berat badan ideal. Berikut rumus tersebut.

Cara mengukur berat badan ideal
Keterangan:
  • BBI = Berat Badan Ideal.
  • TB = Tinggi Badan.
Contoh: Anda adalah seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm, dan memiliki berat badan 65 kg. Cara mengukur berat badan ideal untuk Anda yaitu=
Berat ideal = (160-100) X 90% = 60 X 90% = 54
Jadi berat badan ideal untuk Anda adalah 54 kg.

Ketentuan dalam metode penghitungan menggunakan rumus ini.
  • Apabila Anda memiliki berat badan yang lebih besar 10 hingga 20 persen dari berat badan ideal Anda yang seharusnya maka Anda dapat dikatakan kelebihan berat badan atau overweight.
  • Namun jika berat badan yang Anda miliki besar 20 persen dari berat ideal Anda seharusnya, maka Anda termasuk seseorang yang obesitasatau kegemukan.
  • Dan jika berat badan Anda semua menunjukan 10 persen dari kurang berat badan ideal seharusnya, Anda masuk kedalam kategori orang kurus (underweight), solusinya adalah menambah asupan makanan yang bergizi ( menambah berat badan).

3. Cara Mengukur Berat Badan Ideal Ketiga: Mengukur Lingkar Pinggang!
Dari ketiga cara diatas, cara terakhir inilah yang paling mudah untuk Anda lakukan. Caranya pun tidak terlalu sulit yaitu dengan mengukur lingkar pinggang Anda menggunakan jengkal. Setiap satu jengkal tangan seseorang biasanya memiliki panjang sekitar 20 cm. WHO atau Wealth Health Organization menetapkan bahwa
  • Wanita dengan berat badan ideal adalah wanita yang memiliki lingkar pinggang tidak lebih dari 4 jengkal atau kira-kira 80 cm.
  • Pria dengan berat badan ideal adalah pria yang memiliki lingkar pinggang tidak lebih dari 4,5 jengkal atau kira-kira 90 sampai 94 cm.

Jadi, bagaimana berat badan Anda? Apakah sudah ideal, terlalu kurus, atau bahkan kegemukan? Beberapa cara mengukur berat badan diatas sudah diteliti dan sebagian telah disepakati secara internasional sebagai cara mengukur berat badan ideal. Jika berat badan Anda sudah dalam keadaan ideal, Anda harus terus menjaga pola makan dan kebiasaan sehat sehari-hari. Kebutuhan nutrisi tubuh harus selalu dijaga secara seimbang dengan memperhatikan berbagai makanan untuk Anda konsumsi.

Solusi Bagi Anda yang Memiliki Berat Badan Diluar Keadaan Ideal.

  1. Periksa kondisi kesehatan Anda. Lakukan tes kesehatan, apakah Anda memiliki penyakit yang mengakibatkan tubuh Anda menjadi kurus atau menjadi gemuk. Misalnya Anda memiliki penyakit anoreksia (gangguan pola makan). Konsultasi dengan dokter sangat dilanjurkan sebelum Anda melakukan tindakan lebih lanjut.
  2. Mengurangi berat badan. Mengurangi berat badan hanya diperuntukan untuk Anda yang memiliki berat badan diatas normal atau overweight. Biasanya, cara paling ampuh untuk mengurangi berat badan yaitu dengan melakukan diet. Ingin tahu tips lebih lanjut untuk menurunkan berat badan mudah tanpa menggunakan obat-obatan? Baca Tips Diet Alami!
  3. Menambah berat badan. Menambah berat badan hanya diperuntukan untuk Anda yang memiliki berat badan dibawah normal atau underweight. Anda dapat melakukan berbagai metode seperti istirahat yang cukup, mengurangi begadang, dan menambah porsi makan Anda secara teratur.
Demikian tiga cara mengukur berat badan ideal dan sedikit solusi mendapatkan berat badan normal. Selanjutnya Anda dapat membaca Menu Diet Sehat bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet. Baca juga Cara Diet yang Baik. Atau kunjungi Kecantikan dan Kesehatan Wanita untuk tips serta informasi menarik seputar wanita. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.