Kamis, 30 Januari 2014

BUKU SENI MERANGKAI BUNGA TIONGKOK KUNO

BUKU SENI MERANGKAI BUNGA TIONGKOK KUNO

Ivan Taniputera
30 Januari 2014



Judul: Seni Bunga Tionghoa
Penulis: Huang Lin
Penerbit: Keng Po, Djakarta, 1960
Jumlah halaman: 97

Ini adalah buku mengenai seni merangkai bunga Tionghoa. Berikut ini adalah daftar isinya.


Pada bagian PRAKATA di halaman VII terdapat penjelasan sebagai berikut:

"Pembatja jang budiman,

Maksud buku ini ialah untuk memperkenalkan kepada para floris maupun kepada masjarakat penggemar seni bunga pada umumnya mengenai faham dan pandangan floris Tionghoa tentang seni bunga.

Sedjak berkali-kali memberi tjeramah dibeberapa kota besar, kami mendapat kesan bahwa faham dan pandangan floris Tionghoa kuno tentang seni bunga pada umumja masih adapat diterima oleh orang banjak....."

Pada halaman 5 diulas seni bunga Tionghoa dari segi kesejarahan:

"Bahwa seni bunga Tiongkok itu memang kuno sekali dapat dilihat dari bekas2 maupun peninggalan2 kuno. Seni bunga Tiongkok kuno bukannya tidak meninggalkan bekas2nja, bahkan boleh dikataa bekas2 peninggalan seni bunga Tiongkok kuno ini banjak sekali, terutama jang dapat dikemukakan disini ialah djambangan2 perunggu dan porselin Tiongkok kuno. Benda2 peninggalan jang merupakan bekas2 seni bunga kini tersebar diseluruh dunia sebagai bahan2 kesenian antik jang sangat berharga sekali, tidak sadja bagi bidang kesenian dan teknik tetapi djuga bagi sumber sedjarah. Dengan adanja bahan2 atau benda2 peninggalan jang berupa djambangan2 bunga itu. Maka dapatlah dikatakan dengan tak ragu2  lagi bahwa sedjak adanja djambangan2 bunga Tiongkok jang dibuat dari bahan perunggu, di Tiongkok memang pernah terdjadi adanja rangkaian2 bunga, jaitu pada ahala Chow (1122 sbm-221 sbm) jang terkenal dengan benda2 perunggunja."

Kemudian dijelaskan juga mengenai aliran-aliran dalam seni merangkai bunga Tiongkok. Antara lain adalah mazab Yuan. Bahkan dalam hal menyirami bunga juga ada aturannya:

Halaman 51:

"Bunga mume (prunus mume) seharusnya dipermandkan oleh siswa2 jang suka menjembunjikan diri.
Bunga bay tang (pirus spectabilis) oleh tamu2 jang menggiurkan hati....."

Buku ini sangat penting bagi para pecinta seni merangkai bunga Tiongkok. Berikut ini adalah beberapa contoh halamannya:






Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.