Jumat, 14 Maret 2014

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara mengurangi nafsu makan - tentu banyak wanita yang ingin diet dengan mengurangi nafsu makan mereka. Di bawah ini anda dapat membaca cara tersebut. Bagaimana mengurangi nafsu makan yang berlebihan secara alami.

cara mengurangi nafsu makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan

  1. Minum air putih lebih banyak: Banyak orang yang tidak dapat membedakan rasa lapar dan dehidrasi. Terkadang Anda merasa perut kosong dan Anda mengartikannya sebagai rasa lapar, kemudian Anda mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, selalu siapkan air putih untuk mengantisipasi jika Anda merasa ‘lapar’.
  2. Olahraga: Buang jauh-jauh anggapan sebagian orang bahwa berolahraga justru membuat Anda semakin lapar; olahraga justru akan membantu mengurangi nafsu makan Anda secara signifikan!
  3. Jangan melewatkan sarapan: Dalam menjalani aktivitas harian Anda, sarapan adalah kunci kesuksesannya. Oleh karena itu jangan pernah lewatkan sarapan pagi. Justru jika Anda tidak sarapan, Anda akan merasa sangat lapar pada siang hari yang menyebabkan Anda untuk makan siang dengan porsi lebih banyak. Hal ini sangat tidak baik bagi tubuh. Dengan melakukan sarapan, maka metabolisme tubuh Anda akan bekerja lebih awal, dan membuat Anda lebih lama kenyang.
  4. Konsumsi protein saat sarapan: Protein membantu Anda mempertahankan energi dan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari. Oleh karenanya, sebaiknya konsumsi makanan yang rendah kalori namun berprotein tinggi saat sarapan pagi.
  5. Konsumsi teh: Anda terbiasa ngemil saat sore hari? Ganti kebiasaan ngemil Anda dengan minum teh hangat. Ini akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan memuaskan ‘rasa lapar’ Anda.
  6. Jujur pada diri sendiri: Apakah Anda suka ngemil makanan ringan seperti keripik, coklat, atau cemilan lainnya saat Anda merasa bosan atau stres? Akui hal tersebut, dan mulailah menghentikan kebiasaan buruk ini.
  7. Makan dengan teratur: Makan besar dengan porsi yang banyak sekali atau dua kali dalam sehari adalah sebuah kesalahan. Yang terpenting adalah makan dengan teratur tiga hingga empat kali sehari, namun dengan porsi yang kecil. Hal ini akan menghindarkan Anda dari sering merasa lapar, yang biasanya justru membuat Anda makan lebih banyak.
Selain itu, ada pula cara seperti berikut:
 

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan

  • Bagilah Makanan Dalam Jumlah Kecil

    Saat Anda melihat makanan kesukaan Anda dan berniat untuk memakannya sekalipun Anda tidak lapar, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagi makanan tersebut dalam jumlah kecil. Ini adalah cara paling efektif dan menguntungkan Anda. Mengapa demikian? Di satu sisi Anda masih bisa menikmati makanan kesukaan Anda, selebihnya Anda berhasil membatasi asupan kalori karena Anda memakannya dalam porsi yang lebih kecil.

  • Buatlah Daftar Makanan

    Untuk mengurangi nafsu makan di waktu tertentu, bayangkanlah Anda sudah makan dengan porsi yang cukup. Mengingat apa yang sudah Anda makan dapat mengaktifkan hipokampus otak Anda. Inilah bagian dari otak besar yang turut mengendalikan nafsu makan Anda. Untuk memaksimalkan kinerja hipokampus ini, buatlah daftar makanan yang akan Anda konsumsi setiap hari. Masukkan daftar makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan untuk membantu menjaga kesehatan Anda.
     
  • Jangan Gunakan Tempat Makanan Transparan

    Apakah Anda menggunakan tempat makanan yang transparan di rumah Anda? Salah memilih wadah atau tempat makanan ternyata bisa berefek buruk bagi diet. Tempat makan transparan bisa membuat makanan Anda mudah terlihat dan semakin menggoda untuk disantap. International Journal of Obesity di Amerika mengungkap, perempuan akan makan 71 persen lebih banyak jika menggunakan wadah transparan. Jadi, untuk mengurangi nafsu makan Anda, gunakanlah wadah makanan yang tertutup.
 Nah, itulah cara mengurangi nafsu makan yang diulas Kecantikan Wanita. Jangan lupa share ke sosial media seperti facebook dan twitter.

Sumber : vemale.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.