Sabtu, 08 Maret 2014

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Obat Herbal

Manfaat jeruk nipis merupakan solusi alternatif yang digunakan para wanita untuk kecantikan maupun kesehatan. Kebanyakan orang tidak biasa mengonsumsinya secara langsung sebab rasanya yang dirasa sangat asam. Cara mengonsumsinya sering kali menggunakan madu maupun bahan tambahan lainnya.

Sebagai solusi pengobatan herbal alami, jeruk nipis dianggap mampu meredakan batuk, serta beberapa masalah proses pencernaan. Di bawah ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Yang Terbukti Ampuh


1. Obat Batuk

Salah satu manfaat kulit jeruk yang pertama yakni sebagai obat batuk. Batuk merupakan penyakit yang mudah mengintai setiap orang, tanpa memperhatikan factor usia. Apabila terserang batuk, maka tentu aktivitas anda sehari – hari menjadi terganggu dan kurang nyaman, sehingga penanganan batuk secara cepat diperlukan bagi kesehatan anda. Kulit jeruk yang telah dikeringkan dipercaya mampu menghilangkan penyakit tersebut. Hanya dengan mencampur dengan gula merah dan sedikit jahe, anda dapat meminumnya dua kali sehari.
2. Mengatasi Gigi Sensitif

Gigi sensitive sangat mengganggu, terutama ketika anda menikmati makanan yang tidak biasa anda makan. Penderita penyakit ini tidak diperbolehkan sembarangan dalam memilih makanan mereka. Oleh karena itu, gigi sensitive harus segera di atasi. Dengan menggunakan manfaat kulit jeruk, anda dapat mengatasi penyakit ini dengan dijadikan sebagai minuman.

3. Meredakan Batuk

Anda terserang batuk dan melihat ada buah jeruk nipis di lemrai es? Tenanglah, itu bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk anda. Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

4. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tak sedap bisa membuat seseorang minder dan terasing dari pergaulan. Namun tidak perlu khawatir, karena sebuah jeruk nipis bisa mengatasinya. Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa jadi gejala awal penyakit batuk. Sebelum benar-benar terserang penyakit batuk, cobalah ramuan jeruk nipis untuk mengatasinya. Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari. 

Sumber : http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.