Kamis, 10 April 2014

Manfaat Kalium Dari Buah Buahan Dan Sayur Sayuran Bagi Kesehatan

Ketika berbicara tentang gizi, kita segera berpikir tentang vitamin, mineral, protein, serat, dan karbohidrat. Masing-masing dari gizi ini ketika digunakan dalam dosis yang tepat, memiliki pengaruh positif pada kesehatan kita. Kalium merupakan salah satu mineral seperti yang dapat diperoleh dari diet rendah sodium. Ini adalah nutrisi penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Selain itu, memungkinkan kontraksi otot dan membantu dalam mempertahankan tekanan darah normal dengan menetralkan efek sodium. Mineral ini melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan mencegah mereka dari penebalan. Selain itu, juga menurunkan risiko batu ginjal dan tulang keropos yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

Kekurangan Kalium dikenal sebagai hipokalemia. Gejala kekurangan ini meliputi kelelahan, lekas marah, lemah, penyimpangan jantung seperti cepat atau lambat detak jantung, hipertensi, dan bahkan kehilangan koordinasi otot. Meningkatkan asupan kalium Anda tidak hanya mencegah kondisi ini, tetapi juga pembatasan garam dan sodium, mengurangi risiko stroke dan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Buah Buahan dan Sayur Sayuran Kaya Kalium :

Institute of Medicine dan akademisi Sains Nasional merekomendasikan asupan harian setidaknya 4700 miligram kalium untuk orang dewasa untuk mencegah hipokalemia. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita tidak menyadari pentingnya mineral dan makanan yang kita harus konsumsi dalam rangka untuk meningkatkan asupan. Kekurangan kalium dapat dicegah atau lebih tepatnya disembuhkan dengan mengikuti makanan rendah sodium, yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran. Di bawah ini adalah beberapa buah-buahan dan sayuran yang secara efektif dapat memenuhi kebutuhan kalium harian Anda.

manfaat buah dan sayur


1. Buah Pisang :

Manfaat pisang bagi kesehatan tidak diragukan lagi, salah satu sumber terbaik potasium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram kalium. Jadi makan pisang adalah cara yang bagus untuk mencapai asupan kalium harian yang direkomendasikan. Selain kaya kalium, buah pisang mengandung karbohidrat sehat dan meningkatkan metabolisme Anda.

2. Ubi Jalar :

Kita sering berpikir buah pisang ketika kita berbicara tentang makanan yang kaya kalium. Tapi hanya sedikit dari kita tahu bahwa ubi jalar adalah peringkat tertinggi di antara daftar makanan yang tinggi kalium. Satu ubi jalar mengandung 694 miligram kalium dengan hanya 131 kalori. Hal ini juga memberikan bonus tambahan nutrisi lain seperti beta-karoten, serat dan karbohidrat. Ini sayuran yang sehat dan lezat yang cukup serbaguna juga.

3. Bit Hijau :
Sebagian besar dari kita mengkonsumsi sayur bit, tapi bit hijau yang bersangkutan sering dianggap produk sampah dan sering diabaikan. Tapi bit hijau sedikit pahit layak dimasukan ke dalam makanan Anda karena mengandung 644 miligram kalium dalam setengah mangkok. Selain itu, bit hijau baik mentah maupun dimasak adalah sumber folat dan antioksidan. Anda dapat menyertakan bit hijau mentah dalam salad atau memasaknya atau menambahkannya ke sup untuk meningkatkan kadar potassium.

4. Wortel :

Wortel juga merupakan sumber potasium yang baik dengan semangkok kecil wortel mentah atau segelas jus wortel menyediakan 689 miligram kalium. Membuat jus wortel adalah cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak kalium. Selain itu, wortel juga mengandung beta-karoten, yang membuat mereka baik untuk mata Anda. Anda dapat menambahkan beberapa wortel cincang untuk salad makan siang atau minum segelas jus wortel sebagai camilan sore.

5. Tomat :

Tomat segar adalah sumber kalium, dengan satu tomat mentah kecil atau secangkir jus tomat memberikan 909 miligram mineral. Pasta tomat adalah sumber yang lebih baik dari kalium. Seperempat cangkir pasta tomat mengandung 664 miligram. Tomat dapat digunakan dalam beberapa olahan untuk meningkatkan asupan kalium Anda. Anda bisa memasak tomat dengan menghaluskan, tambahkan saus tomat untuk pasta Anda atau hanya memasukkan jus tomat dalam diet Anda.

6. Bayam :

Kita semua tahu bahwa bayam adalah makanan super dalam hal nilai gizi. Bayam dimasak memiliki kandungan kalium yang relatif lebih tinggi dengan hanya satu mangkok menyediakan 839 miligram. Anda dapat menggabungkan bayam masak sebagai lauk untuk makan malam Anda.

7. Labu :

Labu merupakan makanan untuk diet karena mengandung kurang dari 50 kalori tetapi jumlah yang berlimpah dari vitamin A dan serat. Ini juga merupakan sumber kalium, menyediakan 448 miligram dalam setengah mangkok saji. Sama seperti bayam, sayuran ini dapat dikonsumsi sebagai lauk untuk makan malam.

8. Buah Sawo :

Umumnya dikenal sebagai sapota dan chickoo, buah sawo juga merupakan sumber potasium yang baik, menyediakan 193 miligram atau 6% dari RDA dalam porsi 100 gram. Segelas sawo bubur menyediakan 465 miligram dan memberikan kontribusi 13% dari DV kalium.

9. Kacang:

Kacang kering dan kacang polong merupakan tanaman kaya sumber kalium lainnya. Kacang putih adalah sumber terkaya dengan setengah cangkir menyediakan hampir 600 miligram kalium. Sumber lain termasuk kacang kedelai (443 miligram), kacang merah (358 miligram), kacang lima (484 miligram), lentil (365 miligram) dan kacang polong split (355 miligram). Produk kedelai yang belum diolah merupakan sumber protein yang baik dan membantu melawan peradangan dalam tubuh. Kacang juga baik untuk jantung Anda dan harus dimasukkan dalam diet Anda.

10. Buah Jeruk:

Buah jeruk ini sangat populer pada rasanya dan tingkat yang tinggi kandungan vitamin C. Tapi buah jeruk juga merupakan sumber potasium yang baik. 100 gram jeruk memberikan 181 miligram atau 5% DV kalium sementara produk kemasan jeruk hampir 237 miligram atau 7% DV kalium. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan buah jeruk untuk salad atau hanya minum segelas jus jeruk untuk meningkatkan gizi.

Sekarang Anda tahu mengapa buah-buahan dan sayur-sayuran sangat penting! Jika kekurangan kalium adalah kekhawatiran Anda, Anda mempunyai alasan untuk memasukkan buah-buahan dan sayuran ini dalam makanan Anda. Namun, dosis yang tinggi kalium memiliki dampak negatif, terutama jika dikonsumsi dari suplemen, cobalah untuk memenuhi kebutuhan kalium Anda dari makan sehat kecuali dokter menyarankan Anda untuk menggunakan suplemen.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.