Kamis, 22 Januari 2015

Cara Memakai Kondom Pria Dan Wanita Sebelum Berhubungan Seks utk Mencegah Kehamilan dan IMS

Apa itu kondom? Kondom adalah bentuk kontrasepsi penghalang dengan menghentikan sperma mencapai sel telur. Memakai kondom saat berhubungan seks merupakan cara mencegah kehamilan yang efektif. Fungsi kondom juga dapat membantu mencegah infeksi menular seksual ( IMS ), termasuk gejala HIV, yang menular dari satu pasangan seksual ke yang lain. Manfaat kondom juga melindungi terhadap infeksi menular seksual bila digunakan dalam seks penetrasi ( anal seks atau vaginal ) dan oral seks. Kondom adalah satu-satunya alat kontrasepsi dua perlindungan, untuk mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual ( IMS ).

Penis seharusnya tidak melakukan kontak langsung dengan vagina sebelum memakai kondom jika Anda bermaksud untuk mencegah kehamilan. Hal ini karena air mani bisa keluar dari penis sebelum seorang pria telah sepenuhnya ejakulasi. Jika ini terjadi, atau jika air mani masuk ke dalam vagina saat menggunakan kondom pria atau kondom wanita, mintalah saran tentang alat kontrasepsi darurat dari dokter atau klinik kesehatan seksual. Juga, pertimbangkan untuk tes infeksi menular seksual ( IMS ).

Hal ini penting untuk memakai kondom dengan benar, dan untuk memastikan penis tidak melakukan kontak dengan vagina sebelum memakai kondom, untuk menghindari risiko infeksi menular seksual menular ke pasangan seks. Jika digunakan dengan benar, kondom pria 98% efektif untuk mencegah kehamilan. Kondom wanita dianggap sekitar 95% efektif. Biasanya kondom terbuat dari lateks karet yang sangat tipis atau plastik yang sangat tipis (baik poliisoprena atau polyurethane).

Kondom mana yang cocok untuk saya dan pasangan seks saya?

Kondom pria dan kondom wanita tersedia di indonesia dan cocok untuk kebanyakan orang. Kondom pria pas pada saat ereksi penis seorang pria. Kondom wanita dimasukkan ke dalam garis vagina. Terserah Anda dan pasangan Anda jenis kondom mana yang ingin digunakan. Kebanyakan orang dapat dengan aman menggunakan kondom. Namun, kondom mungkin bukan metode kontrasepsi yang paling cocok untuk semua orang:
  • Beberapa pria dan wanita sensitif terhadap bahan kimia dalam kondom lateks laki-laki.
  • Pria yang memiliki kesulitan untuk ereksi mungkin tidak dapat menggunakan kondom pria, penis harus menjadi tegak untuk mencegah air mani bocor dari kondom.
  • Kondom wanita mungkin bukan kontrasepsi yang paling cocok untuk wanita yang tidak merasa nyaman saat menyentuh area vagina mereka.
Cara Memakai Kondom Pria Dan Wanita Sebelum Berhubungan Seks utk Mencegah Kehamilan dan IMS

Cara memakai kondom pria

Kondom pria pas di penis yang sedang ereksi dan harus di pakai sebelum penis masuk ke dalam vagina, anus atau mulut. Cara memakai kondom pria:
  • Ambil kondom dari paket, buka dengan hati-hati supaya tidak merobek kondom. Jangan membuka paket dengan gigi Anda.
  • Tahan dot pada ujung kondom dengan jari telunjuk dan ibu jari.
  • Masih memegang dot, tempatkan kondom di atas ujung penis yang ereksi.
  • Perlahan buka gulungan kondom sampai ke pangkal penis.
  • Setelah ejakulasi, tarik penis saat masih ereksi. Ketika Anda melakukan ini, tahan kondom di pangkal penis untuk memastikan itu tidak bocor.
  • Lepaskan kondom dari penis, berhati-hatilah supaya tidak menumpahkan air mani sedikitpun. Buang kondom yang sudah di pakai ke dalam tong sampah. Jangan menyiramnya di toilet.
  • Pastikan penis tidak menyentuh vagina pasangannya lagi. Jika Anda masih ingin melakukan hubungan seks, gunakan kondom baru.

Memakai kondom tidak mengganggu kenikmatan berhubungan seks, dan banyak orang menganggap sebagai bagian dari pemanasan seks yang menyenangkan.

Cara memakai kondom wanita

Kondom wanita biasanaya terbuat dari polyurethane dan dipakai ke dalam vagina untuk menghentikan sperma sampai ke rahim. Hal ini perlu dimasukkan dalam vagina sebelum ada kontak antara vagina dan penis atau sebelum melakukan hubungan seks.
  • Ambil kondom wanita dari paket, berhati-hatilah jangan merobek kondom dengan kuku. Jangan membuka paket dengan gigi Anda.
  • Pencet cincin kecil di ujung tertutup kondom dengan jari tengah dan jempol.
  • Dengan menggunakan jari, dorong masuk kondom ke dalam lubang vagina. Pastikan cincin besar di ujung terbuka dari kondom wanita berada di area sekitar tepi lubang vagina.
  • Cincin luar kondom harus berada di luar lubang vagina setiap saat selama berhubungan seks. Jika lingkar luar terdorong masuk ke dalam lubang vagina, berhentilah berhubungan seks sementara dan pakai kembali dengan tepat.
  • Pastikan penis memasuki kondom wanita, dan bukan antara kondom dan sisi vagina.
  • Setelah berhubungan seks, sedikit memutar dan tarik ujung kondom untuk mengeluarkannya. Bungkus kondom dalam kantong plastik dan masukan ke dalam tong sampah. Jangan menyiram di toilet.

Jika Anda berhubungan seks lebih dari sekali pada waktu yang sama, gunakan kondom baru. Jangan menggunakan kembali kondom yang sudah di pakai dan Anda jangan menggunakan kondom bersama-sama dengan pasangan seks Anda. Periksalah tanggal kadaluwarsa pada paket kondom pria dan kondom wanita yang Anda beli.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.