Kamis, 22 Januari 2015

Obat Statin Dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi ( Kolesterol Jahat atau LDL )

Obat statin adalah kelompok obat-obatan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol low density lipoprotein ( kolesterol LDL ) dalam darah. Kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat, dan obat statin dapat mengurangi kolesterol jahat di dalam hati. Efek kolesterol tinggi berpotensi berbahaya, karena penyebab kolesterol tinggi, dapat mengalami pengerasan dan penyempitan pembuluh darah ( aterosklerosis ) dan penyakit sistem kardiovaskular. Penyakit sistem kardiovaskular adalah istilah umum yang menggambarkan penyakit jantung atau pembuluh darah. Ini adalah penyebab paling umum kematian di beberapa negara. Jenis utama penyakit sistem kardiovaskular adalah:
  • Penyakit jantung koroner - ketika pasokan darah ke jantung menjadi terbatas
  • Angina - nyeri dada yang tajam, yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner
  • Serangan jantung - ketika pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba tersumbat 
  • Stroke - ketika pasokan darah ke otak menjadi terblokir

Obat statin biasanya diberikan kepada orang-orang yang telah didiagnosis dengan penyakit sistem kardiovaskular atau riwayat kesehatan keluarganya yang menunjukkan mereka mungkin akan mengalami penyakit sistem kardiovaskular di suatu waktu selama 10 tahun ke depan. Jika Anda diberikan obat statin, Anda juga akan disarankan tentang cara cara menurunkan kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup Anda. Ini termasuk makan makanan penurun kolesterol tinggi yang sehat dan rendah lemak jenuh, berolahraga secara teratur, berhenti merokok dan jangan konsumsi alkohol karena merupakan pantangan kolesterol tinggi.

Menggunakan obat statin

Statin tablet dapat diminum sekali dalam sehari. kebanyakan orang menggunakan statin sebelum tidur. Dalam beberapa kasus, pengobatan dengan statin harus diteruskan sampai waktu yang lama, jika obat dihentikan maka tanda tanda kolesterol tinggi bisa muncul dan menyebabkan kolesterol Anda kembali ke tingkat yang tinggi dalam beberapa minggu. Jika Anda secara tidak sengaja minum terlalu banyak obat statin (lebih dari dosis yang biasa Anda minum sehari-hari), hubungi dokter atau apoteker untuk meminta saran. Obat statin kadang-kadang dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain, sehingga meningkatkan risiko efek samping yang tidak menyenangkan, seperti kerusakan otot. Beberapa jenis obat golongan statin juga dapat berinteraksi dengan jus jeruk. Hal ini sangat penting untuk mengetahui aturan pemakaian obat statin bagi Anda. Untuk memastikannya, hubungi dokter atau apoteker untuk meminta petunjuk.

Pengobatan kolesterol tinggi alternatif

Dokter mungkin memberikan obat statin sebagai pengobatan jika Anda diyakini berisiko mengalami penyakit sistem kardiovaskular. Namun, terserah Anda apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Meskipun statin cukup efektif dalam mengatasi kolesterol tinggi, tapi statin bukan satu-satunya pilihan obat penurun kolesterol tinggi. Langkah-langkah alternatif untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi Anda meliputi:
  • Makan makanan sehat rendah lemak jenuh
  • Menambah jumlah asam lemak omega-3 dalam makanan Anda
  • Minum obat resep lain
Obat Statin Dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Kolesterol Jahat atau LDL
 
Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi

Jika Anda telah didiagnosa dengan kolesterol tinggi, metode pengobatan pertama biasanya yaitu membuat beberapa perubahan pola makanan Anda (mengadopsi makanan untuk kolesterol tinggi rendah lemak) dan melakukan olahraga teratur. Setelah beberapa bulan, jika kadar kolesterol tinggi Anda belum turun, Anda biasanya akan disarankan untuk mengambil obat penurun kolesterol tinggi. Anda bisa menggunakan obat kolesterol tinggi alami seperti obat herbal kolesterol tinggi yang alami, obat tradisional kolesterol tinggi, atau obat sesuai petunjuk tokter.

Makanan kolesterol tinggi

Makan makanan penurun kolesterol tinggi yang sehat yang rendah lemak jenuh dapat mengurangi kadar kolesterol LDL ( kolesterol jahat ). Jika ciri ciri kolesterol tnggi atau akibat kolesterol tinggi Anda berada dalam kategori risiko tinggi untuk mengalami penyakit sistem kardiovaskular ( penyakit jantung dan stroke ), mengubah diet Anda tidak cukup untuk menurunkan risiko Anda. Namun, makan makanan sehat, diet seimbang yang sehat memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya yang berhubungan dengan penurunan kolesterol tinggi Anda. Diet sehat meliputi makanan dari semua kelompok makanan yang berbeda:
  • Karbohidrat (sereal, roti gandum, kentang, nasi dan pasta),
  • Protein (daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan ikan),
  • Lemak tak jenuh, dan
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.