Kamis, 22 Januari 2015

Obat Sembelit : Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi, Anak-Anak Dan Ibu Hamil

Apa itu sembelit? Pengertian sembelit adalah suatu gangguan sistem pencernaan yang sangat umum yang dapat terjadi pada semua orang dari segala usia yang juga berarti bahwa Anda susah buang air besar (kotoran atau tinja) dari yang biasa Anda lakukan. Sembelit juga bisa menyebabkan tinja Anda menjadi keras, kental, besar atau kecil. Tingkat keparahan sembelit dapat bervariasi. Banyak orang hanya mengalami sembelit dalam waktu singkat tanpa efek pada kesehatan mereka. Bagi sebagian orang, sembelit bisa menjadi kondisi kronis (jangka panjang) yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan. Sembelit kronis juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti impaksi feses (kotoran kering dan keras mengumpul dalam rektum) atau inkontinensia feses (kebocoran cairan tinja).

Penyebab sembelit

Sebagian besar kasus sembelit bukan disebabkan oleh kondisi tertentu dan mungkin sulit untuk mengidentifikasi penyebab pasti. Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan kesempatan Anda mengalami sembelit, termasuk:
  • Tidak makan cukup serat, seperti buah-buahan, sayuran dan sereal
  • Perubahan dalam rutinitas Anda atau gaya hidup, seperti perubahan dalam kebiasaan makan Anda
  • Imobilitas atau kurangnya latihan
  • Tidak minum cukup air
  • Terlalu kurus atau kegemukan
  • Kecemasan atau depresi
  • Masalah kejiwaan misalnya yang disebabkan oleh pelecehan seksual, kekerasan atau trauma.

Siapa yang dapat mengalami gejala sembelit ?

Sembelit dapat terjadi pada bayi, anak-anak dan orang dewasa, dan mempengaruhi dua kali lebih banyak wanita dibandingkan pria. Orang yang tua lima kali lebih mungkin mengalami sembelit dibandingkan orang dewasa yang lebih muda, biasanya karena faktor makanan, kurang olahraga, penggunaan obat-obatan dan kebiasaan buang air besar yang buruk. Sekitar 40% wanita hamil mengalami sembelit selama kehamilan mereka.

Pengobatan sembelit biasanya efektif, meskipun dalam beberapa kasus dapat memakan waktu beberapa bulan (lihat cara mengobati sembelit untuk informasi lebih lanjut).

Gaya hidup

Obat Sembelit  Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi, Anak-Anak Dan Ibu Hamil

Dokter Anda pertama akan memberitahu Anda tentang bagaimana Anda dapat mengubah diet dan gaya hidup, yang berarti bahwa penyakit sembelit Anda dapat sembuh tanpa menggunakan obat-obatan. Beberapa cara mengobati sembelit yang dapat membantu Anda meliputi:
  • Tingkatkan asupan serat harian. Anda harus makan setidaknya 18-30g serat sehari. Makanan tinggi serat termasuk buah, sayuran dan sereal.
  • Konsumsi beberapa makanan atau minuman yang dapat melancarkan buang air besar. Ini akan membantu membuat tinja Anda tidak keras dan lebih mudah keluar.
  • Tingkatkan asupan cairan Anda. Minum setidaknya 1,2 liter air (enam sampai delapan gelas) sehari.
  • Rutin olahraga dengan berjalan-jalan atau berlari sehari-hari.
  • Jika sembelit Anda menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, Anda mungkin ingin mengambil obat penghilang rasa sakit. Pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk dosis obat dengan hati-hati. Anak di bawah 16 tahun sebaiknya jangan menggunakan aspirin.

Obat pencahar

Obat pencahar adalah jenis obat yang membantu memperlancar buang air besar. Ada beberapa jenis yang berbeda dan masing-masing memiliki efek yang berbeda pada sistem pencernaan Anda.

Obat pencahar osmotik

Pencahar osmotik meningkatkan jumlah cairan dalam perut Anda. Hal ini membantu untuk merangsang tubuh mengeluarkan tinja dan juga melembutkan tinja. Obat sembelit pencahar osmotik yang sering diresepkan dokter meliputi laktulosa dan macrogols. Pastikan Anda minum cukup air. Biasanya butuh dua sampai tiga hari sebelum Anda merasa efek pencahar tersebut.

Obat stimulan

Jika kotoran Anda lembut tetapi Anda masih susah buang air besar ( susah BAB ), dokter mungkin meresepkan obat stimulan. Obat untuk sembelit ini merangsang otot-otot yang melapisi saluran pencernaan Anda.

Impaksi tinja

Impaksi tinja terjadi ketika tinja menjadi keras dan kering dan mengumpul di dubur Anda. Ini menghalangi rektum, sehingga lebih sulit buang air besar. Jika Anda memiliki impaksi tinja, Anda awalnya akan diresepkan dosis tinggi dari obat pencahar osmotik. Setelah beberapa hari menggunakan pencahar ini, Anda dapat juga mulai menggunakan obat pencahar stimulan. Jika tidak ada perubahan, Dokter Anda mungkin perlu memberikan salah satu obat yang dijelaskan di bawah ini:
  • Obat supositoria: jenis obat yang dimasukkan ke dalam anus Anda. Supositoria secara bertahap larut pada suhu tubuh dan kemudian diserap ke dalam aliran darah Anda. Bisacodyl dan gliserol adalah dua obat yang dapat diberikan yang termasuk supositoria.
  • Mini enema: ini adalah obat dalam bentuk cairan yang disuntikkan melalui anus dan ke usus besar Anda. Docusate dan sodium sitrat dapat diberikan dengan cara ini.

Mengatasi sembelit saat hamil atau menyusui

Jika Anda sedang hamil, ada cara mengatasi sembelit tanpa merugikan Anda atau bayi Anda. Dokter Anda pertama akan menyarankan Anda untuk mengubah pola makan Anda dengan meningkatkan serat dan asupan cairan. Anda juga akan disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Jika perubahan pola makan dan gaya hidup Anda tidak efektif, Dokter Anda akan meresepkan obat sembelit untuk ibu hamil untuk membantu melancarkan buang air besar Anda.

Cara mengatasi sembelit pada bayi

Jika bayi sembelit tetapi belum mulai makan makanan padat, cara pertama untuk memperlakukan mereka adalah memberikan mereka minum cairan seperti susu. Anda dapat mencoba denan lembut memijat perut mereka untuk membantu merangsang isi perut mereka. Jika tidak berhasil, dokter dapat meresepkan obat sembelit untuk bayi.

Mengatasi sembelit pada anak

Anak yang sembelit pertama akan disarankan untuk mengubah pola makan mereka. Jika ini tidak berhasil, dokter akan meresepkan obat sembelit anak seperti pencahar, biasanya pencahar osmotik lalu jika perlu diikuti pencahar stimulan. Juga makan buah-buahan, anak-anak harus menjalani makanan seimbang, yang juga mengandung sayuran dan makanan gandum seperti roti gandum dan pasta.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.