Rabu, 14 Januari 2015

Khasiat Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Menurut Penelitian

Teh hijau telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad untuk mengobati suatu penyakit, dari sakit kepala sampai depresi. Daunnya lebih kaya akan antioksidan dibandingkan jenis teh lainnya karena cara prosesnya.

Semua jenis teh ( teh hijau, teh hitam dan teh oolong ) yang dihasilkan dari tanaman Camellia sinensis diproses menggunakan metode yang berbeda. Daun teh hijau segar dari tanaman dikukus untuk menghasilkan teh hijau, sedangkan daun teh hitam dan teh oolong menggunakan fermentasi.

Manfaat teh hijau dianggap dapat menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, memerangi penyakit jantung, dan mencegah kanker dan penyakit Alzheimer.

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Diperkirakan bahwa antioksidan catechin dan kafein dalam kandungan teh hijau mungkin memiliki peran dalam membantu tubuh membakar kalori lebih banyak - yang dapat membantu penurunan berat badan. Khasiat teh hijau yang digunakan untuk menurunkan berat badan adalah ekstrak teh hijau yang mengandung lebih tinggi katekin dan kafein daripada minuman teh hijau khas yang disediakan dari kantong teh dan air mendidih. Percobaan dilakukan sejak tahun 2012 dari 18 penelitian yang melibatkan 1.945 orang menemukan bahwa tidak berpengaruh yang signifikan minum teh hijau pada penurunan berat badan.

Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol

Ada semakin banyak bukti menunjukan bahwa manfaat minum teh hijau dan teh hitam berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Ulasan peneliti sejak tahun 2013 dari 11 penelitian yang melibatkan 821 orang menemukan bahwa konsumsi teh hijau dan teh hitam setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah berkat teh dan catechin-nya.

Khasiat Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Menurut Penelitian


Penelitian lain dari tahun 2011 menemukan bahwa minum teh hijau yang diperkaya dengan katekin berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan stroke. Namun, bukti itu masih belum jelas, berapa banyak teh hijau yang perlu kita minum untuk melihat efek positif pada kesehatan kita, atau apa efek jangka panjang dari konsumsi teh hijau pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Kegunaan Teh hijau Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Bukti menunjukan bahwa hubungan antara minum teh hijau dan penyakit Alzheimer lemah. Sebuah studi tahun 2010 di laboratorium menggunakan sel-sel hewan menemukan bahwa teh hijau yang kaya antioksidan melindungi terhadap kematian sel saraf yang berhubungan dengan demensia dan penyakit Alzheimer. Apakah hasil laboratorium ini dapat direproduksi dalam percobaan manusia masih harus dilihat. Dengan demikian, temuan ini tidak menunjukkan secara pasti bahwa teh hijau memerangi penyakit Alzheimer.

Fungsi Teh Hijau - Keputusan Ahli Diet

Alison Hornby, seorang ahli diet, mengatakan bahwa bukti tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan tidak dapat disimpulkan.

Dia mengatakan: di negara bagian timur, teh hijau telah digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi mulai dari radang sendi hingga penurunan berat badan, serta manfaat minum teh hijau sebagai tindakan pencegahan untuk penyakit seperti kanker, meskipun bukti untuk sebagian besar kondisi ini tidak kuat.

"Namun, sebagai minuman sosial, teh hijau tampaknya tetap aman dalam jumlah moderat, sehingga pecinta teh hijau dapat terus menikmatinya."

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.