Rabu, 14 Januari 2015

Kista Endometriosis : Penyebab Dan Gejala Endometriosis

Apa itu endometriosis? Pengertian endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya ditemukan di dalam rahim tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Biasanya, rahim dilapisi oleh jaringan (disebut endometrium) yang tumbuh dan menebal setiap bulan untuk mempersiapkan kehamilan. Hormon yang dibuat oleh ovarium mengendalikan proses bulanan ini. Jika kehamilan tidak terjadi, darah dan jaringan rusak dan keluar dari tubuh melalui aliran menstruasi (haid).

Namun, masalah akan timbul jika jaringan endometrium tumbuh di area luar rahim, seperti pada ovarium; saluran tuba; kandung kemih, perut, atau rektum; atau pada jaringan yang melapisi pelvis. Hormon memberitahu jaringan pengungsi (disebut implan) untuk memecah setiap bulan. Tapi darah dan jaringan tidak memiliki cara untuk meninggalkan tubuh. Jaringan parut dan kista (kantung yang sering penuh dengan darah tua) dapat terbentuk. Kista besar kadang-kadang pecah. Kista endometriosis dapat menyebabkan nyeri kronis dan kemandulan.

Penyebab Endometriosis

Penyebab pasti kista endometriosis belum diketahui. Salah satu yang diduga penyebab kista endometriosis adalah proses yang disebut menstruasi retrograd. Hal ini terjadi ketika darah menstruasi mengalir kembali melalui tuba falopi ke dalam panggul bukan keluar dari tubuh. Kemudian jaringan dari rahim tetap di panggul dan tumbuh. Penyebab lainnya mungkin karena diwarisi gen dari orang tua yang meningkatkan risiko penyakit endometriosis.

Wanita lebih cenderung memiliki penyakit endometriosis jika mereka memiliki:
  • Seorang ibu, kakak, atau anak perempuan dengan kondisi ini
  • Suatu kondisi yang menghambat aliran menstruasi yang normal
  • Siklus menstruasi (haid) kurang dari 27 hari dengan aliran yang berlangsung lebih dari 8 hari
Wanita yang tidak pernah melahirkan juga berisiko lebih tinggi.

Kista Endometriosis : Penyebab Dan Gejala Endometriosis


Gejala Endometriosis

Infertilitas kadang-kadang adalah gejala pertama dari endometriosis. Namun, pengobatan dapat membantu para wanita untuk hamil.

Beberapa wanita biasanya tidak mengalami gejala apapun. Sedangkan bagi wanita lain, selain infertilitas, gejala endometriosis termasuk:
  • Nyeri panggul dan kram sebelum dan selama periode menstruasi
  • Nyeri di perut atau panggul selama ovulasi
  • Nyeri punggung bawah
  • Nyeri selama dan setelah hubungan seksual
  • Nyeri saat buang air kecil atau buang air besar, terutama selama periode menstruasi (haid)
  • Diare, sembelit, mual, kembung, atau kelelahan

Bagaimana Kista Endrometriosis Didiagnosa?

Seorang wanita yang merasa mengalami gejala endometriosis harus menjelaskan kepada dokter. Beberapa jenis tes dapat membantu membuat diagnosis:
  • Pemeriksaan panggul, dokter secara manual memeriksa daerah panggul untuk memeriksa kista, bekas luka, dan masalah lainnya.
  • Pemeriksaan USG menghasilkan gambar organ reproduksi wanita untuk mengungkapkan kista endometriosis.
Tapi satu-satunya cara dokter dapat mengetahui dengan pasti apakah seorang wanita memiliki endometriosis adalah dengan menggunakan jenis operasi yang disebut laparoskopi. Dokter memasukkan perangkat melalui luka kecil di perut untuk melihat ke dalam tubuh. Kemudian dokter akan mencari implan endometrium di luar rahim. Operasi laparoskopi dapat mengungkapkan apakah endometriosis itu ringan, sedang, atau parah.

Pengobatan Endometriosis

Kista endometriosis diobati dengan obat endometriosis, operasi, atau dengan keduanya. Obat penghilang rasa sakit membantu menghilangkan kram menstruasi dan bentuk rasa sakit lainnya. Obat-obatan untuk hormon mengurangi atau menghambat aksi hormon ovarium yang menyebabkan implan tumbuh dan berdarah. Obat-obatan untuk hormon yaitu:

- Pil KB
- Agonis GnRH
- Progestin
- Danazol

Dalam operasi konservatif, ahli bedah menghilangkan pertumbuhan jaringan dan jaringan parut. Operasi dapat mengurangi rasa sakit dan membantu memerangi infertilitas. Pada pilihan terakhir, ahli bedah dapat menghilangkan rahim (disebut histerektomi) ketika kista endometriosis parah. Kadang-kadang ovarium juga akan dihilangkan. Kehamilan tidak mungkin terjadi setelah histerektomi.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.